Ketika para fans menantikan kelanjutan cerita sebuah manga, beberapa manga ini justru gantung setelah sang mangaka meninggal dunia. Proses membuat sebuah manga dan menyelesaikan alur cerita manga tersebut membutuhkan waktu yang lama. Ada yang tahunan, bahkan ada juga yang puluhan tahun. Sayangnya, ketika mungkin banyak manga yang berhasil diselesaikan oleh penciptanya justru sebagian lainnya gagal. Beberapa manga justru gantung ceritanya karena sang mangaka meninggal dunia. Apa saja?

8Croisée In A Foreign Labyrinth

Mayoritas manga yang gantung akibat sang mangaka meninggal adalah manga yang bergenre shonen dengan tema petualangan. Namun, jarang manga yang masuk daftar ini memiliki genre yang jauh lebih tenang atau Iyashikei Manga. Croisée In A Foreign Labyrinth adalah salah satu yang masuk daftar ini yang memperlihatkan sisi lain dari Jepang dan juga Jepang.

Abad ke 20 menjadi era di mana berbagai media Jepang mulai dikenal di seluruh dunia. Manga dan anime adalah contoh nyata dari hal tersebut. Meskipun begitu, kepopuleran dan keindahan Jepang juga sangat terkenal di abad ke 19. Jepang saat itu berusaha menghadirkan sisi modern dari negaranya yang membuat banyak seni, benda, dan berbagai hal lainnya pergi keluar Jepang.

Croisée In A Foreign Labyrinth memperlihatkan fenomena tersebut, di mana ceritanya berfokus pada seorang gadis Jepang bernama Yune. Dia memiliki kesempatan untuk bisa tinggal di Paris dan melihat keindahan Perancis di abad ke 19. Manga strip ini muncul pada 2006 hinga 2011 sebelum huatus tiba-tiba. Namun, diketahui ternyata hal tersebut terjadi karena sang mangaka, Hinata Takeda, mengalami penurunan kesehatan yang akhirnya meninggal dunia pada 2017.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.