DC Universe adalah dunia komik superhero yang sangat luas, di mana lingkupnya bukan hanya sekitar Bumi saja, tetapi juga seluruh alam semesta yang memiliki kehidupan sangat beragam. Namun tahukah kalian selain para superhero yang lebih sering dikaitkan dengan Bumi, seperti Superman, Green Lantern, dan Martian Manhunter, DC juga sebenarnya memiliki sejumlah superhero kosmik lain yang tidak kalah menarik. Nah kali ini kita akan membahas tujuh superhero terkuat yang selain memiliki kemampuan kosmik, mereka juga lebih sering melakukan petualangannya di kosmik atau luar angkasa DC Universe.

Ahl

superhero kosmik dc

Berasal dari dimensi surgawi yang disebut Final Heaven, Ahl adalah satu satu superhero kosmik terkuat yang dijuluki sebagai ‘Dewanya para Superhero DC’. Kemunculan Ahl bermula ketika dia iseng pergi dari Final Heaven menuju satu titik menarik di Bumi. Saking dihormatinya Ahl, lokasi tempat dia mendarat lantas dijadikan markas baru Justice League yang disebut Mount Justice. Pada kemunculan singkatnya Ahl sendiri mengklaim bahwa dirinya adalah simbol harapan dan kemahakuasaan alam semesta yang memiliki banyak kemampuan super, mulai dari perjalanan ruang dan waktu sampai keabadian.

Captain Comet

superhero kosmik dc

Captain Comet adalah superhero kosmik terkuat yang sering bertindak layaknya seorang pelindung galaksi serta planet-planet lemah di DC Universe. Karakter bernama asli Adam Blake ini adalah superhero luar angkasa yang sering dianggap sebagai ‘Pria dari Masa Depan’ di mana pun dia berada. Alasannya karena dia memiliki sejumlah kekuatan super yang konon hanya dimiliki oleh para manusia super seratus ribu tahun kemudian. Di mana deretan kemampuannya terdiri dari kecerdasan super, telepati, mind control, teleportasi, dan kekuatan super lain yang membuatnya seakan lebih superior dari Superman.

Infinity-Man

superhero kosmik dc

Tidak ada yang tahu secara pasti siapa sebenarnya pemilik asli identitas Infinity-Man di DC Universe. Faktanya dia adalah makhluk abstrak yang lahir dari The Source alias dinding pemisah multiverse DC. Ketika setengah jiwa dari pemimpin New Genesis yang bernama Highfather menjadi Infinity-Man, dia terbukti mampu melawan dua Green Lantern dan satu Red Lantern sekaligus. Meskipun sering diduga sebagai seorang New Gods tetapi kekuatan supernya jauh lebih beragam dari mereka, termasuk keabadian, fisik dan daya tahan tubuh super, terbang, telekinesis, menyusut dan membesar, serta menyatu dengan makhluk lain.

Superjudge

superhero kosmik dc

Terhubung dengan bangsa alien yang menamai diri mereka Monitor, Nix Uotan alias Superjudge adalah salah satu superhero kosmik terkuat DC yang telah berkali-kali berhasil menyelamatkan multiverse. Misalnya ketika dia terbukti mampu mengumpulkan para superhero multiverse, termasuk Superman dan Green Lantern Corps, untuk mengalahkan ayahnya Mandrakk. Sejak saat itu, dengan kekuatan supernya yang terbentang dari kemampuan terbang, berpindah-pindah dimensi, sampai mengubah realitas di sekitarnya, Superjudge memutuskan untuk melindungi multiverse dari segala macam ancamannya.

The Spectre

superhero kosmik dc

Dalam sejarah DC, Jim Corrigan alias The Spectre dikenal sebagai salah satu superhero kosmik sekaligus anggota Justice League terkuat yang bahkan lebih superior dari karakter sekelas Superman dan Doctor Fate. Hal tersebut bisa terjadi karena sejatinya dia adalah entitas kosmik yang menggambarkan pembalasan dendam di alam semesta. Dengan sejumlah kekuatannya yang luar biasa dan beragam, seperti menguasai banyak ilmu sihir, mengubah realitas, dan kemahakuasaan, The Spectre mengabdikan seluruh hidupnya untuk membasmi kejahatan yang memang tidak bisa diatasi oleh para superhero lain.

Multi-Alien

Tidak banyak penggemar DC yang tahu siapa sebenarnya Multi-Alien. Sesuai dengan identitas dan penampilannya, Multi-Alien yang punya nama asli Ace Arn atau Ultra ini adalah superhero kosmik terkuat yang memiliki semua keunggulan dari empat bangsa alien di DC Universe. Adapun kekuatan alien yang dia miliki di antaranya adalah kekuatan fisik super, terbang, kekuatan magnet, serta mampu memanipulasi energi listrik. Jika semua kekuatan tersebut dikombinasikan, Multi-Alien mampu mengeluarkan banyak sekali jenis serangan mematikan. Hal itulah yang membuatnya sangat sulit untuk dikalahkan.

Waverider

Terakhir, superhero terkuat yang sering melakukan petualangannya di dunia kosmik DC adalah Waverider. Awalnya karakter bernama asli Matthew Ryder ini adalah seorang ilmuwan yang eksis pada tahun 2030-an. Namun ketika dunianya dikuasai oleh monster bernama Monarch yang berhasil membunuh semua superhero DC, dia memutuskan untuk melakukan perjalanan waktu ke masa lalu demi memperingatkan superhero lain. Dalam prosesnya dia malah bersatu dengan timestream dan akhirnya menjadi superhero kosmik yang mampu melakukan perjalanan lintas waktu serta memanipulasi waktu di sekitarnya.

Itulah tujuh superhero kosmik terkuat di DC Universe. Dengan kekuatan dan kemampuannya yang luar biasa, para superhero kosmik ini telah berhasil membuktikan bahwa mereka layak untuk disebut sebagai pelindung DC Universe yang sesungguhnya. Karena mereka tidak hanya fokus melindungi satu planet atau galaksi saja, melainkan seluruh alam semesta yang biasanya tidak menjadi perhatian utama bagi para superhero Bumi seperti Justice League. Walaupun begitu mereka tetap berusaha untuk terus selaras dengan nilai-nilai superhero yang terkandung di dunia superhero DC.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.