Series Boruto: Two Blue Vortex perkenalkan Genjutsu baru yaitu Zenno atau Omnipotence, namun apakah teknik ini lebih kuat dari Infinite Tsukuyomi? Genjutsu merupakan sebuah teknik ilusi di mana korbannya akan berada dalam sebuah bayangan atau imajinasi bahkan bisa juga berada di sebuah dunia tanpa akhir. Yang menarik adalah baik di series Naruto kita mengenal Infinite Tsukuyomi sedangkan di series Boruto kita mengenal Omnipotence atau Zenno. Lalu, mana yang lebih kuat?

3Genjutsu Tanpa Akhir Infinite Tsukuyomi

Dalam dunia shinobi di series Naruto Geeks tentunya tahu ada banyak Genjutsu atau teknik ilusi yang muncul sebagai salah satu senjata utama berbagai shinobi. Dari sekian banyak Genjutsu, salah satu yang sangat dahsyat adalah yang dimiliki oleh klan Uchiha. Klan yang terkenal dengan Doujutsu Sharingan ini merupakan salah satu pengguna teknik Genjutsu, salah satunya adalah Tsukuyomi.

Tsukuyomi sendiri merupakan salah satu Genjutsu terkuat yang ada di cerita Naruto. Salah satu teknik khas dari Itachi Uchiha ini memberikannya kemampuan untuk menciptakan sebuah ilusi yang sangat kuat kepada orang lain. Korbannya kemudian akan terjebak di dalam sebuah dunia ilusi di mana semua hal di dunia tersebut, seperti kehidupan dan waktu, benar-benar diatur oleh pengguna Jutsu tersebut.

Bagi mereka yang menjadi korban dari Genjutsu ini, mereka akan merasakan waktu yang sangat lama saat berada di dunia Tsukuyomi. Padahal, waktu yang terjadi di dunia nyata hanya terjadi beberapa detik. Meskipun Tsukuyomi adalah Genjutsu paling kuat, masih ada Genjutsu lainnya yang lebih kuat dari Tsukuyomi. Salah satunya adalah Mugen Tsukuyomi atau Infinite Tsukuyomi yang merupakan peningkatan dari Tsukuyomi.

Ini juga yang kemudian jadi alasan dari Madara dan Obito bahkan Kaguya sangat ingin membangkitkan Pohon Suci di bumi. Mereka ingin mengaktifkan Genjutsu terbesar di dunia tersebut. Teknik ini bisa menghipnotis bukan hanya satu atau dua orang, melainkan semua makhluk yang ada di muka bumi. Saat mengaktifkan teknik ini, penggunanya akan mengubah bayang-bayang bulan menjadi sebuah Sharingan yang sangat besar.

Teknik ini sempat diperlihatkan saat perang dunia shinobi keempat dan berhasil membuat kekacauan untuk pihak Aliansi Shinobi. Efek samping jika korban yang terkena Genjutsu ini berlangsung sangat lama, maka mereka akan berubah menjadi Zetsu putih dan menjadi pengikut setia pemilik jutsu tersebut. Seperti dijelaskan di atas, Madara hampir saja memenangkan perang dunia shinobi keempat ketika dia berhasil menghadirkan Infinite Tsukuyomi.

Meskipun begitu, mengaktifkan Infinite Tsukuyomi ini tidaklah mudah. Penggunanya perlu memiliki Doujutsu yang sangat kuaat yaitu Rinne Sharingan. Hampir tidak ada yang mampu lolos atau bisa keluar dari jebakan ilusi Infinite Tsukuyomi kecuali mereka yang memiliki Rinnegan seperti Sasuke. Dalam ceritanya juga diperlihatkan bahwa Sasuke yang kemudian berhasil menghentikan teknik ini.

Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.