Ketika para fans menantikan kelanjutan cerita sebuah manga, beberapa manga ini justru gantung setelah sang mangaka meninggal dunia. Proses membuat sebuah manga dan menyelesaikan alur cerita manga tersebut membutuhkan waktu yang lama. Ada yang tahunan, bahkan ada juga yang puluhan tahun. Sayangnya, ketika mungkin banyak manga yang berhasil diselesaikan oleh penciptanya justru sebagian lainnya gagal. Beberapa manga justru gantung ceritanya karena sang mangaka meninggal dunia. Apa saja?

9Barefoot Gen

Ketika seorang mangaka meninggal dunia, biasanya ada sosok rekan dekat sang mangaka atau asistennya yang menggantikan posisi mereka. Contohnya adalah Kouji Mori yang menggantikan posisi Kentaro Miura, sahabatnya yang merupakan kreator dari Berserk. Sedangkan, Botan Kohagi adalah asisten dari Momoko Sakura yang sempat meneruskan cerita Chibi Maruko-Chan.

Namun, tidak banyak mangaka yang begitu erat karyanya sehingga membuat mereka sulit untuk digantikan. Selain High School of the Dead, Barefoot Gen adalah contoh lain dari hal ini. Barefoot Gen merupakan sebuah series manga karya Keiji Nakazawa, yang rilis pada 1973 hingga 1974. Manga bergenre semi-biografi historis ini menghadirkan cerita yang berfokus pada sosok Gen.

Gen sendiri merupakan salah satu penduduk Hiroshima yang selamat dari serangan bom atom yang terjadi pada 1944. Sesuai dengan genrenya, alur cerita di manga ini diadaptasi dari pengalaman hidup pribadi dari sang mangaka yang selamat dari peristiwa tersebut. Sebenarnya, bagian pertama dari manganya ditutup dengan Gen yang pergi menuju Tokyo. Namun, Nakazawa memiliki rencana untuk menghadirkan cerita lanjutan. Sayangnya, Nakazawa meninggal dunia pada 2012 kemarin.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.