Variant dari Reed Richards dan Tony Stark akan bantu kalahkan Kang the Conqueror dalam film Avengers 5 dan 6 yang akan datang. Kang the Conqueror merupakan villain utama yang sudah Marvel Studios siapkan dalam Saga terbaru ini. Kang menggantikan sosok Thanos yang menjadi villain utama dalam Infinity War Saga. Namun, mengalahkan Kang akan sangat berbeda dengan mengalahkan Thanos karena Kang bukan sosok sembarangan.

Kang di MCU

reed richards tony stark kang

Sosok karakter Kang the Conqueror dalam cerita komik Marvel adalah sosok yang cukup mengerikan, cerdas, dan sulit dilumpuhkan. Kang sebenarnya tidak memiliki kekuatan super atau apa pun. Namun, berbagai benda yang dia ciptakan serta teknologi canggih dari abad ke 30 yang kemudian membuat Kang unggul dari para Avengers dan dari para karakter lainnya.

Namun, yang menarik adalah Marvel Studios seolah mempresentasikan sosok Kang berbeda dari versi komiknya. Dalam versi MCU, nampak Kang justru seolah tidak bisa berbuar banya untuk menghadapi para superhero atau karakter lainyang menghadapinya. Contohnya adalah He Who Remains, salah satu variant dari Kang, yang muncul di episode terakhir series Loki season 1.

He Who Remains merupakan sosok yang mengatur Sacred Timeline dan sosok yang mengawasi kinerja dari Time Variance Authority alias TVA. Dalam episode terakhir season 1 series Loki, dia mengatakan jika apa yang terjadi merupakan kehendaknya atau dia yang sudah mengaturnya sedemikian rupa. Bahkan, bagaimana Sylfie dan Loki bisa berada di sana pun merupakan peristiwa yang memang dia sudah rancang.

Di adegan terakhir episode tersebut, Sylfie nampak berhasil mennghabisi nyawa dari He Who Remains meskipun sebenarnya dia yang membiarkan hal itu terjadi. Kemudian, dalam film Ant-Man and the Wasp: Quantumania, diperlihatkan bagaimana Scott Lang dan yang lain mampu untuk mengalahkan Kang meskipun tidak secara telak. Hal ini pun kemudian memunculkan tanda tanya di kalangan fans, mengapa kemudian Ant-Man dan yang lain bisa menang menghadapi Kang.

Butuh Bantuan Kalahkan Kang

Meskipun Kang nampak berbeda dari versi komik dalam hal kekuatan, terdapat sebuah teori jika sebenarnya masih ada Kang yang memang benar-benar kuat. Hal ini mengingat Kang memang memiliki banyak sekali variant, seperti yang diperlihatkan dalam post-credit scene Quantumania. Dalam teori ini menyebutkan jika para Avengers tidak akan mampu menghadapi Kang dengan hanya mengandalkan kekuatan otot.

Selama 4 Phase kemunculan MCU sejauh ini kita melihat bagaimana para Avengers mampu menggunakan kekuatan otot atau brute force untuk menghadapi pada villain kuat. Contohnya, mereka mampu untuk bertarung menghadapi Loki yang merupakan keturunan raksasa Frost Giant. Kemudian, mereka juga mampu menghadapi Ultron yang notabene memiliki lapisan tubuh yang kuat.

Intinya, para villain kuat tersebut bisa dikalahkan dengan kekuatan fisik atau otot yang mereka miliki. Namun, menurut teorinya, dalam menghadapi Kang dalam film Avengers 5 dan 6 mereka tidak akan bisa begitu saja memanfaatkan kekuatan otot atau kekuatan super mereka. Mengapa? Kemampuan time travelling dari Kang benar-benar sangat luar biasa.

Di episode 6 series Loki, He Who Remains bahkan sudah tahu semua gerakan atau serangan yang akan diarahkan kepadanya. Hal ini dikarenakan He Who Remainss bisa mengakses ke timeline yang ada. Lalu, apakah sama sekali tidak akan ada pertarungan adi fisik atau atau jotos dalam menghadapi Kang? Tentunya, hal ini tetap ada mengingat demi kepentingan visual.

Tetapi, dalam puncak pertarungan menghadapi Kang bukan kekuatan otot yang akan jadi andalan melainkan faktor lain seperti kecerdasan. Inilah yang kemudian membuat para Avengers atau para superhero yang ada di MCU saat ini membutuhkan bantuan dari karakter lainnya. Dan dalam teorinya menjelaskan jika ada kemungkinan variant dari Tony Stark dan Reed Richards yang akan membantu mereka.

Kemunculan Variant Reed Richards dan Tony Stark

reed richards tony stark kang

Geeks mungkin heran dengan pernyataan di atas. Bagaimana mungkin kedua karakter tersebut bisa membantu Avengers kalahkan Kang? Pertama, Reed Richards dan Tony Stark merupakan dua karakter yang memang tidak asing dengan Kang the Conqueror. Bahkan, tidak jarang mereka bekerja sama untuk mengalahkan Kang the Conqueror dalam cerita komik Marvel.

Kedua, kecerdasan merekaa bisa diandalkan. Dalam pertarungan melawan Thanos di akhir film Avengers: Endgame, kita melihat bagaimana para Avengers kewalahan menghadapi Thanos dan pasukannya meskipun mereka sudah mendapatkan bala bantuan dari seluruh penjuru dunia. Mereka bahkan kalah dalam pertarungan adu fisik, yang mana membuat Tony Stark menggunakan cara lain untuk kalahkan Thanos.

Menurut “pengamatan” Doctor Strange dari 4 juta kemungkinan yang ada, bagaimana tony Stark memanfaatkan kecerdasannya untuk mencuri Infinity Stone dan melakukan Decimation adalah cara utama mengalahkan Thanos meskipun nyawanya yang harus jadi taruhannya. Dengan kata lain, Thanos kalah bukan dengan cara adu fisik melainkan bagaimana Tony Stark berhasil mengelabuinya dengan cerdik.

Hal ini juga yang mungkin akan terjadi dalam pertarungan puncak para Avengers menghadapi Kang. Bagaimana kemudian mereka bisa menyerang Kang ketika dia tahu semua gerakan dan serangan serta tahu apa yang akan terjadi. Inilah yang kemudian akan jadi momen dari kemunculan variant dari Reed Richards dan Tony Stark. Mereka akan membantu mengalhkan Kang.

Bagaimana caranya? Mungkin, mereka akan menciptakan alat yang bisa menetralkan kekuatan dari Kang. Mungkin juga, Reed Richards dan Tony Stark akan membuat strategi besar untuk mengalahkan Kang. Bahkan, hal yang tidak terduga bisa saja dilakukan seperti yang muncul di film Avengers: Endgame di mana para Avengers kembali ke masa lalu demi mengalahkan Thanos. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.