Siapa yang tidak kenal Batman? Karakter favorit dari DC Comics ini memiliki banyak ciri khas, mulai dari selalu beraksi di malam hari, memiliki segudang senjata canggih, dan terkenal tidak pernah membunuh musuhnya. Selain itu, Batman juga memiliki markas yang biasa disebut Batcave. Tetapi nih Geeks di DC Comics, ada beberapa markas Batman yang sangat berbeda dibandingkan dengan Batcave versi originalnya. Lantas apa saja markas Batman tersebut? Simak berikut ini Geeks!

Bat-suite

Terry McGinnis dianggap sebagai salah satu versi Batman terbaik, karena dia sangat unik, berbeda dengan Bruce Wayne. Selain kostumnya yang memikat, Terry juga memiliki ciri khas tersendiri dari Batcavenya, karena letaknya bukan berada di gua, melainkan di tempat tinggalnya yang berada di apartemen. Oleh sebab itulah orang-orang menyebutnya sebagai Bat-Suite, bukan Batcave.
Berbeda dengan Bruce Wayne yang menginginkan kerahasiaan, Terry McGinnis yang menjadi Batman justru ingin kemewahan. Meski berada di apartemen, tetapi jangan anggap remeh Bat-suite ini karena ada sebuah hologram yang menyembunyikan lokasi Bat-suitenya. Jadi, tempatnya sangat aman, dan tidak ada villain yang berhasil masuk.

Cataclysm Batcave

Setelah gempa bumi besar menghantam Kota Gotham dalam Batman: Cataclysm, Batcave hancur. Kemudian, Bruce Wayne membangun sebuah Batcave baru, namun Batcave ini dibuat agar lebih mampu bertahan ketika bencana alam serupa terjadi di masa depan. Karena dibangun sebagai tempat Batman bertahan dari bencana alam, maka Batcave ini menjadi yang paling canggih yang pernah ada dalam komik DC.
Pasalnya, ada lebih banyak ruang yang disediakan karena gempa bumi dahulu telah mengubah wilayah guanya. Dan karena komputer menjadi benda yang paling penting bagi Batman, sehingga dia melindungi komputer-komputer canggihnya dengan pelindung kevlar, untuk melindungi komputer tersebut, jika ada hal buruk terjadi atau sekedar melindunginya dari bencana.
Justice Batcave
Dalam Justice #5, Superman dan Shazam pergi ke Batcave untuk bersembunyi setelah Brainiac bersekutu dengan Lex Luthor. Sayangnya, mereka diserang oleh Batman dan Alfred, yang pikirannya telah dikendalikan. Batcave dalam timeline ini memang dianggap sebagai benteng, karena itulah sosok kuat seperti Superman pun merasa perlu melarikan diri menuju Justice Batcave.
Justice Batcave memang sangat aman, berbeda dengan Batcave lain pada umumnya. Puluhan layar yang terdapat dalam Justice Batcave membuatnya terlihat seperti pusat komando untuk agensi intelijen. Pecinta otomotif juga akan menyukai seberapa luas tempat parkir Batmobile dalam Justice Batcave.

Forevil Evil Batcave

Markas Batman selanjutnya adalah Batcave versi Forever Evil. Selama peristiwa TrinityWar, Batman membawa Catwoman ke Batcave. Di sana, Batman menunjukkan pada Catwoman rencana yang selalu dia siapkan untuk menjatuhkan anggota Justice League, jika mereka berbalik melawan. Yap, dalam peristiwa tersebut, Batman menjadi sangat was was terhadap anggota Justice League lainnya. Nah Batcave di sini memang tampil beda dan memikat. Bagaimana tidak? Batcave versi ini memiliki patung Tyrannosaurus Rex di dalamnya.
Selain itu, ada patung besar Joker sedang bermain kartu, dan koin Lincoln raksasa. Dalam hal sumber daya, Batcave di Forever Evil memang memiliki banyak keungulan. Segala macam sistem pertahanan disediakan. Bahkan dalam Forever Evil Batcave terdapat Kryptonite yang disimpan jika nanti Batman harus melawan Superman.

Batcave Versi Court of Owls

Dalam alur cerita Batman: Court of Owls, Batman lebih banyak menghabiskan waktu di Batcave ini. Yap ketika itu, dia tengah memikirkan cara untuk mengalahkan Court of Owls. Terungkap bahwa sebenarnya, Court of Owls lah yang membunuh kakek Bruce, Alan Wayne. Nah yang menarik dalam Batcave versi cerita Court of Owls adalah Batcave ini sebenarnya lebih berfokus seperti sebuah fasilitas medis.
Di dalamnya ada beberapa ruangan, dan salah satunya adalah kamar mayat. Dan Bruce Banner memiliki ruangan untuk melakukan otopsi terhadap Alan Wayne. Kita pun bisa melihat berbagai alat-alat penunjang kehidupan yang terpampang jelas dalam Batcave versi Court of Owls ini. Selain itu, Batcave ini memiliki fitur yang hampir mirip seperti versi lain.
Itulah dia Geeks beberapa markas yang digunakan oleh Batman di DC Universe. Meski semuanya adalah Batcave, tetapi yang menjadi catatan adalah Batcave Batman di setiap peristiwa dibuat berbeda, dan masing-masing memiliki keunggulannya tersendiri, entah dalam urusan persenjataan maupun dalam urusan pertahanan.
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/