Anggaran atau budget produksi series Echo akhirnya telah terungkap, dan memecahkan rekor series MCU. Menurut Forbes, series yang dibintangi Alaqua Cox ini memiliki budget produksi sebesar $40 juta, yang berarti jauh lebih rendah dari budget beberapa series MCU lainnya seperti She-Hulk: Attorney at Law ($212 juta) dan Secret Invasion ($225 juta). Berdasarkan informasi yang tersedia, Echo sekarang memegang rekor sebagai series live action MCU termurah.

Ketika Marvel Studios pertama kali mengumumkan rencana untuk mengembangkan series MCU, dilaporkan bahwa setiap episodenya akan memiliki budget sekitar $25 juta, sehingga membuat satu musim dengan enam episode setidaknya membutuhkan biaya $150 juta. The Falcon and The Winter Soldier, Moon Knight, dan Loki Season 2 semuanya memiliki biaya sekitar $150 juta, sementara WandaVision dan Hawkeye dilaporkan memiliki biaya sebanyak She-Hulk.

Budget Echo sebesar $40 juta lebih mirip dengan budget Daredevil Season 1 di Netflix, yang berkisar antara $42 juta dan $56 juta. Namun, penting untuk dicatat bahwa budget Echo dibagi untuk lima episode, sementara anggaran Daredevil Season 1 dibagi dengan 13 episode. Echo telah menjadi kesuksesan besar bagi Marvel Studios, dengan seriesnya yang memicu lonjakan penonton bagi series lainnya seperti Daredevil, Hawkeye, dan The Punisher di Disney+.

Mengingat kesuksesan Echo, terutama dengan biayanya yang rendah, tidak mengherankan bahwa Marvel Studios diharapkan akan memperluas sudut jalanan MCU-nya, dimulai dengan Daredevil: Born Again. Meskipun Echo sukses besar, Marvel Studios kabarnya tidak akan mengembangkan musim kedua. Kameramen Echo, Kira Kelly, baru-baru ini menyatakan bahwa dia tidak yakin apakah musim kedua akan terjadi, meskipun itu tidak berarti bahwa Maya Lopez/Echo tidak akan muncul dalam proyek MCU lainnya.

“Saya merasa seperti dunia—Anda tahu, apa pun yang kita bisa lihat Alaqua [Cox] akan menakjubkan. Baik itu musim lain untuknya atau apakah dia akan muncul di acara Daredevil yang akan datang atau acara lainnya. Saya hanya akan senang dengan alasan apa pun untuk melihat Alaqua tampil lagi,” katanya. Tetapi meski begitu, harapan Echo muncul di proyek lainnya akan terbuka lebar.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/