Selama lebih dari satu abad, industri perfilman Hollywood telah mengalami sejumlah perubahan besar yang akhirnya mengubah cara pandang dunia terhadap dunia hiburan. Nah salah satu genre yang telah mengalami transformasi yang signifikan selama beberapa tahun terakhir khususnya pada abad ke-21 adalah film-film live action superhero Amerika. Genre yang dulu dianggap sebagai hiburan ringan, kini justru menjadi pilar utama di Hollywood. Pada artikel kali ini kita akan membahas film apa saja yang berhasil mengubah wajah industri superhero di Hollywood. Langsung saja simak daftarnya di bawah ini, Geeks!

Superman (1978)

film superhero mengubah hollywood

Sebelum film DC’ Superman dari perusahaan film Warner Bros dan sutradara Richard Donner menggebrak pasar Hollywood pada akhir 1970-an, para penggemar komik superhero mungkin hanya mengenal versi live action karakter favorit mereka dari series-series televisi yang tidak bisa menjangkau penonton secara luas. Berdasarkan alasan tersebut cukup layak jika kita menyebut film bioskop yang dibintangi Christopher Reeve ini sebagai film yang berhasil mengubah industri hiburan superhero di Hollywood. Karena sejak saat itu kisah superhero live action mulai naik kelas menjadi film layar lebar yang layak untuk diantisipasi oleh para penggemar di seluruh dunia bahkan hingga hari ini.

Batman (1989)

Satu dekade setelah kesuksesan film Superman dan sejumlah sekuelnya, Warner Bros juga pernah menunjuk sutradara Tim Burton untuk mengubah industri superhero Hollywood dengan film The Batman. Hasilnya film DC yang dibintangi oleh Michael Keaton ini berhasil membuat genre superhero bisa dinikmati oleh para penggemar dewasa. Pasalnya di film yang bercerita tentang Batman Keaton vs Joker dari aktor Jack Nicholson ini punya nuansa yang kelam dan serius, selaras dengan penggambaran Gotham yang gothic dan dipenuhi kriminal. Pada saat itu mungkin banyak penggemar yang cukup kaget sekaligus senang karena akhirnya ada film superhero yang keluar dari zona nyaman.

Spider-Man (2002)

film superhero mengubah hollywood

Datang dari sutradara film horor Sam Raimi, film Marvel Spider-Man bisa dibilang telah berhasil mengubah wajah industri superhero Hollywood untuk selamanya. Bedanya dengan dengan film X-Men yang rilis lebih awal pada tahun 2000, film yang dibintangi oleh Tobey Maguire ini dianggap punya gaya dan alur cerita yang sangat mudah sekaligus menyenangkan untuk dinikmati oleh para penonton global. Entah karena pemasarannya yang brilian atau memang karakter Spidey yang sudah populer lebih dahulu, yang jelas di Indonesia sendiri banyak dari penggemar Marvel yang memulai semuanya dari film ini, sebelum akhirnya mengenal karakter-karakter Marvel lain yang tidak kalah menarik.

The Dark Knight (2008)

film superhero mengubah hollywood

Satu lagi film Batman yang dianggap telah mengubah cara pandang dunia terhadap industri superhero di Hollywood adalah The Dark Knight yang disutradarai oleh Christopher Nolan. Daya tarik dari film DC ini umumnya disebabkan karena Nolan ingin menghadirkan film superhero yang sebenarnya tidak terlalu super, dengan kata lain lebih relate dengan kehidupan pahlawan di dunia nyata. Karakter Batman yang diperankan oleh Christian Bale ini digambarkan sebagai orang kaya yang mengandalkan teknologi dan relasinya untuk menjadi seorang pembasmi kejahatan. Sampai filmnya selesai dengan trilogi, The Dark Knight sama sekali tidak punya karakter super dan itulah yang menjadi nilai jualnya.

Iron Man dan MCU (2008)

film superhero mengubah hollywood

Iron Man dari sutradara John Favreu adalah film yang berhasil mengubah cara kerja Hollywood yang berkaitan dengan waralaba superhero. Di mana film Marvel yang dimeriahkan oleh Robert Downey Jr menandai berdirinya sebuah jagat sinema superhero yang saling berhubungan, yaitu Marvel Cinematic Universe. Sejak saat itulah para penggemar mulai bisa melihat penampilan banyak superhero ikonis dalam dunia yang sama, sampai akhirnya bisa melakukan crossover di film seperti The Avengers (2012). Jika tidak ada film Iron Man, mungkin saja MCU juga tidak akan pernah ada, begitu juga dengan jagat sinema superhero lainnya seperti DC Extended Universe dan sebagainya.

Deadpool (2016)

film superhero mengubah hollywood

Setelah DC dan Marvel berhasil mengubah sekaligus mengukuhkan posisi industri superhero Hollywood dengan film-film ikonisnya, Deadpool tiba-tiba datang dengan konsep filmnya yang sangat berani. Di mana untuk pertama kalinya ada film superhero R-rated yang memang menjual adegan brutal dan kata-kata kotor. Sebelumnya memang ada film Marvel lain seperti Blade yang memiliki rating dewasa, tetapi jika dibandingkan dengan Deadpool, film superhero vampir tersebut terasa seperti baik-baik saja. Menariknya lagi selain menonjolkan darah dan umpatan, film nyeleneh ini juga telah memperkenalkan karakter yang bisa menebus fourth wall dan berbicara dengan para penontonnya.

Joker (2019)

Joker adalah film DC selanjutnya yang tidak disangka-sangka berhasil mengubah industri superhero di Hollywood. Disutradarai Todd Phillips dan dibintangi oleh Joaquin Phoenix, Joker adalah film yang makin mengembangkan tujuan relate dengan penonton melalui kehidupan villain yang jarang dieksplorasi. Untuk pertama kalinya film ini membuat banyak penggemar percaya bahwa kisah villain di dunia superhero juga bisa dinikmati. Sampai pada akhirnya banyak yang merasa bahwa orang jahat awalnya adalah orang baik yang tersakiti, seperti karakter Joker yang akhirnya menjadi pembunuh berdarah dingin.

Spider-Man: No Way Home (2022)

film superhero mengubah hollywood

Film Marvel terakhir yang terbukti mengubah cara kerja genre superhero di Hollywood adalah Spider-Man: No Way Home. Melalui film ketiga Spidey di MCU ini kita pada akhirnya bisa melihat konsep menarik tentang multiverse yang bisa menghadirkan banyak karakter sama dalam sebuah cerita epik. Mungkin sebelumnya penggemar hanya bisa membayangkan Spidey versi Tom Holland, Tobey Maguire, dan Andrew Garfield saling bekerja sama untuk mengalahkan musuh. Faktanya film ini berhasil mewujudkan mimpi tersebut dan membuat para penggemar bisa bernostalgia sekaligus menikmati alur cerita superhero paralel yang mungkin tidak pernah ada sebelumnya.

Kesimpulannya berbagai film di atas pada akhirnya telah mengubah cara pandang penggemar dan Hollywood secara keseluruhan terhadap industri hiburan superhero di layar lebar. Dari peningkatan kualitas produksi hingga penerimaan terhadap keragaman yang dahulu mungkin tidak biasa, film-film ini telah mempengaruhi cara kita melihat dan menikmati dunia superhero terutama versi live action. Bukan tidak mungkin juga ke depannya akan terus ada hal-hal baru yang memperbarui genrenya. Kita nantikan saja.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.