Sampai hari ini DC Universe telah menyajikan banyak sekali cerita dan interpretasi menarik dari salah satu superhero andalan mereka, yaitu Superman. Mulai dari para inkarnasi mainstream yang umumnya bekerja sebagai jurnalis amatir di Daily Planet, sampai penjual susu berkekuatan kosmik Milkman Man. Namun tahukah kalian di antara versi Superman yang beragam, ternyata ada juga yang pernah menjabat sebagai seorang presiden dalam beberapa kisah menarik DC. Nah dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih jauh siapa saja Superman yang pernah diceritakan memimpin negara sebagai presiden di DC Universe!

Superman Silver Age

Konsep manusia super yang jadi presiden pertama kali diceritakan oleh DC Comics melalui salah satu kisah Clark Kent alias Superman klasik pada era Silver Age. Di mana semuanya bermula dari mimpi sahabat Clark yang bernama Jimmy Olsen. Secara garis besar kisahnya menggambarkan bagaimana jadinya Amerika Serikat jika Superman menjadi presidennya. Sebagai contoh paspampres dan militer negara menjadi kurang begitu berguna karena Superman bisa mengatasi semua masalahnya sendiri. Pada akhi cerita Superman memang benar-benar ditawari untuk menjadi presiden di dunia nyata, tetapi dia ternyata langsung menolaknya karena merasa kurang layak sebagai seorang alien Kryptonian.

Superman Armageddon

presiden superman

Komik DC lainnya yang pernah menceritakan kisah Superman sebagai presiden adalah Armageddon 2001 (1990). Di komik crossover yang berlangsung pada tahun 2030 ini para superhero diceritakan sangat kewalahan dalam mengahadapi villain bernama Monarch. Salah satu solusi untuk mengalahkannya adalah dengan mengirim superhero Waverider ke masa lalu untuk menemukan kelemahannya. Dalam prosesnya Waverider tiba di tahun 2001 di mana Superman ternyata menjabat sebagai pemimpin negara Amerika yang juga memiliki kekuatan Green Lantern. Pada titik ini penggemar melihat bahwa jika sang Man of Steel menjadi presiden yang baik maka dia bisa menggunakan kekuatannya dengan bijak.

Calvin Ellis

presiden superman

Ketika DC Comics kembali melakukan reboot terhadap multiversenya melalui kisah Post-52 (dibaca fifty-two), untuk pertama kalinya mereka pernah memperkenalkan seorang Black Superman yang menjadi Presiden Amerika. Dia adalah Kalel alias Calvin Ellis dari Earth-23 yang diceritakan selamat dari kehancuran planet Krypton dan menjadi Superman di Bumi alih-alih Kal-El alias Superman seperti di kisah-kisah sebelumnya. Sebagai superhero sekaligus presiden, Calvin Ellis sangat dicintai oleh warganya. Menariknya ternyata karakter Calvin Ellis yang debut tahun 2009 ini terinspirasi dari Barack Obama, presiden kulit hitam pertama yang memimpin Amerika selama dua periode sampai tahun 2017.

Red Son

presiden superman

Dari Amerika Serikat sekarang kita beralih ke Uni Soviet, di mana versi alternatif Superman dari Earth-30 yang bernama Kal-L diceritakan tumbuh dewasa di kota kecil Rusia alih-alih Smallville. Nah alasan inilah yang membuat Superman mempunyai cara pandang komunis sebagai salah satu superhero terkuat di Uni Soviet. Di komik Elseworlds DC yang berjudul Superman: Red Son, Superman diceritakan langsung ditunjuk untuk memimpin negaranya ketika Stalin meninggal dunia. Dari sinilah awal mula namanya berubah menjadi Red Son, karena dia telah berhasil mengurangi angka kriminal di negaranya dan menaikan taraf hidup warganya. Namun sebagai gantinya dia merenggut semua kebebasan di negaranya.

Sekian pembahasan tentang para versi Superman yang secara mengejutkan pernah jadi presiden di DC Universe. Melalui kisah mereka setidaknya kita bisa mengetahui bagaimana jadinya jika karakter sekuat Superman menjabat sebagai pemimpin negara tertentu. Mulai dari Calvin Ellis yang sangat dicintai warganya, sampai Red Son yang bertangan dingin, setiap versi Superman ini telah berhasil menunjukkan bagaimana dirinya mempengaruhi dunia politik dengan kekuatan dan prinsip-prinsip yang luar biasa. Yang pada akhirnya membuat mereka dikenal sebagai simbol harapan sekaligus pemimpin yang berintegritas.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.