Kematian Garp dalam cerita terbaru manga One Piece akan picu perang besar yang akan mengancam nyawa Blackbeard dan krunya. Setelah cukup lama muncul dalam cerita One Piece, salah satu karakter terkuat di dunia yaitu, Monkey D Garp, diduga tewas dalam upayanya untuk menyelamatkan bawahannya, Koby. Hal ini terjadi di pulau para bajak laut alias pulau Beehive.

Garp dan anggota SWORD datang ke pulau Beehive dan sempat berhasil melancarkan beberapa serangan dahsyat di sana. Namun, kejutan muncul ketika Aokiji berusaha untuk mengalahkan Garp. Dan hal tidak diduga lainnya adalah ketika Shiryu berhasil melukai Garp dan memunculkan spekulasi jika Garp tewas dalam momen tersebut.

Kematian Garp Picu Perang Besar

Sosok Monkey D Garp memang dikenal sebagai wakil admiral angkatan laut dalam cerita One Piece. Dia sudah puluhan tahun mengabdikan diri sebagai bagian dari senjata World Government tersebut. Dia pun sudah memiliki pengalaman bertarung yang tidak sedikit. Buktinya adalah Garp sudah pernah bertarung menghadapi Rocks dan mantan krunya di pulau God Valley 38 tahun lalu.

Kemudian, selama puluhan tahun juga Garp bertarung menghadapi kelompok bajak laut kuat lain seperti Gol D Roger atau bahkan Shiki. Meskipun Garp adalah bagian dari angkatan laut, dia banyak dihormati oleh banyak pihak bahkan pihak angkatan laut sendiri. Hal ini terbukti bagaimana Whitebeard tidak menganggap remeh Garp saat perang Marineford dan bahkan dia juga membuat Roger percaya untuk menitipkan anaknya, Ace.

Bagaimana kemudian berbagai pihak tersebut menaruh hormat kepada Garp, terlepas dari mereka musuh atau sekutu, menunjukan bahwa Garp memang bukan sosok sembarangan. Inilah yang kemudian menjadi salah satu alasan mengapa kematian Garp bisa picu perang besar. Kematian Garp akan membuat berbagai pihak tersebut akan berusaha untuk membalas dendam kematiannya.

Dalam artikel sebelumnya sempat ada pembahasan jika kemungkinan akan ada balasan dari pihak angkatan laut jika kemudian Garp benar-benar tewas. Mereka kemungkinan akan mengerahkan armada dalam skala besar untuk pergi ke pulau Beehive dan menghancurkan pulau tersebut beserta para kru dari Blackbeard. Meskipun ada anggota SWORD di sana, namun mereka datang bukan untuk menyelamatkan Koby dan anggota SWORD lainnya melainkan membalas kematian Garp.

Hal ini pun berkaitan dengan Blackbeard yang merupakan salah satu incaran dari angkatan laut. Blackbeard merupakan Yonko yang memiliki nilai buruan sebesar 3,9 milliar Bely. Meskipun dia bagian dari Yonko, bukan mustahil jika angkatan laut akan memburunya. Dalam hal ini, mereka akan menghancurkan semua hal yang berkaitan dengan Blackbeard.

Pihak Lain Yang Bergabung

Angkatan laut kemungkinan bukan hanya jadi satu pihak yang ikut dalam misi menghancurkan Blackbeard. Seperti yang dijelaskan di atas, banyak pihak yang menaruh hormat terhadap sosok Garp contohnya adalah para bajak laut. Kematian dari Garp kemungkinan akan memicu para bajak laut yang mengenal Garp untuk bergerak menghabisi Blackbeard.

one piece garp

Beberapa contoh dari hal ini adalah Rayleigh dan mantan kru dari Roger atau bahkan Marco dan mantan kru dari Whitebeard. Kedua bajak laut tersebut memiliki sejarah buruk dengan Blackbeard, di mana Whitebeard merupakan mantan kapten dari Blackbeard. Dia yang menghabisi nyawa Thatch dan kabur sebelum membentuk kru bajak lautnya sendiri seperti yang kita kenal sekarang.

Mereka mungkin pernah kalah dalam menghadapi kru Blackbeard, namun kali ini mereka tidak sendiri. Karena, ada kru dari kelompok bajak laut lain yang akan membantu. Misalnya, mantan kru daari Roger seperti Rayleigh. Rayleigh juga pernah bertemu dengan Blackbeard di pulau Amazon Lily saat Blackbeard menyerang pulau itu. Rayleigh sadar bahwa dia sendiri dengan kondisi sekarang tidak akan mampu mengalahkannya. Namun, dia memiliki peluang ketika menggabungkan kekuatannya dengan yang lain.

Balas Dendam Keluarga monkey

Selain pihak-pihak tersebut, yang juga kemungkinan akan bergabung dalam peperangan besar tersebut adalah keluarga Monkey. Baik Dragon atau pun Luffy tentu tidak akan tinggal diam mengetahui ayah dan kakeknya tewas akibat dihabisi nyawanya oleh kru Blackbeard. Hal inilah yang membuat keluarga Monkey akan membalaskan dendam dari Garp kepada Blackbeard.

Luffy tentunya akan marah besar ketika dia harus kehilangn sang kakek, karena dialah yang berjasa membesarkannya di desa Fusha. Luffy akan mengerahkan semua kekuatan yang dia miliki untuk menghancurkan Blackbeard dan krunya. Sehingga, ada kemungkinan jika pulau Beehive akan menjadi tujuan selanjutnya pasca Egghead. Bisa juga, mereka akan bertarung di tempat lain.

one piece garp

Monkey D Dragon adalah salah satu karakter yang misterius, di mana kita belum melihat kekuatannya. Oda Sensei biasanya hanya akan memberikan sedikit teaser dari kekuatan sebuah karakter di satu chapter dan akan membeberkannya lebih gamblang di chapter lain. Dragon mungkin akan memperlihatkan sedikit kemampuannya dalam beberapa chapter kedepan.

Namun, dia akan memperlihatkan kekuatannya yang sesungguhnya ketika bertarung menghadapi kelompok Blackbeard. Ini akan jadi momen pembuktian mengapa kemudian Dragon dianggap sebagai ancaman besar oleh pihak World Government. Dan di momen ini juga kita akan melihat kerja sama antara ayah dan anak. Kita nantikan saja perang besar ini di chapter selanjutnya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.