Nama Eru Iluvatar mungkin sedikit asing bagi mayoritas penggemar Lord of the Rings, namun dia sebenarnya merupakan tuhan dalam cerita tersebut. Dunia dari cerita Lord of the Rings karya J. R. R. Tolkien benar-benar sangat dalam dan kompleks. Kreasi dari dunia yang luas dan kaya di cerita Lord of the Rings nyatanya tidak lepas dari sosok yang sangat luar biasa bernama Eru Iluvatar. Namanya memang tidak pernah muncul di novel awal, namun keberadaanya di dunia tersebut sangat terasa. Lalu, siapa sebenarnya Eru Iluvatar?

3Dua Ciptaan Terbesar Iluvatar

Seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, Eru Iluvatar menciptakan makhluk lainnya yang kemudian mengabdi kepadanya. Menurut catatan sejarah yang ada, dua ciptaan terbesar dari Eru Iluvatar di universe Lord of the Rings adalah Valar dan juga Maiar. Dua ciptaan tersebut kemudian lebih dikenal dengan sebutan Ainur. Dan berkat bantuan mereka Iluvatar bisa menciptakan Ea.

Iluvatar memiliki pandangan seperti apa kehidupan di dunia nantinya. Hal tersebut kemudian dia bagikan kepada para Ainur. Mereka pun sangat senang dengan pandangan tersebut yang membuat mereka akhirnya ikut bernyanyi dengan riang. Ketika kemudian Iluvatar mengucapkan hal tersebut, akhirnya Ea pun lahir. Kemudian, dia mengirim sebanyak mungkin Ainur ke alam raya tersebut.

Ketika Iluvatar mengirim para Ainur ke alam raya Ea, mereka kemudian memiliki wujud fisik yang beragam. Dan semenjak saat itu, mereka sudah resmi jadi penduduk di alam raya dan tidak bisa kembali. Pada awalnya, Arda atau bumi merupakan sebuah benua yang sangat besar sebelum terpisah dan terbagi menjadi beberapa bagian. Para Valar merupakan pihak yang paling dominan dalam menciptakan Arda.

Salah satu Valar yang paling populer adalah Valar Melkor, yang mana dalam dirinya dia berusaha untuk mendapatkan kekuatan dari Flame Imperishable milik Iluvatar. Karena hal tersebut berbanding terbalik dengan apa yang dibayangkan oleh Iluvatar, nyanyian dari Melkor pun justru mengahdirkan nada yang berbeda dengan para Ainur lain. Dia justru menyanyikan lagu tentang hal negatif dan kejahatan.

Hal tersebut yang kemudian menjadikan Valar Melkor menjadi sosok penjahat terbesar, yang jadi asal-usul kegelapan di Middle-Earth yaitu Dark Lord Morgoth. Namun, tanpa Iluvatar duga ternyata beberapa Valar lainnya ternyata mengikuti jejak dari Melkor. Salah satu pengikut yang paling populer adalah Vala Aule, yang kemudian kita kenal dengan sosok Dark Lord Sauron.

Meskipun awalnya Sauron merupakan tangan kanan dari Morgoth, pasca kekalahannya di akhir era First Age membuat Sauron kemudian melanjutkan misi besar dari tuannya. Dia kemudian jadi Dark Lord baru di Middle-Earth. Paham dengan kekuatan dahsyat para Maiar, akhirnya para Valar mengirim Maiar lain untuk membantu para Elf dan manusia dalam mengalahkan Morgoth dan Sauron.

Para Maiar tersebut disebut sebagai “Istari” yang memiliki nama Curumo, Aiwendil, dan Olorin. Namun, ketika mereka berada di Middle-Earth mereka kemudian berubah wujud menjadi sosok penyihir tua yang kemudian kita kenal dengan nama Radagast, Saruman, dan Gandalf.

Keberadaan Makhluk Lain – Ke Halaman 3

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.