Sebuah film terkadang bisa memunculkan kontroversi baik di kalangan fans atau di berbagai pihak dan berikut film paling kontroversial di tahun 2023. Medium film menjadi salah satu medium yang populer yang digunakan untuk mengungkapkan ekspresi dan kreativitas. Namun, terkadang, kreativitas tersebut bisa berujung pada kontroversi di berbagai kalangan. Berikut adalah beberapa film paling kontroversial di tahun 2023.

9Maestro

Film yang dibintangi oleh Bradley Cooper, Maestro, merupakan film biopik yang bercerita tentang Leonard Bernstein yang merupakan komposer Yahudi legendaris. Dia merupakan komposer dan konduktor dari berbagai musik-musik populer. Banyak orang yang sepakat jika cerita dari Bernstein diangkat ke layar lebar. Namun, banyak kritik kemudian mengarah kepada Bradley Cooper itu sendiri.

Cooper merupakan sutradara sekaligus bintang utama dari filmnya, yang mana banyak orang berpendapat jika seharusnya karakter itu diperankan oleh aktor Yahudi lainnya. Banyak pihak yang menganggap jika Maestro mempromosikan stereotip negatif yang diperlihatkan melalui hidung palsu yang dia kenakan. Dan hal ini jadi salah satu hal lain yang memunculkan kontroversi dari filmnya.

Sebagian orang berpendapat jika seharusnya Jake Gyllenhaal, yang memang merupakan aktor keturunan Yahudi, yang harus memerankan karakter itu. Cooper sendiri kemudian merespon hal ini dengan mengatakan bahwa dia sudah memperkirakan kontroversi tersebut. Namun, dia pun menyatakan bahwa tidak ada niatan buruk terkait dengan dibuatnya film tersebut. Bahkan, keluarga dari Bernstein sendiri mendukung apa yang Cooper lakukan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.