Series Boruto: Two Blue Vortex perkenalkan Genjutsu baru yaitu Zenno atau Omnipotence, namun apakah teknik ini lebih kuat dari Infinite Tsukuyomi? Genjutsu merupakan sebuah teknik ilusi di mana korbannya akan berada dalam sebuah bayangan atau imajinasi bahkan bisa juga berada di sebuah dunia tanpa akhir. Yang menarik adalah baik di series Naruto kita mengenal Infinite Tsukuyomi sedangkan di series Boruto kita mengenal Omnipotence atau Zenno. Lalu, mana yang lebih kuat?

2Omnipotence Jurus Dewa Otsutsuki

Di sisi lain, Zenno atau Omnipotence merupakan teknik Genjutsu yang tidak kalah dahsyat dari Infinite Tsukuyomi. Teknik ini baru muncul dan diperkenalkan dalam series Boruto: Naruto Next Generation. Sejauh ini, belum ada penjelasan detil mengenai Omnipotence selain dari penjelasan Amado. Seperti yang diketahui, Amado merupakan sosok yang menciptakan pengguna dari Omnipotence yaitu Eida.

Jika Infinite Tsukuyomi adalah Genjutsu paling kuat di series Naruto, maka bisa dibilang Zenno atau Omnipotence adalah kekuatan yang paling dahsyat saat ini dalam cerita Boruto. Setelah kematian dari Isshiki Otsutsuki dan juga Momoshiki, Eida dan adiknya, Daemon, saat ini menjadi karakter terkuat dalam cerita Boruto. Sejauh ini tidak ada yang mampu untuk menandingi kekuatan dahsyat milik keduanya, terutama Eida.

Menurut penjelasan Amado, seperti halnya Daemon, sumber kekuatan dari keduanya berasal dari DNA sosok dewa Otsutsuki yaitu Shibai Otsutsuki. Dan kekuatan dahsyat milik Shibai yang ada di tubuh Eida adalah Omnipotence. Dalam chapter 80 kemarin, kita melihat bagaimana dahsyatnya kekuatan Omnipotence milik Eida di mana dia bisa merubah ingatan atau kenangan dari orang-orang.

Dalam ceritanya, Eida mewujudkan impian Kawaki yang ingin bertukar nasib dengan Boruto. Dan hal itu terjadi karena ingatan mereka tentang Kawaki dan Boruto ditukar berkat kekuatan Omnipotence. Belum ada penjelasan yang lebih jauh lagi mengenai kekuatan dahsyat ini. Yang jelas, hal ini membuat Eida jadi sosok yang berbahaya selain juga sang adik, Daemon.

Di chapter 7 series Two Blue Vortex sosok Boruto kemudian menjelaskan kepada Shikamaru mengenai kelemahan dari Omnipotence. Menurut Boruto, tidak ada cara lainnya untuk bisa menghilangkan efek atau keluar dari kekuatan ini selain membiarkan ingatan tersebut menghilang. Orang-orang akan perlahan lupa dengan sendirinya mengenai apa yang Omnipotence hadirkan sebelumnya.

Meskipun begitu, masih jadi pertaanyaan besar mengapa kemudian tidak semua orang bisa terkena efek dari Zenno atau Omnipotence. Seperti yang diperlihatkan dalam chapter sebelumnya, ada beberapa orang yang tidak terkena efek dari kekuatan dahsyat tersebut. Mereka adalah Sumire dan Sarada, selain juga Kawaki dan Boruto. Apakah kemudian mereka memiliki kekuatan khusus atau karena ada alasan lain masih belum ada penjelasannya.

Ke Halaman 3

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.