Dalam series adaptasi live action Avatar: The Last Airbender di Netflix nampak Aang menggunakan moder “berserk” yaitu Avatar State. Dalam salah satu momen di seriesnya nampak bagaimana Aang menggunakan kekuatan terbesar bagi seorang Avatar yaitu Avatar State. Untuk Geeks yang pernah menyaksikan series animasinya, mungkin sudah tidak asing dengan kekuatan ini. Lalu, apa sebenarnya Avatar State?

2Perbedaan Avatar State Versi Live Action

Yang menarik adalah pihak yang ada di balik layar dari series live action The Last Airbender justru coba untuk menghadirkan hal yang berbeda dari kekuatan tersebut. Albert Kim sempat menyatakan sebelumnya jika seriesnya ini nanti akan menghadirkan hal yang berbeda terkait kemampuan Avarar State. Salah satunya adalah bagaimana Aang tidak akan terlalu sering menggunakan kemampuan ini.

Kim menyebutkan dia ingin kemampuan ini terasa spesial, sehingga Aang hanya mampu menggunakan kemampuan ini dalam situasi tertentu. Dengan begitu, setiap Aang menggunakan kemampuannya hal tersebut akan memiliki arti yang berbeda. Pada musim perdana series Avatar: The Last Airbender diketahui jika Aang hanya menggunakan Avatar State sebanyak tiga kali di momen yang berbeda.

Bisa dibilang, ketiga momen tersebut memang memiliki efek yang luar biasa terutama bagi Aang dan juga bagi alur ceritanya itu sendiri. Aang pertama kali menggunakan Avatar State di episode 1 ketika dia berada di kuil udara dan menemukan jenazah dari Gyatso. Kemudian, dia kembali menggunakan kekuatannya di akhir episode 2. Dalam momen itu, Avatar Kyoshi mengambil alih tubuh dari Aang.

Dan momen terakhir adalah di akhir episodenya, di mana Aang menyatukan kekuatannya dengan Ocean Spirit untuk mengusir dan mengalahkan pasukan Negara Api. Perubahan yang kemudian dihadirkan dalam series live action The Last Airbender lainnya adalah bagaimana cara mengalirkan atau menyalurkan energi dan kekuatan dari para Avatar sebelum Aang ke tubuhnya.

Dalam versi animasinya diperlihatkan bagaimana ada dua momen yang ketika para Avatar lain mengambil alih tubuh Aang. Selain Kyoshi, Avatar Roku juga pernah mengambail alih dan mengendalikan tubuh Aang. Bahkan, di series animasinya Avatar Roku pernah beberapa kali mengambil alih tubuh Aang. Contohnya ketika dia membantu Aang dan yang lain kabur serta ketika dia membujuk Jeong Jeong untuk melatih Aang.

Ketika tubuh Aang dikendalikan oleh Avatar lainnya dalam mode Avatar State, momen tersebut bisa terjadi kapanpun dan di manapun. Namun, dalam versi live action yang tayang di Netflix dijelaskan tubuh dari Aang – atau pengguna Avatar State – akan bisa dikendalikan atau diambil alih oleh Avatar lainnya ketika mereka berada di kuil dari sosok Avatar tersebut.

Itulah alasan mengapa kemudian Avatar Kyoshi bisa mengambil alih tubuh Aang, karena saat itu dalam adegannya diperlihatkan jika dia sedang berada di kuil milik sang Avatar pengendali bumi tersebut. Sehingga, dia bisa mengendalikan tubuh Aang. Di series animasinya, Kyoshi mengambil alih tubuh Aang ketika Avatar muda tersebut mengenakan baju perang dari Kyoshi.

Informasi Yang Belum Muncul – Ke Halaman 3

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.