Belum lama ini DC Studios telah mengumumkan bahwa aktor David Corenswet akan berperan sebagai sang Man of Steel di film solo Superman: Legacy pada reboot DC Universe mendatang. Kabar konfirmasi ini banyak sekali mendapatkan sambutan hangat dari para penggemar veteran DC. Nah jika kita runut ke belakang, sebenarnya ada banyak sekali aktor populer yang tidak seberuntung Corenswet, di mana mereka mendaftar untuk peran Superman tetapi pada akhirnya gagal, baik untuk reboot DC Universe maupun era lama. Dalam artikel ini kita akan membahas setidaknya tujuh aktor Hollywood yang gagal perankan Superman karena alasan yang beragam!

Tom Brittney

aktor gagal superman

Tom Brittney adalah aktor muda yang namanya makin populer di Hollywood setelah membintangi film Greyhound dan series Grantchester. Beberapa waktu lalu Brittney cukup santer dibicarakan penggemar DC karena masuk kandidat terkuat untuk pemeran utama Superman: Legacy dalam reboot DC Universe, bersaing dengan David Corenswet. Dia bahkan sempat dilaporkan terlibat dalam proses screen test sambil mengenakan kostum Superman dan diawasi langsung oleh co-CEO DC Studios James Gunn. Sayangnya setelah Corenswet resmi terpilih, aktor asal Inggris ini secara tidak langsung dinyatakan telah gagal mendapatkan peran Superman.

Nicholas Hoult

aktor gagal superman

Satu lagi aktor yang terlibat dalam screen test untuk mendapatkan peran Superman di reboot DC Universe adalah Nicholas Hoult. Meskipun aktor serba bisa ini tercatat sebagai satu dari tiga kandidat terkuat bersama Corenswet dan Brittney, tetapi pada akhirnya dia dinyatakan gagal menjadi sang superhero di Superman: Legacy. Kabar baiknya, sekarang dia justru masuk ke dalam daftar calon kuat pemeran villan Lex Luthor di filmnya, bersama Bill dan Alexander Skarsgard. Mengingat Hoult telah membintangi sejumlah film populer, termasuk X-Men: First Class, Mad Max: Fury Road, dan Renfield, tidak sedikit penggemar DC yang berharap dia bisa menjadi musuh Superman Corenswet di DC Universe nanti.

Joe Manganiello

aktor gagal superman

Dari para aktor muda, sekarang kita mundur ke generasi lama yang juga pernah dilaporkan gagal mendapatkan peran Superman di jagat sinema dan film-film DC sebelumnya. Mulai dari Joe Manganiello yang ternyata sempat diperhitungkan oleh sutradara Zack Snyder untuk membintangi film DC Extended Universe’ Man of Steel sebagai Clark Kent alias Superman. Namun dalam prosesnya Manganiello terpaksa menolaknya karena pada saat itu tengah disibukkan dengan perannya di series True Blood. Tidak lama setelah itu Henry Cavill diumumkan berhasil mendapatkan perannya. Walaupun begitu pada akhirnya Manganiello tetap punya peran singkat di DCEU, tetapi sebagai villain Deathstroke.

Will Smith

Pada tahun 2008 silam, Will Smith pernah membintangi sebuah film Superman versi nyeleneh yang berjudul Hancock. Nah pada saat melakukan promosi filmnya, dia mengaku kepada MTV bahwa dirinya hampir memerankan sang Man of Steel yang asli tepatnya untuk film Superman Returns, di mana Smith bahkan sempat mendapatkan naskahnya. Namun pada akhirnya karena Smith merasa keterlibatannya berpotensi merusak superhero berkulit putih, dia akhirnya melepas kesempatan tersebut. Meskipun gagal menjadi Superman, beberapa tahun kemudian aktor Man in Black ini tetap tampil di DCEU sebagai pemeran Deadshot di film Suicide Squad.

Josh Hartnett

aktor gagal superman

Selain Will Smith, Josh Harnett adalah aktor lainnya yang sempat mendapatkan tawaran peran Superman, tetapi kesepakatannya berujung gagal karena suatu alasan. Pada saat itu Harnett yang telah membintangi film besar seperti Sin City dan 30 Days of Night, mengaku bahwa dia tidak menginginkan peran typecast atau itu-itu saja, sehingga dia menolak tawaran untuk terlibat dalam film Superman Returns. Sebagai gantinya dia mengungkapkan bahwa tujuannya di Hollywood adalah mendapatkan peran singkat tetapi berkesan, seperti di film Pearl Harbor yang terbukti berhasil mendongkrak popularitasnya. Peran utama di Superman Returns sendiri akhirnya jatuh ke tangan Brandon Routh.

Matt Bomer

Sebelum Superman Returns dirilis, sebenarnya pada awal tahun 2000-an Warner Bros dan sejumlah sutradara dan penulis pernah berencana untuk menggarap film lain berjudul Superman: Flyby. Ketika proyeknya dipegang oleh sutradara Brett Ratner, salah satu aktor yang ditawari peran Superman adalah Matt Bomer. Aktor Doom Patrol ini bahkan mengaku sudah sempat melakukan screen test dengan kostum Superman, tetapi gagal mendapatkan perannya. Untungnya dia mendapatkan kesempatan lain dengan menjadi pengisi suara di film animasi Justice Society: World War II, Legion of Super-Heroes, dan Superman: Unbound.

Ashton Kutcher

aktor gagal superman

Aktor lainnya yang sempat mengikuti screen test untuk film Superman: Flyby, tetapi akhirnya gagal adalah Ashton Kutcher. Pada saat itu WB dan Ratner sempat memilih Kutcher sebagai pemenang castingnya, tetapi sang aktor malah melepaskannya. Alasannya karena dia merasa lucu ketika harus mengenakan kostum ketat dengan otot-otot palsu. Menurutnya dia justru akan lebih siap jika menjadi superhero yang bertelanjang dada sambil memamerkan ototnya sendiri seperti He-Man. Pada akhirnya proyek Superman: Flyby dibatalkan dan bertransformasi menjadi Superman Returns, sedangkan harapan Kutcher tidak pernah terwujud sampai hari ini.

Itulah tujuh aktor yang dilaporkan sudah sangat dekat dengan peran Superman, baik di reboot DC Universe maupun di jagat sinema lama, tetapi pada akhirnya harus gagal. Kegagalan para aktor ini umumnya disebabkan karena preferensi pribadi yang akhirnya memutuskan untuk melepas perannya. Sebagian lagi ada juga yang karena memang tidak terpilih saat screen test. Terlepas dari alasannya yang sebenarnya cukup klise, sebenarnya tidak sedikit penggemar yang berharap para aktor ini mendapatkan perannya. Mungkin saja suatu hari nanti kita bisa melihatnya sebagai varian Superman, seperti Nicolas Cage yang akhirnya jadi cameo Superman di The Flash. Siapa yang tahu ‘kan Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.