Bartholomew Kuma merupakan sosok karakter yang populer karena tubuhnya berubah jadi cyborg dan berikut adalah perbedaan dengan sosok Franky. Geeks tentunya sudah tidak asing dengan salah satu kru Topi Jerami yang terkenal sebagai tukang kapal, Franky. Satu hal yang unik dari Franky adalah bagaimana dia merupakan cyborg dengan berbagai kemampuan dahsyat. Namun, Franky bukan satu-satunya cyborg dalam cerita One Piece karena kita juga mengenal sosok Kuma. Berikut adalah perbedaan Kuma dan Franky sebagai cyborg.

2Apakah Franky Masih Manusia

Pasca timeskip, semua kru Topi Jerami mengalami peningkatan kekuatan termasuk Franky. Dalam ceritanya, Franky dilempar oleh Kuma ke pulau Karakuri yang merupakan tempat asal dari Vegapunk. Di sana, dia menemukan cetak biru yang didesain oleh Vegapunk yang berkaitan dengan berbagai hal termasuk robot atau cyborg. Dan akhirnya, dia pun memanfaatkan cetak biru tersebut untuk meningkatkan kekuatannya.

Dalam hal ini, Franky mengalami modifikasi yang luar biasa terhadap tubuh cyborgnya yang mana bahkan secara teknis dia hampir tidak memiliki tubuh biologis lagi. Kru Topi Jerami sendiri mengakui jika penampilan dari Franky saat ini sudah terlihat sangat “robot.” Semua tubuhnya diganti dengan bagian robot, bahkan di dalam tubuhnya tersimpan banyak senjata yang mematikan.

Hal ini pun tentunya membuat banyak Geeks penasaran, apakah artinya Franky sudah bukan manusia setelah menjadi cyborg dan apa perbedaanya dengan Kuma? Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah Franky masih jadi manusia, terlepas dari hampur seluruh tubuhnya sudah diganti dengan berbagai hal robotik mulai dari ujung kaki hingga ujung kepalanya. Ada beberapa bukti terkait hal ini.

Dalam arc Dressrosa, Franky diperlihatkan bertarung dengan Senor Pink yang merupakan bagian dari kelompok bajak laut Donquixote. Dalam pertarungan ini, Senor Pink berhasil menyerang dan mengkeksploitasi bagian belakang dari Franky yang jadi titik lemahnya. Dan Senor Pink sendiri mengakui jika Franky memang masih manusia. Kedua, dalam kolom SBS dijelaskan oleh Oda jika Franky masih bisa mabuk.

Jika Franky sudah berubah menjadi robot sepenuhnya, maka Franky tentu tidak akan bisa merasakan mabuk. Dan petunjuk yang ketiga, serta jadi petunjuk yang paling besar, adalah bagaimana Franky masih memiliki ingatan atau kesadarannya. Dia masih bisa mengingat semua kenangan yang terjadi dalam kehidupannya, masih mampu untuk bisa mengendalikan sendiri keinginan dan pikirannya, bahkan dia juga bisa melakukan apapun yang dia inginkan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.