DC Comics pernah hadirkan para karakter dari series populer One Piece karya Eiichiro Oda dalam salah satu judul komik mereka. DC Comics dan juga One Piece merupakan dua nama populer di industri komik dan manga. Bahkan, kepopuleran dari keduanya sudah meluas sampai ke luar Jepang dan Amerika hingga dunia. Inilah yang membuat DC Comics dan One Piece memiliki jumlah fans yang sangat luar biasa.

Meskipun ada berbagai poin perbedaan antara manga dan komik Amerika, namun tidak jarang kedua “versi” komik tersebut saling melakukan penghormatan. Lagipula, tidak sedikit manga yang terinspirasi dari berbagai cerita atau elemen lain dalam cerita komik dan begitu juga sebaliknya. Hal ini yang kemudian dilakukan oleh pihak DC Comics ketika mereka menghadirkan karakter yang mirip dengan karakter di series One Piece.

Hal ini terjadi dalam alur cerita komik Aquaman: The Becoming. Dalam komik yang rilis pada 2022 kemarin, terdapat satu halaman di mana protagonis utama ceritanya yaitu Jackson Hyde muncul di Amnesty Bay. Jackson Hyde sendiri dituduh melakukan kejahatan yang tidak dia lakukan, ketika berusaha menjadi Aqualad alias murid dari Aquaman. Tetapi, terdapat sebuah hal menarik di awal-awal kemunculan Aqualad di komiknya.

dc comics one piece

Dalam dua panel di salah satu halaman awal komiknya, Geeks akan melihat beberapa pengunjung pantai yang karakternya sangat mirip dengan kru Topi Jerami; Nami, Nico Robin, dan juga Usopp. Selain para karakter tersebut, terdapat sebuah toko dengan nama ‘Franky House’ yang mereferensikan karakter Franky yang merupakan ahli kapal di kru Topi Jerami. Sebenarnya, ini bukan sebuah crossover yang resmi di mana para karakter dari series One Piece akan muncul dan membantu Jackson mengalahkan musuh.

Ini juga bukan merupakan sebuah crossover resmi antara kru dari bajak laut Topi Jerami dengan Justice League. Namun, kemunculannya dalam dunia Aquaman rasanya memang cocok mengingat kedua series tersebut memiliki tema utama yang sama yaitu laut. Dan menarik tentunya untuk melihat bagaimana series dengan penjualan paling besar di dunia, One Piece, mendapatkan penghormatan dari komik yang juga memiliki rekor yang sama, DC Comics.

Bukan yang Pertama

Menghadirkan sebuah kolaborasi atau crossover atau melakukan penghormatan terhadap series lainnya memang lumrah terjadi. Namun, memang momen di mana manga dan komik Amerika tidak terlalu sering terjadi. Di sisi lain, tema dari series One Piece juga berbeda dari DC Comics. Sehingga, sulit untuk menghadirkan kolaborasi epik kecuali dengan melakukan hal seperti komik Aquaman yaitu menghadirkan penghormatan terhadapan karakternya.

Namun, hal tersebut berbeda dengan series manga lainnya seperti My Hero Academia karya Kohei Horikoshi. Memang secara gamblang sang kreator mengakui jika seriesnya sangat terinspirasi dari komik Amerika terutama DC Comics. Yang menarik adalah bahkan ada beberapa elemen dari DC Comics – serta referensi lain – yang muncul di series My Hero Academia. Kita nantikan saja ya Geeks apakah akan ada crossover resmi atau referensi menarik lainnya pada masa yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.