Dalam series adaptasi live action Avatar: The Last Airbender di Netflix nampak Aang menggunakan moder “berserk” yaitu Avatar State. Dalam salah satu momen di seriesnya nampak bagaimana Aang menggunakan kekuatan terbesar bagi seorang Avatar yaitu Avatar State. Untuk Geeks yang pernah menyaksikan series animasinya, mungkin sudah tidak asing dengan kekuatan ini. Lalu, apa sebenarnya Avatar State?

3Apa Itu Avatar State

Seperti yang dijelaskan di atas, simpelnya Avatar State merupakan kekuatan atau kemampuan terbesar yang dimiliki oleh seorang Avatar. Namun, ada penjelasan detil mengenai kemampuan ini dalam series live action Netflix Avatar: The Last Airbender. Penjelasannya sendiri muncul dalam episode 2, ketika Aang berusaha untuk mencari Avatar Kyoshi di kuilnya yang ada di Pulau Kyoshi.

Aang awalnya mencari Avatar Kyoshi karena dia tahu jika Avatar Kyoshi merupakan sosok yang tepat untuk mengajarinya teknik pengendalian bumi. Selain itu, dia juga mencari sosok Avatar Kyoshi untuk memahami lebih lanjut mengenai kekuatan yang dia miliki. Dalam episode tersebut kemudian Kyoshi mencoba memberikan penjelasan mengenai kemampuan Avatar State.

Menurutnya, Avatar State merupakan momen ketika seluruh Avatar yang berasal dari masa lalu mengalirkan atau menyalurkan semua energi mereka terhadap sosok Avatar tersebut. Dalam hal ini, ketika Aang menggunakan Avatar State maka para Avatar sebelumnya akan mengalirkan energi mereka ke tubuh sang pengendali udara. Ketika itu terjadi, maka Aang akan mengalami peningkatan kekuatan yang sangat signifikan.

Bahkan, ketika kemudian Avatar tersebut masih belum bisa mengendalikan atau menggunakan pengendalian yang lain mereka akan tetap bisa melakukannya dengan baik karena energi dari Avatar sebelumnya mengalir di tubuh penggunanya. Inilah yang kemudian jadi alasan mengapa di akhir episodenya kita bisa melihat bagaimana Aang mampu untuk menggunakan kemampuan pengendalian bumi.

Hal tersebut karena di dalam tubuh Aang mengalir energi dari sosok Avatar Kyoshi, yang memang merupakan pengendali bumi. Dalam series animasinya sempat diperlihatkan jika Aang pada awalnya mengaktifkan Avatar State secara tidak sengaja alias ketika dia berada dalam kondisi terdesak. Namun, seiring berjalannya cerita, Aang mulai mampu untuk mengendalikannya sesuai yang dia inginkan.

Perbedaan Di Versi Live Action – Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.