Beberapa karakter ikonik yang muncul dalam cerita komik ternyata adalah tiruan atau merupakan rip-off dari karakter yang memang sudah ada sebelumnya. Cerita di dunia komik banyak menghadirkan karakter-karakter keren dan juga epik yang kemudian jadi ikonik dari tempat penerbitan mereka. Misalnya, Justice League menjadi karakter yang ikonik dari DC Comics.

Sedangkan, para Avengers menjadi karakter yang ikonik dari Marvel Comics.  Dalam menghadirkan sebuah karakter, biasanya para penulis komik terinspirasi dari apa yang terjadi di sekitarnya. Tidak jarang juga para karakter tersebut merupakan gambaran dari para penulis. Namun, ternyata ada beberapa karakter ikonik yang ternyata adalah tiruan dari karakter lainnya. Siapa saja?

Harley Quinn

Siapa yang tidak mengenal sosok Harleen Quinzel alias Harley Quinn. Meskipun awalnya karakter ini hanya dikenal para penggemar komik, namun dalam beberapa tahun belakangan popularitas Harley Quinn meningkat setelah diperankan oleh Margot Robbie dan muncul di berbagai iterasi mulai dari film sampai game. Tidak banyak Geeks yang tahu jika sebenarnya Harley Quinn merupakan tiruan dari sebuah karakter opera sabun.

Awalnya penampilan dari Harley mengenakan seragam polisi. Namun, ada perubahan yang kemudian diberikan terhadap karakternya. Sang pencipta karakter Harley Quinn, Paul Dini, kemudian memutuskan untuk menggunakan penampilan yang dikenakan oleh Arleen Sorkin dalam cerita Days of Our Lives. Dan yang menarik kemudian adalah Arleen kemudian mengisi suara dari Harley dalam series Batman: The Animated Series.

Deadpool

Banyak dari Geeks yang mungkin terkejut dengan fakta bahwa Deadpool merupakan salah satu karakter tiruan dalam dunia komik. Wade Wilson alias Deadpool merupakan karakter tiruan dari Slade Wilson alias Deathstroke. Di awal kemunculannya, Wade Wilson benar-benar sangat mirip dan hampir semua aspek dari Slade Wilson ada di sosok Wade Wilson. Sayangnya, hal itu tidak berujung baik.

karakter komik tiruan

Karena penerimaan karakter Deadpool yang kurang baik, para penulis Deadpool kemudian menghadirkan perubahan terhadap karakternya. Mulai dari sifatnya yang penuh komedi sampai kemampuannya. Dan sejak karakter Wade jadi penuh komedi, dia pun menjadi populer di kalangan fans. Bahkan, Deadpool pernah menjadi rekan dari Spider-Man. Marvel pun kemudian menghadirkan kreasi lainnya dari karakter Deadpool yang membuat dia populer seperti sekarang.

Batman

Batman merupakan salah satu karakter komik yang paling populer di dunia. Hampir semua orang dan kalangan mengenal siapa Batman. Popularitasnya setara dengan sosok Superman, yang mana kemudian menjadikan Batman sebagai salah satu wajah dari DC Comics. Meskipun begitu, karakter ciptaan Bob Kane dan Bill Finger ini bukanlah karakter asli ciptaan mereka.

Batman merupakan salah satu karakter tiruan dari karakter Zorro. Zorro sendiri diciptakan pada 1919. Bahkan, dalam salah satu cerita komik pun secara tersirat DC Comics menghadirkan informasi jika Zorro adalah inspirasi dari karakter Batman. Hampir semua aspek dari sosok Zorro ada di sosok Batman. Contohnya dia adalah karakter yang memiliki kekayaan, memiliki kemampuan bela diri (atau berpedang), menggunakan kendaraan, menggunakan kostum yang mirip, bahkan motivasi menjadi pahlawan pun sama.

Superman

Selain Batman, Superman juga ternyata bukan merupakan karakter orisinal. Superhero paling populer di dunia ini merupakan karakter tiruan. Karakter yang diadaptasi oleh Batman beraal dari sebuah buku bernama Gladiator. Rilis pada 1930, buku tersebut menceritakan tentang seorang pria yang memiliki kekuatan dahsyat, kulit yang sangat kuat, kemampuan untuk melompati gedung, dan sebagainya.

Karakter tersebut mendapatkan kekuatan super itu dari ayahnya. Gladiator rilis lima tahun sebelum Superman rilis dalam cerita komik. Karakter dalam cerita Gladiator diceritakan bagkan memiliki Fortress of Solitude miliknya sendiri dan menggunakan celana pendek i luar yang kemudian ditirukan oleh pencipta Superman, Jerry Siegel dan Joe Shuster.

Black Cat dan Catwoman

Bisa dibilang dua karakter ini unik dan juga aneh serta nyeleneh. Dan banyak dari Geeks juga yang mungkin sudah menyadari adanya persamaan dari keduanya. Ternyata, baik Catwoman ataupun Black Cat sama-sama saling menirukan satu sama lain. Catwoman alias The Cat memang muncul terlebih dahulu di era 1940an. Dia merupakan sosok wanita pencuri handal. Sayangnya, karakternya kurang populer saat itu.

karakter komik tiruan

Kemudian, Marvel Comics menghadirkan sosok Black Cat yang jauh lebih kuat dan memiliki aura sensual. Banyak hal yang dihadirkan oleh Black Cat merupakan adaptasi dari karakter The Cat. Melihat hal yang luar biasa dari Black Cat, DC kemudian melakukan perubahan di era 80an terhadap karakter Catwoman di mana apa yang dihadirkan saat ini merupakan bagian dari perubahan yang DC Comics hadirkan terhadap karakternya.

Spawn

Di era sekarang, nama Spawn mungkin tidak terlalu banyak diketahui oleh orang-orang atau penggemar. Namun, Spawn merupakan karakter superhero yang populer di era 90an. Spawn pada awalnya adalah seorang manusia yang kemudian bangkit kembali dari kematiannya menjadi sosok ibli yang diselimuti oleh cairan hitam yang hidup dan bisa beradaptasi menjadi apa pun yang dibutuhkan.

Namun, Spawn merupkan tiruan dari karakter populer Marvel Comics yaitu Venom. Todd McFarlane awalnya bekerja untuk Marvel Comics di mana dia kemudian menghadirkan desain epik yang kita kenal sebagai Venom. McFarlane kemudian memutuskan keluar dari Marvel dan memulai perusahaannya sendiri, Image. Perusahaan tersebut kemudian memperkenalkan berbagai karakter populer mulai dari The Walking Dead, Saga, dan yang lain. Spawn sendiri merupakan salah satu kreasi pertama McFarlane untuk Image.

Thanos

Semua Geeks tentu mengenal siapa Thanos. Dia adalah musuh abadi dari para Avengers dan merupakan salah satu makhluk paling kuat yang bisa menghancurkan apa pun. Tetapi, karakter yang mirip seperti Thanos juga ada di DC Comics yaitu Darkside. Di merupakan salah satu makhluk terkuat dan merupakan seorang dewa. Perdebatan mengenai Thanos dan Darkseid ini sudah sejak lama muncul di kalangan fans.

karakter komik tiruan

Dan faktanya, Thanos memang merupakan tiruan dari Darkseid. Seorang penulis dari Marvel mendapatkan tugas untuk menghadirkan sosok karakter villain baru untuk Iron Man. Dia kemudian memutuskan untuk menirukan salah satu New Gods di DC Comics yaitu Metatron. Editornya mengetahui hal tersebut dan memutuskan untuk merubahnya dan mencari karakter yang lebih mengerikan. Dan Darkseid pun kemudian dipilih untuk hal ini. Yang juga menjadi twist menarik dari hal ini adalah konsep New Gods yang Jack Kirby ciptakan sebenarnya hendak dia aplikasikan di Marvel Comics.

Captain America

Jika DC memiliki Superman, maka Marvel memiliki sosok Captain America sebagai perwujudan dari harapan dan nilai-nilai negara Amerika. Steve Rogers merupakan seorang pria dari Brooklyn yang ikut program militer terkait serum Super Suldier yang kemudian merubahnya menjadi sosok Captain America. Tetapi, konsep yang Marvel hadirkan untuk Captain America ternyata tidak orisinal.

karakter komik tiruan

Sekitar dua tahun sebelum Captain America debut di komiknya, ada sebuah karakter yang mirip dengan Steve yaitu The Shield. Sama seperti Captain America dia mengenakan bendera Amerika di tubuhnya serta menggunakan tameng berbentuk segitiga pada awalnya. Yang memedakan adalah The Shield tidak hanya menggunakan tameng dalam bertarung, namun dia sendiri adalah tamengnya.

Hulk

Hulk atau The Incredible Hulk merupakan karakter yang populer dari Marvel Comics. Namun, hal ini berbeda dengan karakter Solomon Grundy dari DC Comics. Bahkan, diantara para penggemar komik nama Solomon Grundy bukan jadi pilihan karakter favorit. Padahal, dalam sejarahnya Solomon Grundy adalah karakter yang menjadi inspirasi terciptanya Hulk.

karakter komik tiruan

Ketika Marvel pertama kali memperkenalkan Hulk dalam komik sebenarnya warna tubuhnya tidak hijau, melainkan abu-abu. Warna itu sama dengan karakter Solomon Grundy. Mereka berdua juga sama-sama merupakan karakter yang mengandalkan amarah dan menghancurkan sekitarnya. DC sendiri kemudian coba untuk menirukan Hulk untuk menciptakan karakter Doomsday yang jadi lawan bagi Superman.

Joker

Karakter komik tiruan yang terakhir adalah Joker. Popularitas dari Joker memang pad awalnya tidak sedahsyat saat ini. Joker pertama kali diperkenalkan sebagai karakter villain dalam cerita Batman. Sempat meredup, popularitas Joker mulai mengalami peningkatan di era 80an dan 90an. Dan dalam dua dekade terakhir popularitas dari Joker bahkan benar-benar sangat luar biasa. Seperti halnya Batman atau Superman, hampir semua orang tahu siapa Joker.

karakter komik tiruan

Namun, seperti halnya juga Harley Quinn, karakter Joker ternyata adalah tiruan. Bob Kane, Bill Finger, dan Jerry Robinson menghadirkan sosok Joker berdasarkan karakter utama dalam sebuah film klasik berjudul The Man Who Laugh. Film yang rilis di tahun 1920 ini sebenarnya bukan film horor melainkan melodrama. Namun, karena sang karakter utamanya memiliki senyuman yang sangat mengerikan membuat filmnya seolah menghadirkan nuansa horor.

Mungkin, tidak banyak orang yang menyadari jika karakter favorit mereka di buku komik ternyata adalah tiruan dari karakter lain. Dalam industri komik, sebenarnya menghadirkan sebuah karakter dengan meniru desain atau penampilannya memang lumrah terjadi meskipun dalam beberapa tahun belakangan hal itu mulai banyak dikritik. Bagaimana menurut kalian tentang hal ini Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.