Ternyata ada beberapa aktor yang hampir perankan karakter Batman dalam berbagai proyek film Warner Brothers. Rumah produksi Warner Bros. dan DC Studios saat ini sedang mencari aktor untuk memerankan sosok Batman yang baru. Seperti yang kita ketahui pihak rumah produksi sedang berencana menghadirkan sebuah jagat sinematik baru untuk menggantikan DCEU.

Dalam laporan sebelumnya diketahui jika pihak rumah produksi merasa DCEU sudah tidak lagi menguntungkan. Itulah alasannya mengapa kemudian mereka berencana menghadirkan sebuah jagat sinematik baru. Jagat sinematik yang baru ini akan dipimpin oleh sutradara terkenal James Gunn. Gunn berencana kembali menghadirkan film Batman dengan konsep yang baru. Yang menarik ternyata beberapa aktor populer ini pernah hampir perankan karakter Batman. Siapa saja mereka?

Henry Cavill

Geeks mungkin mengenal sosok Henry Cavill sebagai aktor pemeran Superman. Namun, siapa sangka jika sebenarnya aktor ini pernah juga hampir perankan karakter Batman. Menurut laporan dari Cinemablend, Henry Cavill ternyata pernah jadi pilihan Christopher Nolan untuk menjadi Batman beberapa tahun sebelum dia terpilih menjadi Superman oleh Zack Snyder. Namun, peran tersebut akhirnya jatuh kepada Christian Bale.

Keputusan Nolan untuk memilih Bale sebagai Batman sepertinya jadi sebuah pilihan yang tepat. Kita bisa melihat bagaimana Bale banyak mendapatkan pujian atas perannya sebagai Batman di trilogi Nolan, meskipun pada awalnya banyak orang yang skeptis terhadap terpilihnya Christian Bale sebagai Batman. Dan setelah terpilihnya Henry Cavill sebagai Superman nyatanya dia lebih cocok memerankan karakter itu.

Willem Dafoe

Siapa yang tidak mengenal aktor kawakan yang sudah banyak malang melintang di industri Hollywood. Dia terkenal dalam banyak peran seperti di film John Wick atau sebagai Green Goblin di film Spider-Man. Willem Dafoe ternyata pernah casting untuk menjadi Bruce Wayne. Pada akhir 1980an, muncul kabar jika Tim Burton mengadakan pertemuan untuk proyek film Batman.

Aktor hampir perankan Batman

Tetapi, banyak fans saat itu menduga jika Dafoe akan berperan sebagai Joker. Namun, dalam sebuah wawancara Dafoe pernah mengatakan jika sebenarnya pada saat itu Tim Burton sedang melakukan audisi untuk pemeran Batman. Namun, peran tersebut akhirnya jatuh kepada Michael Keaton. Dan sebenarnya, para fans sendiri lebih mendukung Dafoe untuk menjadi Joker daripada Batman.

Jake Gyllenhaal

Selain Henry Cavill, kandidat lainnya yang berpeluang memerankan karakter Batman dalam trilogi Nolan adalah Jake Gyllenhaal. Dalam laporan Cinemablend, Jake Gyllenhaal ternyata adalah salah satu aktor yang ikut audisi untuk memerankan karakter Batman pada saat itu. Sayangnya, Gyllenhaal tidak berhasil mendapatkan peran itu.

Jake Gyllenhaal memang tidak banyak berperan dalam film aksi atau pahlawan super. Beberapa film aksi yang Jake Gyllenhaal bintangi diantaranya adalah Donnie Darko dan Nightcrawler. Jika Jake kembali di trilogi Nolan, dia bisa kembali dengan sosok Heath Ledger yang memerankan karakter Joker. Mereka sebelumnya pernah tampil bersama dalam film Brokeback Mountain.

Pierce Brosnan

Aktor lainnya yang hampir memerankan karakter Batman adalah Pierce Brosnan. Aktor yang terkenal karena perannya sebagai James Bond ternyata pernah ditawari untuk berperan sebagai Batman dalam film garapan Tim Burton. Tetapi, Pierce Brosnan mengaku jika dia kemudian menolak tawaran tersebut. Menurutnya, dia tidak tertarik untuk berperan di film bergenre superhero atau memerankan karakter buku komik.

Aktor hampir perankan Batman

Setelah menolak tawaran tersebut akhirnya Tim Burton memilih Michael Keaton sebagai Batman. Namun, yang menarik adalah dalam film Black Adam sosok Pierce Brosnan akhirnya menjadi salah satu karakter dalam dunia buku komik. Di film tersebut brosnan berperan sebagai Dr Fate meskipun penampilannya hanya sebentar saja.

Heath Ledger

Ketika film Batman Begins dalam tahap pengembangan awal, Christopher Nolan juga ternyata pernah melakukan audisi terhadap Heath Ledger untuk memerankan Batman. Namun, baik Nolan ataupun Ledger merasa bahwa peran Batman tidak cocok untuk diperankan. Meskipun begitu, Nolan tetap menganggap Heath Ledger sebagai salah satu kandidat Batman dalam catatannya.

Aktor hampir perankan Batman

Christopher Nolan sendiri pada akhirnya menemukan karakter yang tepat untuk Heath Ledger yaitu sebagai Joker. Namun, seperti halnya Christian Bale, dipilihnya Heath sebagai Joker sempat mendapat kritikan dan keraguan dari para fans. Ledger kemudian membuktikan jika karakter yang dia perankan tidak salah pilih. Dan faktanya, Heath Ledger jadi pemeran sosok Joker terbaik saat ini.

Kurt Russell

Banyak pecinta film memandang bahwa Kurt Russel adalah aktor yang cocok memerankan Bruce Wayne dan Batman. Dia adalah sosok yang dianggap cocok dan sesuai dengan cerita Batman dalam kisah Nolan ataupun Joel Schumacher. Pada era Schumacher, sebenarnya Russel sempat hampir mendapatkan kesempatan emas tersebut.

Pasca Val Kilmer mundur dari perannya sebagai Bruce Wayne, sosok Batman baru dibutuhkan untuk film Batman And Robin. Tetapi, Kurt Russell tidak menerima tawaran ini yang akhirnya peran tersebut jatuh ke tangan George Clooney. Namun, setelah melihat kualitas filmnya dan bagaimana para fans tidak senang dengan film tersebut mungkin Russell sedikit beruntung karena sudah menolak tawaran tersebut.

Cillian Murphy

Sosok Cillian Murphy terkenal sebagai pemeran Scarecrow dalam trilogi Nolan. Namun, dia juga ternyata ikut audisi untuk peran Batman. Dalam sebuah wawancara Murphy menyebutkan bahwa dia sudah sempat ikut tes kostum saat film Batman Begins dalam tahap pengembangan. Tetapi, bagi Murphy menggunakan kostum Batman dan merendahkan suaranya, adalah sesuatu hal yang aneh.

Aktor hampir perankan Batman

Dan menurutnya, kostum Batman tersebut memang lebih cocok digunakan Christian Bale. Meskipun Murphy gagal berperan sebagai Batman, Murphy tetap memiliki peran spesial sebagai salah satu villain Batman, Scarecrow. Dan jika dilihat, Murphy memang cocok untuk berperan sebagai Screcrow dalam trilogi tersebut.

Josh Brolin

Aktor yang hampir memerankan karakter Batman terakhir adalah Josh Brolin. Siapa sangka jika aktor pemeran Thanos pernah hampir menjadi Batman. Ketika Zack Snyder memutuskan bahwa Batman akan memiliki peran besar dalam sekuel Man of Steel, Batman v Superman: Dawn of Justice, Snyder mencoba mencari sosok aktor yang berpengalaman untuk berperan sebagai Bruce Wayne. Salah satu aktor yang dia tawari peran itu adalah Josh Brolin.

Zack Snyder menganggap Josh Brolin memiliki poin-poin penting yang sesuai dengan karakter Batman dan Bruce Wayne yang dia inginkan. Namun, Brolin memutuskan untuk tidak mengambil tawaran tersebut. Tidak diketahui apa penyebab Brolin menolak tawaran tersebut. Yang pasti dia kemudian terpilih untuk memerankan karakter Thanos danĀ  Cable dalam cerita Deadpool.

Memerankan karakter Batman memang tidak mudah. Seperti halnya karakter ikonik dan legendaris lainnya ada beban tersendiri untuk memerankan karakter tersebut. Meskipun pada akhirnya para aktor di atas hampir memerankan karakter Batman, tetapi keputusan mereka untuk menolak atau tidak dipilih bisa jadi merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, jika kemudian para aktor tersebut dipaksa untuk memerankan Batman bukan tidak mungkin jika filmnya akan hancur atau kurang laku.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.