Buntut dari berbagai protes dan aksi demonstrasi yang ada saat ini membuat beberapa proses produksi film akhirnya berhenti. Tahun 2023 memang menjadi sebuah tahun yang baru bagi industri perfilman Hollywood setelah beberapa tahun belakangan mereka tidak bisa berbuat banyak akibat pandemi global COVID-19. Banyak proses produksi dan perilisan film yang akhirnya harus dihentikan sementara dan dirubah jadwalnya akibat hal ini.

Di tahun 2023 industri perfilman kembali mulai menggeliat yang terbukti dengan perilisan berbagai judul film yang sangat epik sejak awal tahun. Namun, di pertengahan tahun ini ada peristiwa yang kemudian membuat industri perfilman kembali harus terhenti. Sejak beberapa bulan terakhir para penulis film dan televisi memutuskan untuk mogok kerja dan melakukan demonstrasi. Para penulis menuntut peningkatan dalam hal pembayaran dan mereka juga memiliki beberapa tuntutan lainnya.

Efek dari mogok kerja para penulis tersebut membuat proses produksi sempat terhambat, di mana banyak proyek film akhirnya harus melakukan improvisasi di tengah hal tersebut. Sebagian bahkan memutuskan untuk menunda proses produksi. Sekarang, selain para penulis, para aktor pun ikut melakukan demonstrasi ini demi mendukung rekan-rekan penulis. Hal ini pun tentunya menjadi hambatan besar bagi banyak proyek film yang sedang melakukan proses produksi.

produksi film berhenti

Diketahui ada kurang lebih enam judul film yang proses produksinya berhenti akibat adanya mogok kerja dari para aktor dan penulis. Mereka adalah Beetlejuice 2, Mortal Kombat 2, Gladiator 2, Mission: Impossible 8, Venom 3, dan yang paling baru adalah Deapool 3. Menurut laporan dari BBC, ini merupakan pemogokan kerja paling parah yang dilakukan oleh para penulis film dan televisi dalam enam dekade terakhir.

Dalam laporan tersebut tercatat ada sekitar 11.500 orang dari Writers Guild of America yang melakukan protes sejak Mei kemarin. Dan kurang lebih ada 160.000 aktor dan aktris yang memutuskan untuk berhenti bekerja mengikuti langkah para penulis tersebut terhitung sejak tengah malam kemarin. Berbagai acara seperi pergelaran red carpet, ajang Emmy Awards, bahkan Comic-Con pun saat ini harus ditunda dan melakukan penjadwalan ulang.

Sampai sejauh ini, belum diketahui sampai kapan protes dan demonstrasi tersebut akan berlangsung. Dan sampai sekarang pun belum ada tanggapan dari berbagai rumah produksi terkait dengan demonstrasi besar-besaran ini. Yang jelas, berbagai proses produksi acara TV dan film saat ini harus berhenti dan tertunda karena demonstrasi tersebut. Kita nantikan saja kabar terbaru terkait mogok massal ini ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.