Diadaptasi dari waralaba tokusatsu Jepang yang berjudul Super Sentai, saat ini Power Rangers telah menjadi salah satu ikon pop culture dunia yang tak tergantikan. Di mana keunggulan dari waralabanya sendiri bisa kita rasakan dari rangkaian adegan yang penuh aksi, serta tentu saja penampilan para Ranger-nya. Nah seperti yang kita tahu, dari sekian banyak Power Rangers yang telah diperkenalkan, ada beberapa di antaranya yang menjadi favorit penggemar karena mengenakan armor keren sekaligus sangar. Berikut ini tujuh Power Rangers dengan armor paling epik dan menarik sepanjang sejarah!

Gold Zeo Ranger

Armor Power Rangers

Sesuai dengan namanya Gold Zeo Ranger adalah salah satu Ranger berarmor emas yang debut di series Power Rangers Zeo (1996). Alter egonya pertama kali dipegang oleh kembar tiga Trey of Triforia, kemudian Jason, sampai akhirnya jatuh ke tangan Orion. Meskipun kostum para Zeo Rangers lainnya biasa saja, tetapi kehadiran Gold Zeo ini berhasil membuat penampilan mereka semua terasa lebih meriah. Hal tersebut bisa terjadi karena di luar kostum dasarnya yang berwarna hitam, Gold Zeo punya armor emas di bagian dada, lengan, serta kaki yang membuatnya terlihat lebih futuristik sekaligus legendaris jika dibandingkan dengan Power Rangers lainnya.

Magna Defender

Pertama kali diceritakan di series Power Rangers Lost Galaxy (1999), Magna Defender awalnya digambarkan seorang anti hero sekaligus lone wolf yang telah hidup selama 3.000 tahun. Setelah bertemu dengan para Galaxy Rangers yang punya tujuan sama dengannya, Magna akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan tim dan dianggap sebagai Ranger keenam. Meskipun muncul belakangan, tetapi banyak penggemar yang langsung menjadikan Magna sebagai Ranger favorit mereka. Pasalnya dia punya armor berwarna hitam mengkilap, lengkap dengan helm bertanduk, jubah superhero, dan pedang energi, yang membuatnya lebih menonjol dari Power Rangers lain.

Nova Ranger

Dalam series Power Rangers SPD (2005), Nova diceritakan sebagai Ranger yang datang dari masa depan tepatnya tahun 2040, sama seperti Sam alias Omega Ranger. Pada pertarungan final SPD Rangers melawan Pasukan Troobian, Omega yang mengalami kesulitan terpaksa menggunakan Time Portal untuk memanggil Nova. Menariknya kemunculan singkat Nova ini ternyata langsung menarik perhatian banyak penggemar. Selain karena dia adalah Ranger wanita, tidak sedikit juga yang suka dengan helm serta armor futuristik Nova yang mencerminkan pengalamannya sebagai seorang Power Rangers tangguh dari masa depan.

Shadow Ranger

Armor Power Rangers

Satu lagi anggota Power Rangers SPD yang diperlihatkan mempunyai armor futuristik seperti Nova adalah Anubis Cruger alias Shadow Ranger. Awalnya Anubis sendiri hanya digambarkan sebagai seorang komandan sekaligus mentor SPD Rangers. Namun ketika General Benaag muncul dan dianggap terlalu kuat bagi para anggota SPD Rangers, dia terpaksa kembali mengenakan armornya sebagai Shadow Ranger. Pada titik inilah popularitas karakternya langsung meroket. Karena selain punya helm yang membentuk telinga anubisnya, armor yang dia kenakan juga punya kombinasi warna yang sangat menarik dengan angka ‘100’ di bagian dada yang mencerminkan kekuatannya.

Phantom Ranger

Armor Power Rangers

Satu lagi Power Rangers tambahan yang berhasil mencuri perhatian penggemar karena armor miliknya adalah Phantom Ranger yang debut di series Power Rangers Turbo (1997). Sebagai Ranger misterius dari Planet Eltar, misi utama Phantom adalah membantu para Turbo Rangers dalam menghadapi ancaman Divatox. Alih-alih punya kostum standar seperti para Turbo Rangers, Phantom justru tampil nyentrik dengan bagian kepala yang lebih mirip seperti helm full face. Menariknya ternyata ketika masih berada di tempat asalnya seluruh kostum Phantom awalnya berwarna putih. Namun ketika sahabatnya dibantai, rasa bersalah akhirnya membuat armor Phantom berubah menjadi warna hitam.

Tommy’ Ranger

Armor Power Rangers

Tommy Oliver adalah alter ego dari Power Rangers yang pertama kali diperlihatkan mengenakan armor sangar dalam waralabanya. Tepatnya saat dia debut sebagai White Ranger jahat di series Mighty Morphin Power Rangers (1990). Ketika dia akhirnya diceritakan mati setelah sempat bertobat, Tommy kembali muncul sebagai Green Ranger yang sama-sama mengenakan armor emas pada bagian dadanya. Sejak saat itulah para penggemar menganggap Ranger yang mengenakan armor adalah Ranger paling kuat dari generasinya. Faktanya tidak jarang juga para Ranger beramor ini punya Zord tersendiri yang bisa menjadi tambahan kekuatan menakjubkan bagi para Power Rangers.

White Dino Ranger

Armor Power Rangers

Trent Fernandez-Mercer alias White Dino Ranger adalah karakter dengan armor sangar selanjutnya yang pertama kali muncul di series Power Rangers Dino Thunder (2004). Berbeda dengan Dino Rangers lainnya yang hanya mengenakan kostum biasa, White Dino dilengkapi dengan pelindung bahu yang punya corak selaras dengan kostum dasarnya. Yang membuat penampilannya makin menarik adalah bagian visornya yang berwarna merah. Semua elemen dari armornya inilah yang membuatnya layak untuk menjadi karakter favorit penggemar dari era Dino Thunder.

Itulah tujuh Power Rangers dengan armor tersangar yang penampilannya sangat berbeda daripada yang lain. Dengan melihat penampilan mereka yang unik sekaligus menonjol ini bisa dibilang armor dari para Ranger di atas secara tidak langsung mencerminkan simbol kekuatan, semangat, dan dedikasi Power Rangers dalam melawan kejahatan. Di sisi lain sederhananya, eksistensi mereka juga telah membuat series masing-masing lebih dikenal karena punya karakter beramor yang sangat menarik untuk dilihat.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.