Sukses dengan season perdana, series Loki dipastikan akan segera kembali dengan season kedua pada akhir tahun ini. Berdasarkan apa yang terlihat di trailer season 2, Loki dari aktor Tom Hiddleston tampaknya akan kembali melakukan petualangan lintas waktu bahkan semesta bersama agen TVAMobius M. Mobius dari Owen Wilson. Nah bukan tidak mungkin dengan hancurnya Sacred Timeline di kisah sebelumnya, di season 2 nanti Loki bersama TVA akan berusaha satukan kembali multiverse Marvel dengan sebuah konsep baru yang disebut Time Loom. Apakah itu? Mari langsung saja kita bahas teorinya, Geeks!

Fungsi Misterius Time Loom

Awal tahun ini seorang insider sekaligus scooper kredibel Daniel Richtman menyampaikan kepada para penggemar Marvel bahwa series Loki season 2 akan memperkenalkan sebuah konsep baru di MCU yang disebut Time Loom. Meskipun di Marvel Comics tidak ada konsep dengan nama serupa, tetapi Ritchman mengklaim bahwa fungsi Time Loom dimaksudkan untuk menyerap energi yang ada di time-stream. Sebagian penggemar menyimpulkan bahwa konsep baru ini tidak lain adalah sumber daya bagi TVA. Namun tidak sedikit juga yang menganggapnya sebagai alat untuk kembali menciptakan Sacred Timeline.

Loki 2 satukan multiverse

Sebagai pengingat, Sacred Timeline sendiri adalah kumpulan timeline utama MCU yang sengaja diisolasi dari multiverse oleh salah satu varian Kang bernama He Who Remains (Jonathan Majors). Dengan begitu dia bisa memonopoli timeline Marvel dengan mudah, termasuk menghapus berbagai cabang timeline dengan bantuan organisasi ciptaannya Time Variance Authority alias TVA yang bermarkas di luar ruang dan waktu.

Namun setelah He Who Remains dibunuh oleh varian wanita Loki yang bernama Sylvie (Sophia Di Martino), multiverse akhirnya kembali terbuka dan menyebabkan terjadinya serangkaian peristiwa abnormal di MCU. Jika benar Time Loom adalah alat yang semula dipakai He Who Remains untuk mengisolasi timeline utama MCU, ada kemungkinan di series Loki season 2 nanti TVA dengan bantuan sang God of Michief akan menggunakannya untuk satukan kembali multiverse Marvel demi memperbaiki Sacred Timeline.

TVA Ingin Gabungkan Timeline

Karena series Loki season 2 masih belum tayang, sampai hari ini tidak ada yang tahu secara pasti seperti apa bentuk Time Loom dan apakah benar fungsinya bisa kembali satukan multiverse atau tidak. Namun jika diartikan ke bahasa Indonesia, ‘loom’ sendiri adalah alat tenun atau mesin untuk merajut benang menjadi bahan kain. Jika mengacu pada pengertian tersebut, sementara bisa kita simpulkan bahwa Time Loom adalah mesin untuk merajut sejumlah untaian timeline menjadi satu kesatuan yang mungkin disebut sebagai Sacred Timeline.

Loki 2 satukan multiverse

Seperti yang bisa kalian lihat pada gambar di atas, dalam salah satu cuplikan trailer Loki season 2, ada sebuah adegan di mana karakter Mobius yang mengenakan pakaian astronaut keluar menuju sebuah mesin aneh yang tidak pernah terlihat sebelumnya di MCU. Mesin dengan pemandangan yang sangat megah ini seperti mengumpulkan berbagai aliran energi dan menyusunnya menjadi satu aliran yang konsisten dalam sebuah tabung atau selang. Bisa saja mesin baru ini adalah Time Loom yang sebenarnya menyerap berbagai semesta dan menyusunnya menjadi Sacred Timeline yang baru di MCU.

Menariknya teori ini justru memungkinkan berbagai semesta Marvel yang sudah eksis sebelumnya menjadi bagian dari MCU. Misalnya Fox-Verse yang berisi para mutan dan karakter Marvel lainnya, seperti Professor X (Patrick Stewart), Wolverine (Hugh Jackman), dan Deadpool (Ryan Reynolds). Kemudian semesta Spider-Man lain yang berisi Spidey dari Tobey Maguire dan Andrew Garfield. Dengan begitu tidak aneh jika para karakter Marvel yang kita sebutkan tadi ke depannya akan lebih sering muncul karena Loki dan TVA telah satukan multiverse, setidaknya MCU dengan beberapa semesta alternatif Marvel.

Multiverse Marvel Jadi Satu

Berkat upaya Loki dan Mobius yang berhasil satukan multiverse di season 2, selanjutnya Marvel Studios bisa menghadirkan lebih banyak karakter lama Marvel di MCU dengan lebih leluasa. Karena Sacred Timeline yang baru terdiri dari kumpulan berbagai timeline ikonis, termasuk MCU utama, Fox-Verse, Spider-Verse, dan semesta mana pun yang Marvel Studios inginkan. Teori ini juga bisa menjadi jawaban atas pertanyaan mengapa Wolverine dan Deadpool bahkan para karakter X-Men lainnya diperhitungkan sebagai bagian dari jagat sinema MCU di film Deadpool 3 yang tayang setelah series Loki season 2.

Sekian pembahasan tentang teori Loki dan TVA yang bakal satukan multiverse Marvel di Season 2 mendatang. Di sisi lain sudah menjadi suatu keharusan bagi TVA sendiri untuk memperbaiki apa yang telah Loki hancurkan di season sebelumnya. Mungkin memang sudah saatnya juga bagi Marvel Studios untuk menggabungkan beberapa semesta Marvel. Dengan begitu studio bisa memanfaatkan para karakter Marvel pra-MCU bukan hanya sebagai varian, melainkan sebagai bagian dari jagat sinema utamanya. Bagaimana menurut kalian? Series Loki season 2 akan tayang perdana di Disney+ tanggal 6 Oktober.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.