Bartholomew Kuma merupakan sosok karakter yang populer karena tubuhnya berubah jadi cyborg dan berikut adalah perbedaan dengan sosok Franky. Geeks tentunya sudah tidak asing dengan salah satu kru Topi Jerami yang terkenal sebagai tukang kapal, Franky. Satu hal yang unik dari Franky adalah bagaimana dia merupakan cyborg dengan berbagai kemampuan dahsyat. Namun, Franky bukan satu-satunya cyborg dalam cerita One Piece karena kita juga mengenal sosok Kuma. Berikut adalah perbedaan Kuma dan Franky sebagai cyborg.

3Asal-Usul Franky

Franky merupakan salah satu kru Topi Jerami yang sangat berjasa. Dia sudah membangun sebuah kapal baru setelah kru Topi Jerami kehilangan Going Merry di arc Water Seven. Kapal baru tersebut kita kenal dengan nama Thousand Sunny atau Sunny Go. Kapalnya terbuat dari kayu mustika adam, yang merupakan material yang sama dengan kapal Oro Jackson milik Roger.

Sebelum bertemu dengan kru Topi Jerami, Franky merupakan pemimpin dari kelompok Franky Family. Sedari dulu Franky sudah terobsesi dengan sosok Tom, sosok ahli kayu dan pembuat kapal ternama yang menjadi panutan bagi Franky. Tom juga adalah satu-satunya orang yang peduli kepada Franky dan menjadikannya sebagai penerusnya. Franky sendiri merupakan manusia yang memiliki beberapa bagian tubuh buatan, yang kemudian kita kenal sebagai cyborg.

Bagian depan dari tubuhnya benar-benar menjadi pelindung bagi nyawanya, karena tahan terhadap berbagai serangan. Namun, sayangnya, bagian belakang tubuh Franky masih tetap rapuh. Dengan tubuh cyborg tersebut, Franky banyak menyimpan senjata yang dia gunakan untuk bertarung melawan musuh. Yang menarik adalah tubuh Franky sudah mengalami beberapa peningkatan sejauh ini di One Piece.

Sebenarnya, bagaimana kemudian Franky menjadi cyborg terjadi secara tidak disengaja. Setelah sebuah peristiwa mengerikan terjadi, yaitu dia berusaha menghentikan kereta laut, The Puffing Tom, tubuh Franky akhirnya harus hancur lebur. Karena tidak ada pilihan lain, akhirnya dia pun memilih membuat dirinya untuk menjadi cyborg dengan menambahkan banyak bagian robot sebagai pengganti anggota tubuhnya yang terluka parah.

Saat itu, Franky menggunakan berbagai material sisa yang bisa dia temukan. Bagaimana kemudian Franky bisa menjadi cyborg dan dari mana kemudian dia bisa mendapatkan kemampuan untuk merubah dirinya menjadi cyborg masih belum kita ketahui pasti. Namun, kemampuannya sebagai ahli kapal dianggap jadi alasan Franky bisa memodifikasi tubuhnya sendiri. Gorosei Saturn sendiri di chapter kemarin mengakui jika Franky adalah salah satu kru Topi Jerami yang kuat sehingga mampu menyelamatkan nyawa Luffy.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.