Para fans DC ternyata harus melewatkan sebuah kesempatan besar menyaksikan Justice League Unlimited yang batal tayang di Snyderverse. DC Extended Universe memang diketahui banyak kehilangan kesempatan emas. Contohnya adalah bagaimana mereka kehilangan kesempatan untuk menghadirkan film Justice League versi Zack Snyder, sebelum akhirnya pihak WB Discovery merealisasikan hal tersebut.

Meskipun ada banyak hal yang yang muncul dari rencana besar Zack Snyder yang kemudian akan dimunculkan di DCU oleh James Gunn, namun tetap ada hal yang pada akhirnya harus terlewatkan oleh para fans. Salah satunya adalah kemunculan film Justice League Unlimited yang akhirnya batal tayang di Snyderverse. Namun, apa sebenarnya Justice League Unlimited?

Seluruh Pahlawan Bersatu Demi Bumi

Sebenarnya, Justice League Unlimited merupakan sebuah series animasi DC yang banyak menyita perhatian para fans. Justice League Unlimited merupakan sekuel dari series Justice League dan tayang sejak 2004 sampai 2006. Para anggotaa dari Justice League Unlimited tidak hanya seperti yang kita ketahui saat ini. Seriesnya banyak menghadirkan karakter pahlawan lainnya yang kemudian bergabung dengan tim tersebut.

Kurang lebih ada 60 karakter pahlawan yang muncul dalam series ini. Series Justice League Unlimited juga merupakan series animasi ke delapan sekaligus menjadi series animasi terakhir, setelah dimulai dari Batman: The Animated Series. Seriesnya sendiri menceritakan tentang tim Justice League yang saling bersatu untuk menghadapi berbagai ancaman dan kejahatan yang ada.

justice league unlimited snyderverse

Namun, mereka tidak sendirian. Seluruh pahlawan yang ada di bumi pun bersatu demi satu misi yang sama yaitu melindungi bumi. Selama dua musim berjalan, ada beberapa villain yang pernah muncul dalam ceritanya. Contohnya adalah Mongul. Dalam salah satu episode, Mongul diceritakan berhasil menyusup ke Fortress of Solitude di mana dia kemudian menanamkan tanaman mengerikan yaitu Black Mercy.

Batman dan yang lain kemudian berusaha membantu Superman dan mengalahkan Mongul. Selain Mongul, Darkseid juga pernah muncul dalam cerita di series Justice League Unlimited. Brainiac dan Lex Luthor pun pernah muncul dalam ceritanya. Series ini banyak diakui sebagai salah satu series animasi terbaik, yang mana banyak fans berharap jika DC kembali menghadirkan versi lain atau reboot dari Justice League Unlimited.

Justice League Unlimited Versi Snyderverse

Yang menarik kemudian adalah konsep dari series Justice League Unlimited rencananya akan dihadirkan dalam versi film oleh Zack Snyder dalam proyek Snyderverse yang dia bangun. Sayangnya, konsep ini pada akhirnya harus batal. Hal ini diungkapkan oleh Jay Olivia, artist storyboard di beberapa film DCEU yang juga menangani beberapa film animasi DC seperti Flashpoint Paradox.

Lalu, seperti apa film Justice League Unlimited yang batal tayang di Snyderverse? Menurut penuturan Jay, rencana awal pihak studio hendak membuat sebuah film trilogi dari karakter Flash. Trilogi Flash tersebut akan jadi bagian penting dari DCEU, karena nantinya triloginya akan melakukan crossover dengan film Flashpoint. Dan di film The Flash tersebut rencananya mereka akan menghadirkan sosok villain klasik yaitu Eobard Thawne alias Reverse-Flash.

Dalam ceritanya kemudian terungkap jika Reverse-Flash yang bertanggung jawab terhadap semua kejadian mengerikan dan berbagai hal kejahatan yang terjadi di DCEU. Hal ini yang kemudian menjadi pemicu dari film Justice League Unlimited versi Zack Snyder. Dalam hal ini, film Justice League Unlimited yang rencananya akan dihadirkan tersebut akan juga mengadaptasi cerita Flashpoint Paradox.

Dalam ceritanya, semua karakter pahlawan atau seluruh anggota dari Justice League – serta pahlawan lainnya – tidak lagi saling mengenal satu sama lain. Mereka justru saling serang dan saling berusaha untuk menghabisi. Cara ini kemudian akan menjadi jalan masuk bagi pihak studio untuk melakukan reboot setelah rencana panjang selama 10 tahun. Dan ini juga memberikan kesempatan bagi para aktornya untuk melakukan proyek lain.

justice league unlimited snyderverse

Jay juga mengungkapkan jika rencana dari film Justice League Unlimited tersebut bisa memberikan Warner Bros. Discovery kesempatan untuk menghadirkan versi live action dari momen epik pertempuran antara bangsa Atlantis yang dipimpin oleh Aquaman menghadapi bangsa Amazon yang dipimpin oleh Wonder Woman. Hal ini tentunya akan menjadi sebuah fan-service yang sangat luar biasa.

Banyak pihak yang kemudian menyayangkan berbagai rencana besar dari DCEU yang dibangun oleh Zack Snyder pada akhirnya harus batal, seperti proyek film Justice League Unlimited tersebut. Padahal, banyak yang kemudian meyakini jika semua rencana tersebut berjalan sesuai rencana DCEU akan mampu bersaing – bahkan menjadi lebih besar – dengan Marvel Cinematic Universe. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.