Warner Bros baru-baru ini memberikan update mengenai film terakhir DCEU, yaitu Aquaman and the Lost Kingdom, serta film-film mendatang lainnya seperti Dune: Part Two. Seperti yang kita tahu, Aquaman 2 akan menjadi entri terakhir DCEU yang akan dirilis di bioskop. Awalnya, film ini seharusnya dirilis tahun lalu pada tanggal 16 Desember 2022, sebelum akhirnya ditunda hingga 17 Maret 2023. Namun, akhirnya film ini kembali ditunda hingga 25 Desember 2023, dan kemudian dimajukan kembali ke tanggal 20 Desember 2023.

Kabar terbaru mengenai kapan film ini akan tayang di bioskop dirilis, menjadi kabar yang cukup mengejutkan ditengah adanya mogok Writers Guild of America (WGA) dan Screen Actors Guild (SAG-AFTRA) yang sedang berlangsung. Hal ini berarti bahwa, meskipun adanya mogok WGA dan SAG-AFTRA, tampaknya film ini tidak akan ditunda lebih jauh dari yang sudah dijadwalkan.

Aquaman

Menariknya, Warner Bros justru mengumumkan penundaan untuk film-film blockbuster lain seperti Dune: Part Two dan Godzilla x Kong: The New Empire. Dune: Part Two awalnya dijadwalkan tayang di bioskop pada 3 November 2023, tetapi akhirnya ditunda hingga tahun berikutnya dengan tanggal rilis spesifik pada 15 Maret 2024.

Sedangkan Godzilla x Kong: The New Empire juga ditunda oleh Warner Bros. Premiere teatrikalnya seharusnya debut pada 15 Maret 2024, namun kini akan tayang pada 12 April 2024. Sama seperti dua film yang telah disebutkan sebelumnya, film animasi terbaru Warner Bros, The Lord of the Rings: The Ride of the Rohirrim, juga ditunda.

Alasan mengapa Aquaman 2 tidak mendapat delay untuk perilisannya mungkin dikarenakan Warner Bros ingin segera “mengakhiri” era DCEU secepat mungkin. Hal ini dilakukan agar divisi baru mereka yang dipegang oleh James Gunn dan Peter Safran, DC Studios, bisa segera berfokus untuk membangun DC Universe baru yang sebelumnya telah diumumkan.

Oky Handiman
Oky merupakan salah satu founder dari Greenscene, ia juga turut berperan sebagai Operational Director. Passionnya terhadap topik seputar pop culture membuat ia terkadang ikut coverage untuk beberapa pembahasan yang tengah hangat.