DC dan Marvel sering digambarkan sebagai dua entitas media yang saling bersaing melalui karya-karyanya, tanpa terkecuali film dengan jagat sinemanya masing-masing. Meskipun belakangan banyak aktor Marvel yang resmi pindah ke reboot DC Universe mendatang, ada juga beberapa aktor yang pergi dari DC ke MCU.

Tidak seperti mantan pemeran Batman’ Christian Bale yang perannya sebagai villain Gorr the God Butcher sudah dimatikan, atau Vulture’ Michael Keaton yang belakangan kembali lagi sebagai Batman di DC Extended Universe, para aktor yang akan kita bahas kali ini terbilang masih punya peran aktif dan setia dengan MCU. Siapa sajakah mereka? Langsung saja simak daftarnya di bawah ini, Geeks!

David Dastmalchian

Aktor DC pertama yang pindah ke MCU dan saat ini terbilang masih punya peran aktif adalah David Dastmalchian. Pada tahun 2021 lalu, Dastmalchian pernah terlibat dalam film DC karya James Gunn yang berjudul The Suicide Squad, di mana dia berperan sebagai villain yang punya mimpi menjadi superhero bernama Abner Krill alias Polka-Dot Man. Namun karena karakternya diceritakan tewas di akhir filmnya, sepertinya dia tidak akan kembali di DC Universe mendatang. Sebagai gantinya tahun lalu MCU mengukuhkan peran barunya sebagai mahkluk agar-agar bernama Veb di film Ant-Man and the Wasp: Quantumania yang saat ini masih eksis di Quantum Realm.

Michelle Pfeiffer

aktor DC ke mcu

Satu lagi bintang Ant-Man and the Wasp: Quantumania yang merupakan pindahan dari DC ke MCU yaitu aktor veteran Michelle Pfeiffer. Tahukah kalian Geeks bahwa Pfeiffer sempat memerankan karkater Selina Kyle alias Catwoman di film DC’ Batman Returns yang rilis tahun 1993, di mana dia beradu akting dengan Michael Keaton. Dua dekade kemudian tidak pernah ada yang menyangka sebelumnya bahwa Pfeiffer akan menjadi bagian dari MCU melalui waralaba film Ant-Man, tepatnya sebagai pemeran istri Hank Pym yang bernama Janet Van Dyne. Sekarang karakternya bahkan diceritakan sebagai salah satu orang pertama yang mengenal big bad Multiverse Saga, yaitu Kang the Conqueror.

Russell Crowe

aktor DC ke mcu

Russell Crowe adalah salah satu aktor veteran lainnya yang pindah dari DC ke MCU, di mana sekarang dia punya peran aktif sebagai Dewa Zeus. Pemenang penghargaan Oscar ini pertama kali tampil dalam film superhero sebagai ayah kandung Superman yang bernama Jor-El di film DCEU’ Man of Steel. Sekarang, di MCU sendiri dia punya peran menarik lainnya sebagai ayah dari karakter kuat lainnya, yaitu Hercules. Tidak seperti villain Gorr dari Christian Bale yang mati di akhir film Love and Thunder, karakter Crowe justru diperlihatkan masih hidup di credit scene-nya dan kemungkinan besar akan kembali pada masa depan Thor atau Hercules di MCU.

Laurence Fishburne

aktor DC ke mcu

Sama seperti Crowe, film superhero pertama Laurence Fishburne adalah Man of Steel yang disutradarai Zack Snyder, di mana dia berperan sebagai jurnalis senior Daily Planet yang bernama Perry White. Sayangnya pada saat itu karakter ikonisnya bisa dibilang sangat disia-siakan oleh Snyder yang tidak tahu lagi bagaimana menceritakan kisahnya di DC. Kemudian pada tahun 2018, akhirnya film Ant-Man and the Wasp memboyong sang aktor dari DC ke MCU sebagai pemeran salah satu pemilik kekuatan Pym Particle yaitu Bill Foster. Menurut laporan terbaru, kabarnya karakter Bill ini akan punya kisah superheronya sendiri sebagai Goliath alias Giant-Man di series MCU What If season 2 mendatang.

Ryan Reynolds

aktor DC ke mcu

Terakhir, sudah jelas bahwa Ryan Reynolds adalah salah satu aktor DC paling berpengaruh yang akhirnya pindah ke Marvel dan punya peran yang tidak kalah penting juga di MCU. Setealah kegagalan film dan perannya sebagai Hall Jordan alias Green Lantern pada tahun 2011 silam, Reynolds akhirnya tampil bersinar sebagai sang Merc With a Mouth dengan kostum dan karakternya yang lebih akurat di film solo pertama Deadpool tahun 2016. Sekarang dia tengah melangsungkan syuting untuk film Deadpool 3 yang akan membuat karakternya (dan juga Wolverine Hugh Jackman) sebagai bagian dari MCU, terhitung mulai tanggal 3 Mei 2024 mendatang saat filmnya tayang perdana di bioskop.

Itulah para mantan aktor DC yang sekarang sudah pindah ke MCU dan masih punya peran aktif pada masa mendatang. Untuk sekarang mungkin tidak ada kontrak eksklusif yang mengikat para aktor ini untuk tetap berada di jagat sinema Marvel. Walaupun begitu tidak bisa kita mungkiri juga bahwa daftar ini ke depannya sewaktu-waktu bisa bertambah atau bahkan berkurang. Yang jelas sampai berita ini ditulis, persentase keterlibatan para aktor ini di MCU bisa dibialng masih jauh lebih besar daripada di DC Universe.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.