Baru-baru ini film teranyar DC berjudul The Flash telah memperlihatkan kemampuan super ikonis Barry Allen alias Flash yang memungkinkan dia untuk melintasi multiverse. Dengan mengakses Speed Force dan berlari sekencang mungkin, Flash dapat melampaui ruang dan waktu sehingga dia bisa berpindah-pindah dari satu timeline ke timeline lainnya yang masing-masing mewakili beragam semesta. Nah tahukah kalian bahwa Flash bukanlah satu-satunya superhero yang mampu melakukan hal menakjubkan tersebut. Berikut ini lima superhero DC lainnya yang bisa lintas multiverse dengan kekuatannya sendiri!

Atom

Di DC Universe, Atom merupakan salah satu superhero yang mempunyai kemampuan unik, di mana dia bisa memperbesar atau mengecilkan tubuhnya sampai ke tingkat atom. Hal inilah yang kemudian membuatnya tercatat sebagai salah satu superhero DC yang bisa lintas multiverse sama seperti Flash. Hal ini pertama kali dibuktikan oleh Atom kedua Ray Palmer yang aktif pada era Silver Age DC. Bedanya jika Flash menggunakan Speed Force, Atom justru mengandalkan kemampuan mengecilnya untuk pergi ke dimensi Microverse. Dari situlah dia biasanya bisa pergi ke semesta lain untuk memperbaiki kesalahan masa lalu atau mengubah sejarah, sampai akhirnya melahirkan semesta baru di DC Multiverse.

Batman

superhero dc lintas multiverse

Batman mungkin tidak mempunyai kecepatan super seperti Flash atau kekuatan fisik luar biasa seperti Superman, tetapi dia setidaknya mempunyai kekayaan yang tak terbatas serta kecerdasan yang superior. Berbekal keunggulannya tersebut superhero populer DC yang selalu terlihat serius ini telah berhasil menciptakan banyak sekali teknologi canggih, misalnya Boom Tube Gauntlet yang bisa membuka portal ke mana saja, atau bahkan alat lintas multiverse. Teknologi di luar nalar ini biasanya terhubung langsung pada gadget dan Batcomputer miliknya. Jika kalian melihat para Justice League melintasi multiverse tanpa Flash, itu artinya mereka bisa jadi telah menggunakan teknologi canggih milik Batman.

Booster Gold

superhero dc lintas multiverse

Dikenal sebagai seorang penjelajah waktu dari masa depan, Michael Jon Carter alias Booster Gold mempunyai teknologi canggih yang berasal dari abad ke-25. Teknologi inilah yang memungkinkan dia untuk pergi ke masa lalu yang sangat jauh dengan berbekal ilmu pengetahuan dari masa depan. Seiring berjalannya waktu Booster Gold akhirnya sadar bahwa kemampuannya ini lebih dari sekadar time travel. Di mana superhero nyentrik DC ini ternyata punya kemampuan lintas multiverse juga, tepatnya ke semesta-semesta alternatif yang sepenuhnya berbeda dari semestanya. Kemampuan luar biasanya ini lantas membuatnya menjadi salah satu anggota Justice League Internasional yang berpengaruh.

Doctor Fate

superhero dc lintas multiverse

Jika para superhero di atas umumnya menggunakan teknologi, Doctor Fate justru terkenal sebagai penyihir tangguh DC yang bisa lintas multiverse hanya dengan mengandalkan kemampuan sihirnya. Khususnya karena dia mempunyai sumber kekuatan sihir tak terbatas dari Helm of Nabu. Semua itu memungkinkan dia melakukan perjalanan waktu maupun pergi ke semesta alternatif dengan mudah. Dengan kemampuan yang bisa diandalkan ini Doctor Fate sering diceritakan berhasil menolong tim supernya, Justice Society. Misalnya dengan mengubah alur sejarah dan bahkan memanggil makhluk atau superhero dari semesta lain untuk membantu mereka.

Spectre

superhero dc lintas multiverse

Spectre sejatinya adalah entitas kosmik yang bertindak sebagai perwujudan kemarahan dewa di DC Universe. Hal inilah yang membuatnya nyaris Mahakuasa, di mana Spectre mampu pergi ke timeline dan semesta mana pun untuk menghukum para pendosa. Yang lebih hebatnya lagi, sebagai salah satu superhero DC yang bisa lintas multiverse, Spectre sering menggunakan kekuatannya untuk mencegah peristiwa tertentu agar kestabilan suatu semesta bisa tetap terjaga. Dengan semua keajaiban yang dimilikinya ini, Spectre sering dipanggil untuk menghadapi ancaman yang terlalu kuat untuk ditangani oleh superhero lain.

Demikian pembahasan tentang lima superhero DC selain Flash yang kemampuannya terbukti bisa membawa mereka lintas multiverse. Dalam hal ini Spectre, Doctor Fate, Booster Gold, Batman, dan Atom, telah menunjukkan kemampuan unik mereka untuk melakukan perjalanan melintasi DC Multiverse dalam berbagai cerita komik. Keberadaan mereka secara tidak langsung menambah kedalaman dan kompleksitas dalam multiverse itu sendiri. Yang pada akhirnya membuka pintu untuk berbagai cerita menarik yang melibatkan interaksi antara semesta-semesta alternatif DC yang unik dan beragam.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.