Ternyata ada beberapa karakter superhero Marvel yang tidak bisa masuk MCU karena berbagai alasan yang ada. Kemunculan Marvel Cinematic Universe alias MCU yang dibangun oleh Marvel Studios membuat pihak Marvel Comics memiliki kesempatan untuk memperkenalkan berbagai karakter yang mereka miliki. Dan hal ini sudah terbukti dengan beberapa karakter populer.

Contohnya adalah Iron Man, Captain America, Black Widow, bahkan Nick Fury. Banyak para fans yang juga berharap jika karakter superhero Marvel favorit mereka bisa muncul di MCU. Meskipun sebagian karakter tersebut memiliki kesempatan untuk muncul, tetapi beberapa karakter lainnya tidak. Ada beberapa superhero Marvel yang tidak bisa muncul di MCU karena berbagai alasan. Siapa saja?

Team America

Team America pada awalnya merupakan mainan yang sangat populer di era 70an dan 80an yang kemudian dibuat cerita komiknya. Komik Team America atau Thunderiders, merupakan komik yang berfokus pada lima orang pengendara motor yang memiliki misi menghancurkan para kriminal. Properti dari Mattel ini sudah sering berkolaborasi dengan para superhero Marvel.

Team America memiliki beberapa alasan mengapa mereka tidak bisa muncul di MCU. Pertama, kekuatan super mereka memerlukan seluruh anggota tim untuk menggabungkan kekuatan yang kemudian memunculkan satu orang pengendara motor raksasa bernama Marauder. Kedua, lisensi dari Team America saat ini dipegang oleh perusahaan lain yaitu Juna Group. Sehingga, kecil kemungkinan mereka muncul di MCU.

Rom The Space Knight

Selain memperkenalkan berbagai karakter yang ada dalam cerita komik, Marvel pun memperkenalkan berbagai mainan yang kemudian jadi populer dan ikonik. Salah satunya adalah Rom the Space Knight. Komik dari Rom the Space Knight berlangsung selama tujuh tahun. Dan selama itu juga dia sering berkolaborasi dengan karakter superhero lain atau muncul di komik lainnya.

Bahkan, karakter ini memperkenalkan juga konsep penting di komiknya seperti Space Knight. Sayangnya, Rom the Space Knight tidak mungkin bisa muncul karena Marvel kehilangan lisensi dari karakternya. Lisensi dari karakter ini dipegang oleh perusahaan mainan Parker Brothers atau Hasbro. Dan saat ini, pihak Hasbro sendiri berencana untuk membuat filmnya.

Bug

The Micronauts menjadi properti dari Hasbro yang tidak mungkin muncul di MCU. The Micronauts memang merupakan tim pahlawan yang muncul dalam cerita komik Marvel. Tim pahlawan yang berasal dari Microverse ini memiliki sosok Bug, manusia serangga yang kemudian jadi sosok penting dalam terbentuknya tim Guardians of the Galaxy yang baru.

Meskipun pihak Marvel sudah membeli kembali lisensi untuk publikasi karakter Bug, pihak perusahaan film tersebut tetap tidak bisa menggunakan karakternya untuk muncul di berbagai film MCU. James Gunn sebenarnya hendak menghadirkan karakter Bug dalam film Guardians of the Galaxy Vol. 3 tetapi, karena pihak Hasbro yang kemudian memegang hak peredaran karakternya di film akhirnya Marvel Studios tidak bisa menggunakannya.

Shogun Warriors

Mungkin banyak dari Geeks yang asing dengan Shogun Warriors. Hal tersebut wajar karena komik ini muncul di tahun 1979 sampai 1980 dan popularitasnya pun tidak terlalu mengesankan. Shogun Warriors merupakan sekelompok mecha atau robot yang diadaptasi dari mainan produksi Mattel. Mattel sendiri membeli lisensi mainannya dari sebuah perusahaan mainan asal Jepang bernama Popy.

Shogun Warriors pernah melakukan crossover dengan berbagai properti Marvel seperti Fantastic Four. Komiknya yang kurang populer serta masalah lisensi dan masalah bahaya dari mainan Shogun Warriors membuat pihak Marvel tidak melanjutkan untuk menghadirkan komiknya. Juga, kecil kemungkinannya bagi pihak Marvel Studios untuk menghadirkan karakter ini di MCU.

Godzilla

Selain Shogun Warrior, “produk” Jepang lainnya yang pernah muncul dan jadi bagian dari Marvel adalah Godzilla. Kemunculan sang kaiju di Marvel Comics terjadi di era 1970an, di mana dia memiliki komiknya sendiri yaitu Godzilla, King of the Monsters. Dalam komik tersebut Godzilla diperlihatkan bertarung menghadapi para Avengers, Fantastic Four, dan Devil Dinosaur.

Marvel Comics sendiri memutuskan untuk tidak memperpanjang lisensi penerbitan monster tersebut. Hal ini dikarenakan perusahaan pencipta Godzilla, Toho, memutuskan untuk menaikan biaya lisensi tersebut. Sejak saat itu, Godzilla tidak pernah lagi muncul di Earth-616 dan bahkan publik tidak banyak tahu jika Godzilla pernah berkolaborasi dengan Marvel. Inilah yang kemudian membuat Godzilla tidak mungkin muncul di MCU.

Conan The Barbarian

Conan the Barbarian merupakan salah satu karakyer superhero Marvel yang paling populer. Puncak popularias dari karakter Conan terjadi di era 70an dan 80an. Marvel Comics bahkan memiliki beberapa cerita Conan yang pernah mereka hadirkan, mulai dari cerita klasik karakternya sampai pada Conan yang bertemu dengan karakter Marvel lain seperti Thor dan Doctor Doom.

superhero marvel mcu

Di tahun 2019, Marvel Comics kembali memperpanjang hak cipta komik Conan yang membuatnya bisas muncul dalam komik Savage Avengers. Namun, di tahun 2022 kemarin pihak Marvel memutuskan untuk tidak memperpanjang lisensi karakternya. Hal itu pun berakibat para Conan jadi salah satu superhero Marvel yang tidak akan bisa muncul di MCU. Di sisi lain, Conan juga sudah muncul dalam berbagai film solo yang diperankan oleh Arnold Schwarzenegger. Kemunculannya di MCU akan membuat bingung orang-orang.

Frankenstein’s Monster

Banyak karakter Marvel yang berasal dari cerita atau kisah-kisah populer di masyarakat. Frankenstein’s Monster adalah salah satunya. Sosok monster yang berasal dari novel klasik karya Mary Shelley ini sudah menjadi musuh dan bahkan villain bagi para karakter Marvel. Frankenstein’s Monster bahkan jadi anggota dari kelompok Howling Commandos dan Legion of the Unliving.

superhero marvel mcu

Banyak orang yang tidak tahu jika monster tersebut pernah jadi bagian dari Marvel Comics, yang mana rasanya wajar jika kemudian karakater ini tidak akan bisa muncul di MCU. Seperti halnya beberapa karakter lain dalam daftar ini, orang-orang atau para penonton mungkin akan merasa bingung dengan keberadaan sosok Frankenstein jadi bagian dari MCU.

Ash Williams

Marvel banyak melakukan kerja sama dengan franchise lain untuk menghadirkan sebuah universe yang luas, cerita yang menarik, dan sebagainya. Mayoritas franchise yang diajak kerja sama merupakan yang berfokus pada cerita aksi. Salah satu contohnya adalah Evil Dead. Marvel Comic pernah menghadirkan karakter utama dari cerita Evil Dead, yaitu Ash Williams di mana dia bekerja sama dengan Doctor Doom dan the Punisher.

superhero marvel mcu

Ash Williams jadi salah satu superhero Marvel yang tidak akan bisa muncul di MCU karena berbagai alasan. Selain karena berasal dari properti yang berbeda, Evil Dead dan Marvel memiliki tone yang berbeda. Evil Dead lebih condong pada cerita horor, gore, dan kekerasan lain. Namun, yang menarik, Bruce Campbell, pemeran Ash di filmnya, sempat muncul di film Doctor Strange and the Multiverse of Madness sebagai karakter yang berbeda.

NFL SuperPro

NFL SuperPro merupakan karakter superhero hasil kerja sama antara pihak Marvel Comics dan liga football nasional Amerika (National Football League). Sosok karakter tersebut bernama Phil Grayfield, di mana dia adalah seorang reporter olahraga yang kemudian berubah menjadi sosok superhero setelah dia terjebak dalam kebakaran rumah yang di dalamnya terdapat kimia berbahaya dan penghargaan olahraga.

superhero marvel mcu

Komik SuperPro sendiri hanya bertahan selama satu tahun. Tema yang berbeda membuat karakter ini rasanya tidak akan mungkin muncul di MCU. Masalah lisensi juga lagi-lagi jadi hambatan yang membuat karakternya tidak bisa muncul di layar lebar. Bahkan, Robert Kirkman sendiri tidak bisa menghadirkan karakternya dalam komik Marvel Team-Up yang dia buat.

Combo Man

Dari semua superhero Marvel yang tidak bisa muncul di MCU, Combo Man mungkin adalah yang paling unik. Combo Man merupakan karakter superhero Marvel yang lisensinya dibeli dari sebuah merk makanan ringan bernama Combos. Rick Wilder adalah sosok karakter di balik nama Combo Man yang mana kekuatan supernya dia dapatkan setelah terkena ledakan di lab sambil membawa pretzels keju dan komik Marvel.

superhero marvel mcu

Efeknya, Rick Wilder memiliki kekuatan super dari 14 superhero Marvel. Desainnya yang kurang menarik serta asal-usul karakternya juga yang cenderung konyol, membuat kesempatan karakternya untuk muncul di MCU sangat tipis. Marvel juga perlu membeli lisensi karakternya agar bisa muncul di MCU yang mana rasanya rumah produksi tersebut tidak akan mau melakukannya.

Meskipun ada banyak karakter Marvel yang belum muncul di MCU dan para fans pun berharap jika mereka suatu saat bisa muncul di filmnya, ternyata ada juga karakter yang memang tidak akan mungkin bisa muncul karena berbagai alasan. Meskipun ada karakter yang memang disayangkan karena tidak bisa muncul di MCU, sebagian lainnya dianggap masuk akal jika kemudian pihak Marvel tidak ingin menghadirkan karakternya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.