Kelompok pahlawan Justice League dari DC Comics pernah melakukan beberapa crossover paling memorable di mana mereka melakukan kolaborasi dengan franchise lain. Justice League merupakan kelompok pahlawan terbesar dan paling dihormati di DC universe. Justice League berisi berbagai pahlawan luar biasa seperti Wonder Woman, Batman, Superman, The Flash, dan masih banyak lainnya.

Justice League sudah sering berkolaborasi atau melakukan kerja sama dengan para pahlawan atau kelompok pahlawan lainnya untuk menghadapi berbagai ancaman yang ada. Namun, selain dengan para pahlawan dari DC Comics lainnya Justice League ternyata pernah melakukan crossovers dengan franchise lain yang menghadirkan momen paling memorable. Lalu, siapa saja pihak yang pernah melakukan crossover dengan dengan Justice League?

Justice League – The 99

Mungkin tidak banyak Geeks yang familiar dengan komik The 99 yang dipublikasikan oleh Teshkeel Comics yang berasal dari Kuwait. The 99 merupakan komik karya Naif Al-Muttawa yang berfokus pada sebuah tim superhero yang beranggotakan 99 orang. Yang unik adalah 99 superhero tersebut terinspirasi dari 99 nama baik Allah SWT atau yang biasa dikenal sebagai Asmaul Husna.

Crossover paling memorable antara Justice League dan The 99 terjadi dalam mini seri JLA/The 99 yang berjumlah enam judul. Komik yang rilis pada 2010 ini mengisahkan tentang kerja sama villain utama The 99, Rhugal, dan juga Starro the Conqueror yang memaksa The 99 dan Justice League menjalin kerja sama untuk menyelamatkan dunia. Dan yang tidak kalah menarik adalah cerita ini pun menjadi medium untuk memperkenalkan anggota baru The 99.

Justice League – Planetary

Planetary merupakan sebuah seri komik karya Warren Ellis dan John Cassaday yang berfokus pada sebuaah tim yang melakukan penelitian tentang berbagai fenomena aneh demi dunia yang lebih baik. Namun, dalam komik crossover Planetary/JLA: Terra Occulta tim tersebut diperlihatkan mendapat sebuah twist yang kelam dan mereka juga menggunakan berbagai kekuatan super dan hal lainnya untuk mengambil alih dunia secara paksa.

Hal itu pun membuat Planetary akhirnya harus berurusan dengan tim Justice League of America, yang mana sebelumnya Planetary pun sudah berhasil menghabisi nyawa sebagian anggota Justice League. Komik ini menghadirkan sesuatu yang unik dan berani di mana para pembaca diperlihatkan sisi gelap para pahlawan Justice League dalam upaya menghadapi berbagai musuh mereka.

Justice League – Masters of the Universe

Universe dalam cerita populer Injustice merupakan salah satu universe yang paling mengerikan dalam Multiverse DC Comics. Namun, universe tersebut pernah menjadi setting cerita dari crossover epik antara Justice League dan Masters of the Universe di tahun 2018. Dalam cerita Injustice vs. Masters of the Universe, kita diperlihatkan berbagai karakter dari universe tersebut bertarung menghadapi para pahlawan dari Eternia.

Dengan setting waktu pasca alternate ending dalam cerita Injustice 2, para pahlawan DC diperlihatkan pergi ke Eternia untuk meminta bantuan He-Man dan para sekutunya untuk mengakhiri rezim Superman yang jahat dan mengerikan. Injustice vs. Masters of the Universe benar-benar menghadirkan drama yang intens, pertarungan dahsyat dan epik, dan hal menarik lainnya.

Justice League of America – Pahlawan Dakotaverse

Icon, Rocket, Hadware, dan Static merupakan beberapa nama superhero yang ada di Dakotaverse, sebuah universe yang muncul dalam komik produksi rumah percetakan The Milestone. Rumah percetakan ini sebenarnya masih berada di bawah naungan dari DC Comics, sehingga melakukan berbagai crossover dari para pahlawan kedua franchise ini bukan hal yang mustahil.

Crossover epik dari para pahlawan kedua franchise ini terjadi dalam cerita When World Collide. Dalam ceritanya, pasca kematian dari Darkseid di cerita Final Crisis menyebab ruang dan waktu pun menjadi hancur. Hal itu membuat makhluk kosmik dari Dakotaverse, Dharma, memutuskan untuk menyatukan Dakotaverse dengan DC universe demi menyelamatkan semuanya. Hal ini pun memberikan kesempatan bagi para pahlawan dari The Milestone rumah baru sekaligus menjadi momen kolaborasi para pahlawan dari kedua franchise.

Justice League of America – Predator

Geeks tentunya sudah tidak asing dengan makhluk asing dari planet lain yang gemar berburu spesies lainnya, Yautja, yang berasal dari franchise Predator. Dan franchise Predator sendiri sudah beberapa kali melakukan crossover dengan beberapa karakter DC seperti Superman dan juga Batman – bahkan Batman tiga kali diceritakan bertarung menghadapi para Yautja.

crossover justice league

Namun, dalam komik JLA vs. Predator diperlihatkan bahwa seluruh anggota Justice League bertarung menghadapi makhluk mengerikan tersebut. Komik ini memperkenalkan Yautja jenis baru yaitu ‘Meta-Predators,’ yang merupakan versi lebih mengerikan dari para Yautja sebelumnya. Pasalnya, Yautja versi ini dibuat berdasarkan semua anggota Justice League. Banyak tanggapan positif dari para fans terkait dengan crossover ini.

Justice League – Mighty Morphin Power Rangers

Banyak para fans, terutama para fans dari era 90an, yang bermimpi untuk bisa melihat crossover epik dari pahlawan favorit mereka dengan pahlawan dari masa kecil mereka yaitu Mighty Morphin Power Rangers. Dan hal ini pun terwujud di tahun 2017 dalam cerita Justice League/Mighty Morphin Power Rangers. Setelah Lord Zedd menyerang markas dari para Rangers sesuatu yang aneh kemudian terjadi.

crossover justice league

Mereka kemudian justru terlempar ke DC Universe. Para Rangers pun kemudian melakukan kerja sama dengan tim Justice League dan Lord Zedd pun bekerja sama dengan villain Brainiac. Kedua villain ini berhasil untuk mengendalikan pikiran dari Zords para Rangers. Kolaborasi kedua franchise ini benar-benar memenuhi ekspektasi para fans, bahkan ini bisa jadi sebuah cerita yang diangkat ke layar lebar.

Justice League – Pahlawan Marvel

Perdebatan tentang siapa pahlawan yang paling kuat dalam sebuah pertarungan DC dan Marvel menjadi salah satu perdebatan yang paling besar dan paling lama dalam sejarah. Para fans memiliki argumen mereka masing-masing tentang siapa yang jauh lebih kuat. Namun, perdebatan itu akhirny terjawab dalam crossover DC vs. Marvel/Marvel vs. DC.

crossover justice league

Crossover ini terjadi pada 1996 dan memperlihatkan pertarungan epik dari para karakter terkuat dari dua franchise tersebut. Dalam cerita ini, para fans bisa melihat siapa yang menang saat berhadapan dengan siapa yang menjawab rasa penasaran dari para fans. Selain menjawab pertanyaan besar para fans, komik crossover ini juga menjadi jembatan bagi crossover Marvel dan DC lainnya.

Amalgam Comics

Crossover DC dan Marvel selanjutnya adalah Amalgam Comics. Ini merupakan komik yang muncul pasca miniseri DC vs. Marvel/Marvel vs. DC. Dalam ceritanya diperlihatkan bagaimana untuk menghadapi the Brothers, dua makhluk kosmik yang jadi perwujudan DC dan Marvel, Living Tribunal dan The Spectre melakukan hal yang luar biasa yaitu menyatukan dua dunia tersebut.

crossover justice league

Bergabungnya universe DC dan Marvel menghasilkan sebuah universe yang bernama Amalgam. Dan dalam universe ini, diperlihatkan bagaimana para karakter yang ada di universe tersebut merupakan gabungan dari para superhero dan villain dari kedua franchise. Contohnya Super-Soldier, yang merupakan gabungan Superman dan Captain America. Speed Demon merupakan Ghost Rider dan The Flash dan masih banyak lainnya. Ada sekitar 24 cerita one-shot yang menjadi bagian dari Amalgam Comics ini. Sayangnya, the Brothers kemudian diperlihatkan berpisah dan universe Amalgam pun belum pernah lagi muncul.

Justice League – Avengers

Baik Avengers atau pun Justice League merupakan kelompok pahlawan utama dan terbesar di universe mereka masing-masing. Dan kedua kelompok pahlawan ini pun pernah melakukan crossover dalam komik JLA/Avengers atau Avengers/JLA. Pertemuan dari dua villain DC dan Marvel, Krona dan Grandmaster, membuat kedua universe berada dalam bahaya kehancuran.

crossover justice league

Efeknya, Justice League dan Avengers akhirnya memutuskan untuk bekerja sama demi menghentikan kehancuran tersebut. Memang, sempat ada juga pertarungan diantara kedua kelompok pahlawan ini sebelum mereka memutuskan untuk bekerja sama. Ada beberapa momen epik yang terjadi di komik ini seperti ketika Superman mampu untuk menggunakan Mjolnir.

Justice League – Godzilla vs. Kong

Ini merupakan crossover paling memorable terbaru dari Justice League, di mana para pahlawan DC diperlihatkan bertarung menghadari dua monster Kaiju paling legendaris. Judul komik crossover ini sendiri adalah Justice League vs. Godzilla vs. Kong. Menurut sinopsisnya, ceritanya sendiri berawal ketika para Justice League bertarung menghadapi Legion of Doom sampai kemudian momen tidak terduga muncul.

crossover justice league

MonsterVerse dan universe DC akhirnya bersatu yang mana hal tersebut membuat Godzilla dan Kong muncul dan menghasilkan kekacauaan besar di kota Metropolis. Yang menarik adalah Godzilla dan Kong yang justru jadi “villain” dalam cerita ini. Para Justice League pun berusaha untuk menghentikan hal tersebut. Komiknya sendiri akan berjumlah tujuh volume dan akan rilis perdana pada 17 Oktober 2023 mendatang.

Justice League dari DC Universe ternyata sudah mengalami banyak momen crossover paling memorable di sepanjang kemunculannya dan di atas adalah beberapa contoh dari hal tersebut. Berbagai komik crossover ini memberikan warna dan keunikan tersendiri bagi cerita utama yang sudah ada. Dan ini juga tentunya menjadi cara untuk menarik minat dari kedua franchise.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.