Film Oppenheimer garapan Christopher Nolan menjadi salah satu film epik di tahun 2023, namun ada juga beberapa film lain yang ceritakan tentang nuklir. Christopher Nolan kembali membuat sensasi di jagat hiburan film dengan merilis proyek terbarunya yaitu Oppenheimer. Film biopik ini berkisah tentang Julius Robert Oppenheimer yang merupakan pencipta dari bom atom.

Karakternya sendiri diperankan oleh Cillian Murphy dan film ini menghadirkan bagaimana sang tokoh fisikawan tersebut menciptakan sebuah penemuan yang luar biasa. Namun, Oppenheimer sendiri kemudian menyesali penemuannya tersebut. Selain Oppenheimer, ada juga beberapa film yang ceritakan tentang nuklir, efek nuklir, dan sebagainya. Apa saja? Berikut adalah daftarnya.

Godzilla

Ini adalah film pertama di dunia yang ceritakan tentang efek dari nuklir. Sembilan tahun pasca perang dunia kedua selesai atau sekitar tahun 1954, Jepang kemudian menghadirkan sesuatu yang luar biasas yaitu film Godzilla. Dalam film ini, diceritakan jika efek dari serangan bom atom ke Hiroshima dan Nagasaki berakibat juga terhadap makhluk lainnya di Jepang. Radiasi dari bom tersebut membuat makhluk-makhluk seperti hewan terkena kontaminasi radioaktif.

film ceritakan nuklir

Efeknya, para hewan pun bermutasi, termasuk kadal yang kemudian bermutasi menjadi Godzilla. Film Godzilla ini pun menjadi film pertama yang ceritakan nuklir atau efek dari nuklir. Di sisi lain, Jepang berhasil mengambil “sisi lain” dari serangan mengerikan yang menghantam rumah mereka saat perang dunia terjadi dan merubahnya menjadi sesuatu yang bisa memberikan pesan besar juga bagi dunia.

On The Beach

Mungkin, ini adalah film yang paling mengerikan yang bisa menggambarkan efek dari radiasi nuklir. Disutradarai oleh Stanley Kramer, On the Beach rilis pada 1959 dan merupakan adaptasi dari sebuah karya novel karya Nevil Shute. Ceritanya bersetting di sebuah dunia pasca perang dunia. Australia menjadi satu-satunya negara atau wilayah yang bisa manusia tinggal, setidaknya untuk saat itu.

Di sisi lain, radiasi nuklir sendiri perlahan mulai menyelimuti seluruh bumi. Sebuah kru kapal selam mencoba untuk mencari keajaiban dengan menjawab panggilan darurat dari wilayah perairan Amerika. Yang jadi poin utama dalam film ini adalah bagaimana seluruh kru tersebut mengakhiri hidupnya sendiri. Dengan begitu, mereka tidak perlu tewas akibat keracunan radiasi yang membunuh mereka perlahan. Pesan mendalam dari hal ini adalah mereka yang selamat mungkin masih bisa hidup, tapi untuk sementara waktu sebelum radiasi di tubuh mereka mulai menggerogoti tubuh.

The Day After

Film The Day After kabarnya berhasil membuat banyak penduduk Amerika merasa trauma dan ketakutan tentang efek dari ledakan nuklir. Mereka yakin jika bentuk ledakan nuklir adalah seperti apa yang muncul dalam filmnya. Filmny berfokus pada apa yang terjadi sebelum, saat, dan setelah Amerika Serikat dan pihak Uni Soviet saling meluncurkan nuklir dan saling serang.

film ceritakan nuklir

The Day After juga menghadirkan kisah dari para karakter, di mana film ini sengaja seolah dibuat personal. Para karakter utama dalam ceritanya harus berhadapan dengan efek mengerikan dari radiasi nuklit tersebut. Di sisi lain, mereka berusaha untuk bisa tetap bertahan hidup demi orang yang mereka sayangi. Secara kualitas film, memang The Day After nampak kurang begitu maksimal. Tetapi, film ini berani menghadirkan sequence atau adegan yang memunculkan momen ledakan bom nuklir yang menghancurkan manusia.

By Dawn’s Early Light

Film yang rilis di platform HBO pada 1990 ini bercerita tentang pihak Amerika Serikat yang berada dalam keadaan siaga dan waspada tinggi. Hal ini terjadi setelah Uni Soviet sengaja meluncurkan sebuah nuklir untuk memulai perang nuklir dengan pihak Amerika Serikat. Situasinya semakin rumit ketika para pemimpin pemerintahan dan juga pemimpin militer tidak tahu apa yang harus mereka lakukan selanjutnya.

Yang juga tidak kalah pelik adalah sang presiden Amerika diceritakan tewas pada saat itu dan posisinya diganti dengan orang yang sedikit ekstrem. Puncak cerita dari By Dawn’s Early Light sendiri adalah bagaimana semua hal-hal buruk yang mereka bayangkan bisa dicegah dan bahkan tidak terjadi.

Threads

Televisi di Inggris, BBC, membuat sebuah film certakan tentang nuklir yaitu Thread. Mereka membuat semuanya semirip mungkin dan seasli mungkin. Thread dianggap masuk dalam genre dokumenter, meskipun ceritanya sendiri rekayasa bagaimana dalam naskahnya pihak Uni Soviet diceritakan menyerang Inggris. Film ini bahkan sempat dilarang untuk tayang, karena terlalu mengerikan.

film ceritakan nuklir

Filmnya sendiri bercerita tentang bagaimana jika kota Sheffield, di wilayah London, terkena serangan hulu ledak nuklir akibat konflik perang antara Uni Soviet dan Amerika. Meskipun ledakan nya mengerikan, yang membuat situasinya semakin mengerikan adalah efek dari serangan tersebut. Pencurian, penjarahan, ruda paksa, tingkat kesuburan menurun, kehancuran ekonomi, dan berbagai hal mengerikan pun terjadi.

War Games

Bagaimana jika seorang anak muda memunculkan potensi perang nuklir? Dalam film War Games, Davif Lightman adalah seorang anak muda dari Seattle yang memiliki kemampuan luar biasa. Dia memiliki kemampuan dalam hal meretas komputer. Awalnya, dia mencoba untuk meretas komputer di sekolahnya untuk merubah nilai. Namun, dia kemudian terhubung dengan sebuah sistem yang tidak dia kenali.

Awalnya, David berpikir jika semua itu adalah hanya sebatas keisengan atau permainan. Tanpa dia sadari bahwa sebenarnya yang sedang dia ajak berkomunikasi adalah sebuah superkomputer yang dimiliki oleh pihak militer Amerika. Superkomputer itu tidak bisa membedakan mana yang asli atau mana yang permainan belaka. Namun, pada akhirnya, bencana perang nuklir yang disebabkan oleh keisengan David tersebut berhasil dihindarkan.

Terminator 2: Judgement Day

Ini adalah film paling populer yang ceritakan tentang nuklir yang terakhir. Film klasik garapan James Cameron tentunya banyak dikenal orang. Ceritanya adalah bagaimana seorang pemimpin faksi umat manusia, John Connor, mengirim sebuah Terminator untuk dikirim ke masa lalu dan mencegah agar perang nuklir tidak pernah terjadi. Karena, perang nuklir jadi penyebab pertempuran umat manusia dengan para Terminator.

film ceritakan nuklir

Skynet adalah perusahaan yang bertanggung jawab untuk menciptakan berbagai robot tersebut. Skynet sendiri pada awalnya perusahaan yang bergerak di bidang senjata dan kendaraan militer, sampai mereka mencoba membuat Terminator pertama. Untungnya, misi mereka melakukan hal tersebut berhasil. Dalam film ini, banyak adegan aksi menarik dan ikonik yang tentunya diingat oleh orang-orang.

Kehebohan yang film Oppenheimer hadirkan saat ini, seolah membuka kembali potensi tentang bahaya besar dari bom atom dan bom nuklir. Berbagai film di atas bisa jadi contoh bagaimana situasi yang mengerikan bisa terjadi kepada umat manusia dan juga bumi jika perang nuklir tersebut benar-benar terjadi. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.