Dalam Marvel universe biasanya mereka yang memiliki kekuatan dahsyat merupakan alien atau bukan berasal dari bumi, namun ada juga manusia yang memiliki kekuatan dahsyat sehingga dianggap yang terkuat. Umumnya dalam cerita komik, karakter dengan kekuatan dahsyat adalah hal yang lumrah ditemukan. Biasanya, para karakter kuat tersebut tidak berasal dari bumi.

Contohnya adalah para Eternals yang merupakan hasil ciptaan para Celestials. Atau Adam Warlock yang merupakan makhluk dari ras luar planet. Namun, dalam Marvel universe ada juga beberapa nama karakter manusia yang memiliki kekuatan dahsyat sehingga dianggap sebagai yang terkuat. Mereka mendapatkan kekuatan super yang membuat mereka jadi superhero. Lalu, siapa saja mereka?

Juggernaut

Saat masih anak-anak, Charles Xavier sempat mengalami siksaan dari adik tirinya, Cain Marko. Kehidupan Marko kemudian berubah ketika tubuhnya terkena radiasi dari Crimson Gem of Cyttorak. Hal itu kemudian membuatnya berubah menjadi sosok yang luar biasa kuat yang dikenal dengan nama Juggernaut. Level kekuatan dari Juggernaut dianggap stara dengan Hulk.

Dengan kekuatan dahsyat tersebut, Juggernaut sering dianggap sebagai salah satu manusia terkuat di Marvel universe dan salah satu musuh X-Men yang mengerikan. Yang membuat Juggernaut mengerikan adalah ketika dia berlari. Ketika dia berhasil menemukan momen, tidak ada satu kekuatan mana pun di universe Marvel yang bisa menghentikannya. Dan dia pun tidak mengenal kata lelah. Yang juga luar biasa adalah kebutuhan dasar manusia dari Cain Marko sudah menghilang semenjak menjadi Juggernaut.

Doctor Strange

Rasanya Geeks semua setuju jika Doctor Strange menjadi salah satu manusia terkuat di Marvel universe. Sebagai penyihir agung, Strange bertanggung jawab untuk melindungi bumi dan seluruh alam raya Marvel dari serangan ancaman mistis. Dan sebagai penyihir agung, kemampuan sihir dan popularitasnya tidak ada yang mengalahkan. Meskipun begitu, sebelumnya Doctor Strange hanyalah manusia biasa.

Strange merupakan seorang dokter yang sangat handal dan dikenal karena kemampuan operasinya yang luar biasa. Namun, suatu ketika, Strange mengalami kecelakaan mobil yang membuatnya harus mengalami kelumpuhan. Dia kemudian mempelajari kemampuan sihir saat berada di Himalaya dan kecerdasan yang dia miliki membuat Strange bisa mempelajari berbagai ilmu sihir dengan mudah. Dan akhirnya, seiring berjalan waktu dia pun menjadi seperti yang kita kenal sekarang.

Quasar

Makhluk luar angkasa bernama Eon sengaja menciptakan sebuah benda khusus untuk melindungi alam raya Marvel, yaitu Quantum Bands. Biasanya, Eon akan memberikan gelang tersebut kepada mereka yang dianggap pantas untuk jadi pelindung alam raya Marvel. Salah satu contohnya adalah Wendell Vaughn, yang merupakan seorang agen SHIELD.

Eon memilih Vaughn untuk jadi pemilik dari Quantum Bands, yang mana hal tersebut membuatnya kemudian berubah menjadi sosok superhero yang dikenal dengan nama Quasar. Ketika menggunakan gelangnya, Quasar mampu untuk menggunakan dan menyerap energi dari Quantum Zone. Energi tersebut bisa dia gunakan untuk menciptakan perisai, terbang, berkomunikasi dengan makhluk kosmik, dan sebagainya.

Hulk

Seperti halnya Strange, tentunya Geeks sudah tahu tentang asal-usul dari Hulk yang merupakan Bruce Banner yang awalnya adalah manusia biasa kemudian berubah menjadi sosok monster berwarna hijau. Hal tersebut akibat radiasi gamma yang terjadi dalam sebuah eksperimen. Bruce Banner tidak bisa begitu saja menggunakan kekuatannya sebagai Hulk.

Pasalnya, Hulk muncul ketika amarah Bruce sudah tidak lagi terbendung. Level kekuatan dari Hulk benar-benar sangat luar biasa, di mana para makhluk kosmik pun mengakui kekuatan Hulk. Meskipun begitu, dalam berbagai cerita diperlihatkan jika Bruce mengalami konflik batin dengan Hulk yang sudah dianggap sebagai kepribadian lain dari Bruce Banner yang tinggal di dalam tubuhnya.

Kang The Conqueror

Nathaniel Richards merupakan manusia yang lahir di abad ke 30. Dia kemudian memanfaatkan berbagai teknologi canggih di abad tersebut untuk menciptakan sebuah alat untuk pergi ke masa lalu. Dengan berbagai teknologi tersebut, Kang pergi ke berbagai masa dan menaklukan setiap masa yang dia daatangi. Inilah alasan mengapa kemudian Kang memiliki banyak alias atau nama lain.

manusia terkuat di marvel universe

Sebenarnya, Nathaniel Richards merupakan keturunan dari sosok Reec Richards dari tim Fantastic Four. Dan dia juga tidak lain hanya manusia biasa. Meskipun dia merupakan salah satu villain yang sangat sulit yang pernah dihadapi oleh Avengers, namun semua itu berkat teknologi dari masa depan yang dia gunakan. Tanpa teknologi tersebut, dia tidak lain hanya seorang manusia biasa.

The Sentry

Pasca Robert Reynolds meminum sebuah cairan uji coba, dia kemudian memiliki kekuatan super dan kemampuan untuk terbang. Dengan kekuatan tersebut juga, Reynolds yakin jika takdirnya adalaah menjadi seorang superhero yang mana kemudian dia menggunakan nama The Sentry. Bukti kedahsyatan dari The Sentry adalah dia menjadi satu-satunya orang yang bisa mengalahkan Hulk dalam kekuatan penuh.

manusia terkuat di marvel universe

Jika dia mau, The Sentry sebenarnya bisa saja menghancurkan seluruh kriminal di dunia. The Sentry bukan hanya kuat, bahkan dianggap terlalu kuat karena level kekuatannya dianggap setara dengan “kekuatan dari jutaan matahari yang meledak.” Yang mengerikan adalah dia memiliki sisi pribadi yang jahat dalam dirinya, yang kemudian dikenal dengan nama The Void.

High Evolutionary

Karakter High Evolutionary baru saja diperkenalkan di MCU dalam film Guardians of the Galaxy Vol. 3. Namun, dalam cerita komiknya, High Evolutionary memiliki sejarah panjang dengan Marvel universe. Memiliki nama asli Herbert Wyndham, dia adalah seorang ahli biologi yang terinspirasi oleh ilmuwan lainnya, Nathaniel Essex, yang kemudian berubah menjadi sosok villain Mister Sinister.

Wyndham kemudian menjadi orang pertama yang berhasil mengatur ulang DNA makhluk hidup. Selain itu, dia bahkan mampu mengatur ulang gen dari makhluk hidup. Lambat laun, Wyndham kemudian mulai menggunakan identitas The High Evolutionary. Dia bahkan melakukan modifikasi terhadap DNA miliknya, yang membuatnya mendapatkan banyak kekuatan dahsyat seperti telekinesis, telepati, dan sebagainya.

Akhenaten

The Celestial Order merupakan sekelompok alien yang berhasil menemukan The Heart of the Universe, sebuah artefak yang memberikan penggunanya kekuatan dahsyat. Selama puluhan ribu tahun, mereka berkeliling alam raya Marvel untuk mencari orang yang bisa menjadi sosok penjaga benda tersebut. Di tahun 1334 sebelum Masehi, mereka kemudian tiba di bumi dan memilih Akhenaten, sang pemimpin Mesir, untuk menjadi penjaga artefak tersebut.

manusia terkuat di marvel universe

Ketika Akhenaten menghabiskan waktu 2.000 tahun untuk menguassai kemampuan The Heart, dia justru berubah menjadi gila. Otak manusianya tidak mampu menampung dan memahami kekuatan level kosmik. Dengan misinya untuk menguasai dunia, Akhenaten kemudian menjadi ancaman bagi seluruh tim pahlawan di bumi bahkan luar angkasa. Bahkan, para dewa juga menganggapnya sebagai ancaman. Yang menarik adalah Thanos yang kemudian berhasil mengalahkannya.

Molecule Man

Ada alasan mengapa kemudian Molecule Man dianggap sebagai manusia terkuat di Marvel universe. Setelah Owen Reece terkena radiasi dari generator partikel, dia kemudian memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengendalikan atom. Namun, dia justru menggunakan kekuatan tersebut untuk menjadi supervillain yaitu Molecule Man. Galactus bahkan mengakui kekuatan dari Molecule Man.

manusia terkuat di marvel universe

Menurutnya, Molecule Man bisa menggunakan kekuatannya untuk menghapus seluruh makhluk dan objek yang ada di seluruh alam raya termasuk dirinya sendiri. Selain menjadi yang terkuat di Marvel universe, Molecule Man dianggap sebagai salah satu yang terkuat di multiverse di mana level kekuatannya hampir setara dengan The Beyonders. Yang menarik adalah Molecule Man juga adalah alat pemicu kehancuran dunia, di mana jika dia mati maka seluruh alam raya Marvel juga akan hancur.

Doctor Doom

Doctor Victor von Doom alias Doctor Doom tidak memiliki kekuatan super atau kekuatan mutan apaa pun. Dia tidak lain adalah manusia biasa. Namun, sering kali, Marvel Comics membuktikan jika Doctor Doom adalah sosok manusia terkuat di Marvel universe. Doctor Doom diketahui memiliki teknologi yang paling maju dan memiliki otak yang paling cerdas di dunia.

manusia terkuat di marvel universe

Yang luar biasanya lagi, dia juga adalah seorang penyihir yang hebat selain Doctor Strange. Dalam cerita Secret Wars, Doctor Doom bahkan berhasil mendapatkan kekuatan The Beyonders yang membuatnya bisa memanipulasi realita yang ada. Bahkan, dia dua kali mendpatkan kekuatan tersebut. Dan dalam cerita Secret Wars, Doctor Doom adalah dewa atau pemimpin dari Battleworld.

Meskipun bukan berasal dari luar angkasa, berbagai manusia ini memiliki kekuatan yang sangat dahsyat yang membuat mereka menjadi yang terkuat di Marvel Universe. Para manusia ini berhasil mendapatkan kekuatan dahsyat baik secara sengaja atau pun tidak sengaja. Sebagian digunakan untuk kebaikan dan sebagian lainnya digunakan untuk kejahatan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.