DC Comics memiliki kelompok Justice League lainnya yang anggotanya berasal dari multiverse DC yaitu Justice League Incarnate. Namun, siapa sebenarnya mereka? Apa tujuan terbentuknya kelompok tersebut? Universe di DC Comics tidak pernah kehabisan kelompok pahlawan yang bisa diperkenalkan kepada para fans. Selalu ada kelompok pahlawan baru yang muncul dalam ceritanya.

Salah satunya adalah Justice League, kelompok pahlawan yang paling besasr dan paling dihormati oleh para penduduk di universe DC. Diketahui mereka memiliki beberapa versi sejak era Golden Age hingga sekarang, mulai dari yang jahat sampai yang baik. Namun, Justice League juga memiliki versi lain yang berasal dari multiverse DC yaitu Justice League Incarnate.

Siapa Justice League Incarnate

Justice League Incarnate merupakan sebuah miniseri terbatas dengan hanya berjumlah lima volume. Komiknya ditulis oleh Joshua Williamson dan Dennis Culver. Komik tersebut rilis pada November 2021 sebagai bagian dari DC Infinite Frontier. Komiknya ini menjadi kelanjutan dari cerita Infinite Frontier dan menjadi bagian kedua dari Infinite Frontier Saga.

Pasca peristiwa Infinite Frontier, Justice Incarnate kemudian diganti namanya menjadi Justice League Incarnate. Yang menarik adalah Justice League Incarnate sendiri berbeda dari Justice League yang kita kenal. Justice League Incarnate berisi para karakter yang berasal dari seluruh multiverse DC. Misalnya, karena absennya Barry Allen, mereka pun memasukan Flash yang berasal dari Earth-0 yaitu Avery Ho.

justice league incarnate dc

Mereka juga memiliki satu sosok karakter superhero baru, yaitu Doctor Multiverse alias Dr. Maya Chamara, di mana kekuatannya adalah mampu menghubungkan dirinya dengan Omniverse. Selain beberapa nama tersebut, sebagian dari anggota Justice League Incarnate juga merupakan karakter yang familiar – meskipun tetap berasal dari multiverse DC. Contohnya:

  • Batman (Thomas Wayne) – Flashpoint Timeline
  • Captain Carrot (Rodney Rabbit) – Earth-26
  • Dino-Cop – Earth-41
  • Mary Marvel (Mary Batson) – Earth-5
  • President Superman (Calvin Ellis) – Earth-23
  • Thunderer – Earth-7
  • Aquawoman (Ariel Curry) – Earth-11
  • Machinehead – Earth-8

Meskipun hanya muncul secara singkat, namun bisa dibilang Justice League Incarnate ini berhasil menghadirkan keunikan yang tidak pernah dihadirkan sebelumnya dalam kelompok Justice League. Sebenarnya, Justice Incarnate sendiri muncul untuk pertama kalinya dalam komik The Multiversity #2 sebelum kemudian dalam komik Justice League Incarnate nama kelompoknya berubah. Justice League Incarnate sendiri memiliki tujuan untuk melindungi multiverse DC dari berbagai ancaman kosmik yang ada.

Kelompok Justice League yang Tidak Bertahan Lama

Dalam alur cerita Justice League Incarnate, para pahlawan tersebut bekerja sama untuk kemudian menghadapi satu musuh utama yaitu Darkseid. Menurut ceritanya, Darkseid memiliki rencana besar untuk menguasai multiverse DC. Para pahlawan dari Prime Earth sendiri tidak mampu untuk menghadapi Darkseid, karena mereka pun sedang menghadapi ancaman yang tidak kalah besar.

Inilah yang kemudian membuat Justice League Incarnate akhirnya turun tangan untuk menghadapi Darkseid. Petualangan para pahlawan multiverse untuk menghentikan Darkseid menguasai multiverse DC tersebut benar-benar sangat dramatis dan juga epik. Dan dari ceritanya ini juga diperlihatkan jika kombinasi para pahlawan dari berbagi multiverse bukanlah sebuah ide yang buruk.

Meskipun berasal dari universe yang berbeda, yang mungkin memiliki kebiasaan yang berbeda juga, para pahlawan tersebut nampak bisa bekerja sama dengan baik. Dan di sisi lain, alur cerita Justice League Incarnate ini pun menghadirkan elemen yang unik baik dari segi ceritanya atau pun dari segi para karakter yang muncul dalam ceritanya. Sayangnya, nasib dari tim ini harus hancur di tangan Pariah.

justice league incarnate dc

Dalam alur cerita Dark Crisis on Infinite Earths, semua versi tim Justice League dikumpulkan untuk menghadapi sosok Pariah dan pasukan Dark Army. Dark Crisis sendiri merupakan puncak cerita dari Infinite Frontier dan Justice League Incarnate. Dalam cerita Justice league #75 yang ditulis oleh Josh Williamson diperlihatkan bahwa seluruh Justice League akhirnya harus tewas, termasuk Justice League Incarnate.

Namun, yang ironisnya adalah dalam cerita kekalahan dan kehancuran Justice League tersebut kehancuran dari Justice League Incarnate sendiri malah terlupakan. Alur ceritanya justru berfokus pada para karakter Justice League lainnya, yang mana hal ini pun memunculkan tanda tanya besar di kalangan fans. Apakah DC Comics akan kembali menghadirkan Justice League Incarnate? Apakah mereka akan diketahui nasibnya? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.