Terdapat sebuah teori menarik tentang salah satu karakter dalam cerita series Loki di MCU yaitu He Who Remains yang kemungkinan masih hidup. Kang the Conqueror sudah digadang-gadang akan jadi sosok villain utama baru di Multiverse Saga yang sudah mulai sejak Phase 5 ini. Dan dalam ceritanya, Kang memiliki banyak sekali variant di mana salah satunya adalah He Who Remains.

Apa Yang Terjadi Kepada He Who Remains

he who remains masih hidup

Karakter He Who Remains diperankan oleh sosok Jonathan Majors yang juga memerankan sosok Kang dan seluruh variantnya. He Who Remains sendiri merupakan sosok yang mengatur Sacred Timeline dan sosok di balik layar dari Time Variance Authority alias TVA. Karakter He Who Remains sendiri baru muncul di episode terakhir seriesnya, ketika Loki dan Sylvie akhirnya berhasil pergi ujung timeline atau ujung waktu.

Dalam episode terakhir season 1 series Loki tersebut, He Who Remains menjelaskan jika apa yang terjadi selama musim perdana seriesnya – dan juga kemungkinan di seluruh alur cerita MCU – merupakan kehendaknya. Dengan kata lain He Who Remains adalah orang yang sudah mengaturnya sedemikian rupa. Dialah yang membuat Loki dan Sylvie bisa bertemu dengannya di ujung timeline.

Di adegan terakhir episode tersebut, Sylvie nampak berhasil menghabisi nyawa dari He Who Remains meskipun sebenarnya dia sendiri yang membiarkan hal itu terjadi. Kemudian, sesuatu yang tidak terduga pun muncul. Situasi di Sacred Timeline menjadi tidak terkendali. Selain itu, Loki sempat berada dalam situasi yang sulit di mana dia mengalami kejadian time-slipping seperti yang muncul di episode 1 season 2.

Dalam Loki season 2 ini juga nampak bagaimana Mobius dan Loki serta seluruh TVA dan Ouroboros berusaha untuk menghancurkan kekacauan di Sacred Timeline, yang mana cabang timeline tersebut sudah tersebar dan melampaui batas. Meskipun He Who Remains sudah tewas, namun di Loki season 2 diperlihatkan bagaimana dia masih dianggap jadi sosok yang penting yang terlibat dalam situasi pelik saat ini.

He Who Remains Sebenarnya Masih Hidup

he who remains masih hidup

Berkaitan dengan hal tersebut terdapat sebuah teori yang menarik yang berkembang di kalangan fans. Pada intinya, teori ini menyebutkan jika sebenarnya He Who Remains masih hidup. Hanya saja dia kemudian berubah jadi sosok lain dan melakukan reinkarnasi untuk kesekian kalinya. Ada beberapa poin penting yang muncul dalam teori ini dan jadi poin yang mendukung teorinya.

Pertama, He Who Remains tinggal atau hidup di ujung waktu dan dia tahu semua cerita dan bagaimana semuanya berakhir. Variant Kang ini sudah mendokumentasikan seluruh catatan sejarah yang ada. He Who Remains juga sudah hidup jutaan kali atau bahkan jutaan tahun seperti variant Kang lainnya. Poin kedua, He Who Remains sudah menulis “naskah” kehidupan dirinya sendiri.

Dalam “naskah” tersebut, He Who Remains sengaja mengundang Loki dan Sylvie untuk bisa menemuinya dan Sylvie yang kemudian menghabisi nyawanya. Hal ini sengaja dia lakukan agar dia bisa kembali bereinkarnasi dan kembali menjalani hidup selama jutaan tahun. Poin ketiga, dia senagaja menyimpan seluruh kenangannya melalui teknologi yang dia ciptakan dan juga melalui Miss Minutes.

Dengan cara demikian Kang muda atau reinkarnasi dari He Who Remains bisa menggunakan pengetahuan tersebut untuk menjadi dirinya lagi. Ini artinya Miss Minutes kemungkinan akan memindahkan pengetahuan tersebut menuju versi muda dari Kang. Dengan begitu, dia akan tahu apa yang harus dia lakukan untuk menyelamatkan Sacred Timeline dan mengalahkan Council of Kangs.

Poin ketiga di atas berkaitan dengan kesimpulan utama dari teorinya. Dalam hal ini He Who Remains kemungkinan besar dahulunya adalah Victor Timely. Dia kemudian berkembang dan berubah menjadi Kang the Conqueror dan melakukan isolasi timelinenya agar mampu mengalahkan Council of Kangs. Setelah berhasil melakukan hal tersebut dia kemudian kembali “berevolusi” menjadi He Who remains.

He Who Remains sengaja mendirikan TVA dan menggunakan organisasi ini untuk kepentingannya. Seperti yang diungkap oleh Loki, TVA adalah kerajaan yang dibangun oleh He Who Remains. Dan dengan “bantuan” dari Loki dan Sylvie di akhir season 1 Loki, He Who Remains bisa kembali melanjutkan siklus waktu (time loop) dari He Who Remains. Dan ini juga yang mungkin menjadi alasan mengapa Loki season 2 menghadirkan sosok Victor Timely.

Peran Loki Season 2

he who remains masih hidupJika kemudian teori yang berkembang tersebut memang terbukti benar, maka artinya menarik untuk melihat apa yang akan terjadi dalam dua film Avengers yang akan datang. Seperti yang Geeks ketahui, Marvel Studios akan menghadirkan dua film Avengers secara berurutan di mana tema utama dari ceritanya sendiri diadaptasi dari cerita populer Kang Dynasty dan Kang Wars.

Yang jelas Loki season 2 memiliki peranan penting untuk membentuk alur cerita tersebut kedepannya. Di sisi lain, nampak Loki, Mobius, TVA, dan Sylvie, berusaha untuk menghentikan time loop atau siklus waktu dari He Who remains. Masih belum diketahui apa yang kemudian akan terjadi ketika kemudian mereka berhasil melakukannya. Apakah kemudian Council of Kangs tidak akan muncul dalam cerita? Atau justru muncul kekacauan multiverse MCU?

Marvel Studios sepertinya sudah mempersiapkan secara matang tentang apa yang akan terjadi kepada multiverse MCU. Hal ini bisa dilihat bagaimana mereka memilih Kang dan berbagai variantnya untuk menjadi villain di berbagai proyek mereka. Nyatanya, Kang dan He Who Remains bukanlah sosok karakter sembarangan karena dia memiliki koneksi dengan timeline di MCU. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan terjadi kepada He Who Remains dan Kang the Conqueror.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.