Dunia Marvel Cinematic Universe (MCU) terus berkembang dengan kejutan dan inovasi yang tak terduga. Namun, salah satu hal yang tampaknya tidak akan berubah adalah keputusan untuk tidak menghidupkan kembali karakter Tony Stark/Iron Man yang diperankan oleh Robert Downey Jr. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Presiden Marvel Studios, Kevin Feige.

Dalam wawancara terbaru yang diliput oleh Vanity Fair, Feige menegaskan bahwa keputusannya terkait Tony Stark adalah final. “Kami akan mempertahankan momen itu dan tidak akan menyentuhnya lagi,” ujar Feige mengenai adegan terakhir Stark di film Avengers: Endgame tahun 2019. Ia menambahkan, “Kami semua bekerja sangat keras selama bertahun-tahun untuk sampai di momen itu, dan kami tidak ingin menghilangkannya dengan cara apa pun.”

Robert Downey MCU

Hal ini membantah rumor yang berkembang beberapa waktu lalu, dimana kabarnya Robert Downey dan para Avengers original lainnya yang diceritakan telah mati akan kembali ke MCU. Hal ini juga akan semakin mudah terealisasi, pasalnya MCU kini tengah menjalankan kisah seputar multiverse, jadi akan sangat masuk akal untuk mengembalikan Iron Man dan karakter lainnya yang telah tiada dari universe lain. Namun Feige tampaknya tidak menginginkan itu, karena menurutnya hal itu tidak menghormati apa yang mereka bangun selama bertahu-tahun.

Robert Downey Jr., sendiri memulai debutnya di Marvel pada tahun 2008 melalui film “Iron Man”, bahkan ia hampir tidak mendapatkan peran tersebut karena reputasinya di masa lalu, dimana pada April 1996 ia kedapatan memiliki heroin, kokain, dan senjata api. Namun, Feige bersama sutradara Jon Favreau berjuang untuk mendapatkan Downey Jr. sebagai pahlawan super utama dalam film tersebut.

Selama 11 tahun, Downey Jr. telah muncul dalam sembilan film Marvel. Feige mengenang betapa Downey Jr. mendukung para co-star-nya di Marvel, “Kami sering bercanda dan mengatakan bahwa Robert adalah kepala departemen akting karena semua orang mengaguminya.”

Feige menambahkan, “Robert tidak hanya membimbing mereka dalam arti yang mendukung, tetapi juga menjadi pendorong semangat mereka.” Pernyataan ini menutup spekulasi mengenai kemungkinan kembalinya Tony Stark ke MCU, sebuah bab yang telah ditutup dengan rapi dan penuh penghormatan.

Oky Handiman
Oky merupakan salah satu founder dari Greenscene, ia juga turut berperan sebagai Operational Director. Passionnya terhadap topik seputar pop culture membuat ia terkadang ikut coverage untuk beberapa pembahasan yang tengah hangat.