Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1993, saat ini Power Rangers telah menjadi salah satu waralaba yang ikonis dalam dunia hiburan. Di mana selama lebih dari tiga puluh tahun para penggemar telah menyaksikan serangkaian series Power Rangers yang punya kisahnya tersendiri. Nah dari sekian banyak Power Rangers yang telah diperkenalkan, ada beberapa Ranger yang tercatat memiliki banyak alter ego. Di mana mereka muncul dengan kostum bahkan warna Ranger yang berbeda-beda. Dalam artikel ini, kita akan membahas lima Power Rangers yang memiliki alter ego terbanyak dalam sejarah waralabanya!

Adam Park

Setelah Zack Taylor alias Ranger Hitam pertama menghilang, Adam Park ditunjuk untuk menjadi Ranger Hitam kedua pada era modern yang melakukan debutnya di series Mighty Morphin Power Rangers season 2. Nah ketika para Mighty Morphin kehilangan kemampuan berubahnya dan kemudian menemukan Zeo Crystal sebagai sumber kekuatan baru, karakter yang diperankan oleh Johnny Yong Bosch ini diceritakan terus melanjutkan tugasnya sebagai Ranger. Bedanya di series Power Rangers Zeo, dia menjadi Zeo Ranger Hijau. Dan sebagai Ranger dengan alter ego terbanyak, beberapa tahun kemudian Adam juga kembali sebagai Turbo Ranger Hijau di Power Rangers Turbo yang bertema otomotif.

Katherine Hillard

Power Rangers alter ego terbanyak

Sebelum menjadi Power Rangers dengan alter ego terbanyak, Katherine Hillard dari aktris
Catherine Sutherland awalnya hanyalah karakter minor yang dikutuk oleh Rita Repulsa menjadi monster bernama Katastrophe. Namun setelah para Mighty Morphin berhasil menyelamatkannya, dia lantas memutuskan untuk menjadi Ranger Pink kedua di Mighty Morphin Power Rangers season 3. Nah setelah para Ranger menemukan Zeo Crystal, Kat juga turut terpilih sebagai Zeo Ranger Pink dari Power Rangers Zeo. Sama seperti Adam, pada akhirnya Kat juga mendapatkan kesempatan untuk terus menjadi bagian dari dari generasi Power Rangers Turbo sebagai Ranger dengan warna ikonisnya yaitu pink.

Tanya Sloan

Power Rangers alter ego terbanyak

Satu lagi Power Rangers wanita yang mempunyai alter ego terbanyak adalah Tanya Sloan. Bedanya dengan karakter lain yang memulai debutnya di Mighty Morphin Power Rangers, Tanya yang diperankan Nakia Burrise justru pertama kali diceritakan sebagai Zeo Ranger Pink di Power Rangers Zeo. Setelah itu Tanya kemudian menjadi Turbo Ranger Kuning pertama dari Power Rangers Turbo, sebelum memutuskan pensiun dan memberikan kekuatannya kepada Ashley Hammond. Walaupun begitu, pada akhirnya Tanya ditunjuk utnuk kembali di komik Solar Rangers sebagai Ranger Kuning yang harus melawan Morphing Master Praetor dan para Crimson Raiders-nya di dimensi Void.

Jason Lee Scott

Power Rangers alter ego terbanyak

Siapa yang masih ingat dengan Jason Lee Scott? Ranger Merah dari Mighty Morphin Power Rangers ini selalu menjadi rebutan para anak Indonesia tahun 1990-an yang pernah menonton seriesnya. Saking populernya karakter dari aktor Austin St. John ini, dalam peristiwa Go Go Power Rangers Jason sempat diceritakan menjadi Ranger Kuning serta Tyrannosaurus Ranger berwarna Hijau Merah. Menariknya setelah itu dia juga kembali sebagai Zeo Ranger Emas kedua setelah Trey of Triforia di Power Rangers Zeo. Sampai akhirnya kisah canon komik BOOM! Studios menceritakan Jason sebagai pemimpin Omega Power Rangers yang membuatnya masuk dalam kategori pemilik alter ego terbanyak.

Tommy Oliver

Terakhir, Power Rangers yang punya alter ego terbanyak bahkan dari semua yang ada di daftar ini adalah Tommy Oliver yang diperankan mendiang Jason David Frank. Debut di awal Mighty Morphin Power Rangers, Tommy diceritakan sebagai Ranger Hijau yang dicuci otaknya oleh Rita Repulsa untuk mengalahkan para Mighty Morphin, sebelum akhirnya bertobat dan menghilang. Ternyata saat kembali lagi, dia muncul dengan wajah baru sebagai Ranger Putih yang mendapatkan kekuatan tidak kalah hebat dari Zordon.

Power Rangers alter ego terbanyak

Ketika para Ranger menemukan Zeo Crystal, Tommy terpilih untuk menjadi Zeo Ranger Merah di Power Rangers Zeo. Kemudian dalam peristiwa Power Rangers Turbo, dia juga sempat menjadi Turbo Ranger Merah sebelum memberikan kekuatannya kepada T.J. Johnson. Bertahun-tahun kemudian di series Power Rangers Dino Thunder, Tommy yang lulus kuliah menemukan Dino Gems dan menjadi Dino Ranger Hitam sekaligus mentor para Dino Rangers lain. Alter egonya yang terakhir muncul di kisah alternatif Power Rangers, di mana dia digambarkan serbagai Lord Drakkon yang sangat kuat dan jahat.

Itulah lima Power Rangers dengan alter ego terbanyak dalam sejarah waralabanya. Dengan usia waralaba Power Rangers yang telah berjalan selama bertahun-tahun, tidak aneh jika para karakter populer ini mengalami beragam perubahan dan evolusi. Karena pada dasarnya mereka memang dibutuhkan untuk membagi pengalamannya kepada generasi baru. Dan yang terpenting menjaga waralabanya tetap populer dan terus dikenal oleh para penggemar yang tumbuh dewasa bersama Power Rangers favoritnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.