Para juara dari gelar WWE ini ternyata memiliki catatan buruk dalam karirnya yang membuat mereka menjadi juara WWE paling buruk. Selama bertahun-tahun WWE atau World Wrestling Entertainment sudah menyuguhkan banyak sekali pertandingan yang menarik. Dan mereka juga memiliki berbagai titel kejuaraan, mulai dari WWE Champion sampai Money in the Bank Champion.

WWE sengaja menghadirkan banyak sekali titel dalam industri mereka, karena pada dasarnya mereka adalah perusahaan yang menjual hiburan melalui gulat. Namun, sayangnya, beberapa juara WWE ini harus memiliki catatan buruk yang membuat karir mereka akhirnya hancur dan bahkan titel mereka dicabut. Hal ini membuat para pegulat tersebut dianggap sebagai Juara WWE terburuk. Siapa saja?

Sgt. Slaughther

Sergeant Slaughter atau Sgt. Slaughter merupakan juara WWF di tahun 1991. Dia menjadi juara The Ultimate Warrior dalam pertandingan Royal Rumble di tahun itu. Namun, titel tersebut pada akhirnya harus bertahan selama 64 hari. Juara WWF tersebut akhirnya harus jatuh ke tangan Hulk Hogan beberapa bulan kemudian. Ternyata, ada alasan dibalik tidak lamanya titel tersebut bertahan.

juara wwe paling burukSarge diketahui merupakan pegulat yang sempat berselisih dengan pegulat lainnya, Lacey Evans. Dia tidak senang Lacey meminjam aspek atau persona militer yang sudah melekat terlebih dahulu dengan sosoknya. Dan Lacey menggunakan persona tersebut tanpa seizin Sgt. Slaughter. Namun, kemudian para fans membongkar rahasia Slaughter di mana cerita karir militernya tersebut adalah bohong. Hal ini pun tidak pelak memunculkan kontroversi besar di kalangan fans.

Rob Van Dam

Geeks penggemar WWE tentunya sudah tidak asing dengan sosok satu ini. Karir dari Rob Van Dam sempat melejit di awal tahun 2000an. Puncaknya, di tahun 2006, dia berhasil menjadi juara WWE. Dia bahkan sempat juga memenangkan beberapa titel. Ironisnya, titel tersebut hanya bertahan selama 22 hari. Ternyata, ada alasan khusus mengapa pihak WWE mencabut titel RVD.

juara wwe paling buruk

Pada saat itu, diketahui jika Rob Van Dam ditangkap oleh pihak kepolisian karena kepemilikan obat-obatan terlarang. Menanggapi hal itu, WWE kemudian mencabut titel dari RVD dan memberikannya kepada Edge. Dan semenjak saat itu, RVD tidak pernah lagi mendapatkan titel apa pun. Terlepas dari hal itu, para fans sepertinya masih memiliki tempat tersendiri bagi RVD.

Rey Mysterio

Ada alasan khusus mengapa Rey Mysterio menjadi salah satu juara WWE terburuk. Rey pernah menjadi juara WWE di tahun 2011 dalam acara RAW. Namun, yang menyedihkan adalah juara tersebut hanya bertahan dalam beberapa jam saja. Pada tahun itu, CM Punk memutuskan untuk keluar dari WWE dan titel juara tersebut pada akhirnya jatuh ke tangan Rey Mysterio dalam sebuah pertandingan.

juara wwe paling buruk

Namun, tiba-tiba di tengah perayaan tersebut muncul John Cena yang mengklaim jika juara itu adalah miliknya setelah dia kalah dalam pertarungan melawan CM Punk secara kontroversial. Pertarungan antara Cena dan Rey pun akhirnya dilakukan dan Rey Mysterio akhirnya harus kalah dari John Cena yang membuat Rey kehilangan titel juara WWE tersebut dalam hitungan jam.

Dolph Ziggler

Dolph Ziggler merupakan juara dari titel World Heavyweight di tahun 2011. Namun, titel itu nyatanya hanya bertahan selama satu hari. Ternyata, semua yang terjadi merupakan plot yang memang sudah disiapkan oleh pihak WWE di mana proses terpilihnya Dolph sebagai juara kelas berat dan bagaimana titelnya hilang ada kaitannya juga dengan Vickie Guererro dan Edge.

Yang menarik adalah dua tahun kemudian, Dolph sempat kembali menjadi juara kelas berat dengan durasi yang lebih lama yaitu 70 hari. Namun, karir dari Dolph Ziggler sendiri diketahui sudah mulai meredup saat ini. Banyak yang berpendapat jika pihak WWE sudah tidak lagi peduli dengan sosok Dolph Ziggler.

Jack Swagger

Selain Dolph Ziggler, Jack Swagger juga pernah menjadi juara World Heavyweight. Namun, yang membuat hal ini menjadikan Jack Swagger sebagai juara WWE terseburuk adalah titel juara tersebut merupakan eksperimen yang dihadirkan oleh WWE. Jack sendiri menjadi juara dari titel tersebut di tahun 2010. Banyak yang kemudian berpendapat jika Jack Swagger tidak pantas jadi juara. Pertarungan yang dia suguhkan kurang menarik, kurangnya kemampuan komunikasi, dan beberapa hal lainnya dianggap menjadi alasan mengapa Jack Swagger kurang pantas jadi juara. Titel World Heavyweight milik Jack sendiri hanya bertahan selama 79 hari.

Jinder Mahal

Juara WWE terburuk lainnya dan juga eksperimen dari WWE lainnya yang gagal. Banyak yang menganggap Jinder Mahal adalah salah satu juara WWE yang paling buruk dalam sejarah. Bukan tanpa sebab memang alasan tersebut muncul. Dia sebenarnya bukan sosok pegulat yang populer atau memiliki value yang luar biasa. Para fans kemudian dibuat terkejut dengan pencapaian Jinder yang melejit dalam waktu cepat.

Yang paling menarik perhatian tentunya adalah bagaimana Jinder Mahal berhasil jadi juara WWE di tahun 2017. Para fans benar-benar dibuat tidak percaya akan hal tersebut. Dan yang membuat para fans banyak terheran dan bingung adalah dia mampu melindungi titelnya selama 170 hari. Tetapi, WWE akhirnya menyerah dan membuat Jinder kehilangan titelnya untuk diberikan kepada yang lain.

Bob Backlund

Bob Backlund sempat dua kali menjadi juara WWF. Bob pertama kali menjadi juara WWWF (yang kemudian berubah menjadi WWF) di akhir 1970an sampai awal 1980. Kemudian, dia harus kehilangan titelnya ke tangan Hulk Hogan. Yang membuat Bob Backlund jadi salah satu juara WWE terburuk adalah bagaimana dia berhasil memenangkan titel tersebut untuk yang kedua kalinya.

Pada tahun 1994, para fans tidak menduga jika Bob Backlund akan kembali menjadi juara tersebut. Hal ini kemudian menjadi kontroversi di kalangan fans, karena dianggap Bob Backlund kurang pantas atau kurang cocok untuk menjadi juara lagi. Pada akhirnya, juara tersebut hanya bertahan selama tiga hari sebelum jatuh ke tangan orang lain.

The Great Khali

Saat pertama kali muncul di tahun 2006, sosok The Great Khali sempat membuat para fans tercengang. Dengan tubuhnya yang tinggi besar, banyak fans yang berpikir jika Khali akan menghadirkan sebuah pertarungan atau drama yang menarik. Sayangnya, hal yang terjadi justru sebaliknya. Khali sangat jarang terlibat dalam berbagai drama yang ada karena kendala bahasa.

juara wwe paling buruk

Para fans juga kemudian dibuat terkejut ketika pada 2007 Khali menjadi juara kelas berat dunia WWE. Lagi-lagi, para fans merasa bahwa apa yang dilakukan oleh pihak WWE terlalu memaksakan. Hanya karena fisik Khali yang besar tidak membuat dia bisa menang titel tersebut. Pihak WWE sendiri pada akhirnya tidak lagi mempromosikan Khali, yang membuatnya sekarang tidak terlalu aktif bergulat.

Vince McMahon

juara wwe paling buruk

Tidak mengherankan jika Vince McMahon jadi salah satu juara WWE terburuk yang pernah ada. Para fans beranggapan jika Vince bukan sosok pegulat yang terlalu menonjol. Mereka pun beranggapan bagaimana bos WWE tersebut menjadi juara di perusahaannya sendiri dianggap kurang menarik. Yang mengejutkan adalah Vince memenangkan titel juara WWE di tahun 1999 dari Triple H dalam pertarungan di SmackDown. Tetapi, empat hari kemudian titelnya menghilang dalam pertarungan di RAW. Vince sendiri saat ini banyak menjadi sorotan karena dianggap “bertanggung jawab” atas berbagai hal yang kurang menarik di WWE era sekarang.

Menjadi juara dari salah satu titel WWE memang adalah salah satu hal yang banyak diinginkan oleh para pegulat. Namun, pada kenyataanya menjadi juara WWE tidak semudah itu apalagi ada faktor lain yang kemudian memberikan pengaruh dari hal tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.