Di dunia superhero DC, Kryptonite dikenal sebagai sebuah mineral atau batuan ikonis dari planet Krypton yang sangat erat hubungannya dengan Superman. Biasanya, Kryptonite sendiri dianggap sebagai salah satu kelemahan fatal sang Man of Steel yang dapat membuatnya merasa kesakitan khususnya Green Kryptonite. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, DC mulai memperkenalkan lebih banyak lagi jenis Kryptonite dengan efek yang lebih beragam. Nah tahukah kalian Geeks, bahwa sebenarnya ada lima Kryptonite yang malah memberikan kekuatan super kepada penggunanya. Mari kita bahas!

Platinum Kryptonite

kryptonite kekuatan super

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2018 melalui komik Batman Secret Files, Platinum Kryptonite adalah jenis mineral yang sebenarnya tidak memberikan efek apa pun kepada para Kryptonian. Menariknya, efek dari Kryptonite berwarna biru menyala ini justru dapat dirasakan oleh manusia biasa. Ketika seorang manusia seperti Bruce Wayne alias Batman terpapar energi Platinum Kryptonite maka dia akan mendapatkan kekuatan super layaknya Superman. Termasuk kekuatan fisik super, heat vision, x-ray vision, napas es, dan lain sebagainya secara permanen, termasuk kelemahan baru terhadap Green Kryptonite.

Jewel Kryptonite

kryptonite kekuatan super

Sesuai dengan namanya, Jewel Kryptonite adalah jenis mineral asal planet Krypton yang punya ciri-ciri mirip batuan permata di Bumi. Pertama kali diperkenalkan dalam kisah ‘The Secret of Kryptonite Six’ pada tahun 1960-an, Jewel Kryptonite diceritakan dapat memberikan kekuatan super baru yang berhubungan dengan psikis kepada para Kryptonian, termasuk telepati, telekinesis, meramal masa depan, dan teleportasi. Jewel Kryptonite versi series Smallville bahkan bisa dimanfaatkan oleh Superman untuk mengendalikan pikiran dan menyuruh orang lain melakukan apa pun yang disuruhnya.

X-Kryptonite

Hanya eksis di semesta Earth-One, X-Kryptonite adalah mineral Krypton selanjutnya yang terbukti dapat memberikan kekuatan super kepada penggunanya. Bedanya, efek dari Kryptonite yang diciptakan secara tidak sengaja oleh Supergirl ini hanya bersifat sementara dan berpengaruh kepada orang atau hewan tertentu saja. Misalnya kucing Supergirl yang bernama Streaky the Supercat dan seorang wanita bernama Ellen Leeds yang mendapatkan seluruh kekuatan Kryptonian, termasuk terbang dan heat vision. Saat efeknya habis maka seluruh kekuatan supernya juga ikut menghilang dari penggunanya.

Orange Kryptonite

kryptonite kekuatan super

Orange Kryptonite adalah versi pembaruan dari X-Kryptonite yang hanya memberikan kekuatan super kepada hewan saja. Khususnya yang diceritakan di film animasi DC League of Super-Pets pada tahun 2022 lalu. Kekuatan super yang dihasilkan Orange Kryptonite juga terbilang beragam, di mana Ace the Bat-Hound mendapatkan kekuatan fisik super, Chip bisa mengeluarkan listrik dari tubuhnya, Merton bisa berlari dengan sangat cepat, dan PB the Wonder-Pig bisa memanipulasi ukuran tubuhnya. Begitu juga dengan kelinci jahat Lex Luthor bernama Lulu yang akhirnya mendapatkan kemampuan telekinesis luar biasa.

Amber Kryptonite

kryptonite kekuatan super

Amber Kryptonite adalah jenis mineral Krypton terakhir yang terbilang sangat langka dan mungkin hanya eksis di salah satu semesta Last 52. Itu pun Amber Kryptonite hanya diceritakan sekilas, di mana Lois Lane versi jahat menggunakan Kryptonite langka ini untuk mendapatkan semua kekuatan Kryptonian dan menggunakannya untuk membunuh Superman. Yang lebih parahnya lagi, dia lantas membagikan pecahan Amber Kryptonire kepada orang-orang yang membenci metahuman, sehingga mereka bisa membantai para superhero dan supervillain di semestanya.

Itulah lima Kryptonite yang malah memberikan kekuatan super kepada penggunanya alih-alih melemahkan seperti mineral Krypton lainnya. Kelima Kryptonite ini membuktikan bahwa dari belasan bahkan mungkin puluhan mineral Krypton yang tersebar di multiverse DC untuk melemahkan Superman, ternyata ada juga yang justru memberikan keunggulan tertentu. Walaupun sebagian besarnya tidak berefek kepada para Kryptonian, tetapi semua Kryptonite ini berhasil menciptakan banyak manusia super bahkan hewan super baru yang membuat DC Universe lebih meriah.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.