Terdapat berbagai detail penting dari proyek TV series live-action One Piece yang akan segera tayang di platform Netflix. Seperti yang diketahui jika Netflix memiliki satu proyek adaptasi live-action ambisius lainnya yang akan segera tayang yaitu One Piece. Meskipun sempat mengalami kendala produksi akibat pandemi global, namun pada akhirnya proses produksinya bisa selesai.

Dalam beberapa tahun belakangan Netflix memang sedang gencar untuk menghadirkan berbagai proyek adaptasi live-action dari berbagai judul populer. Sebelumnya, mereka sudah mengadaptasi series Cowboy Bebop dalam versi live-action. Sekarang, giliran One Piece karya Eiichiro Oda yang kemudian diadaptasi dalam versi series live-action. Terdapat berbagai detail menarik mengenai proyek live-action One Piece ini. Apa saja?

Apa Itu Live-Action One Piece

Ini merupakan sebuah TV series yang dibuat dalam versi live-action dan diadaptasi dari karya Eiichiro Oda yaitu One Piece. Manga One Piece sendiri rilis pertama kali pada 1997 di Weekly Shonen Jump sebelum kemudian diadaptasi dalam versi anime yang tayang perdana pada 1999. Kepopuleran dari series One Piece benar-benar sangat luar biasa, di mana manganya sendiri mendapatkan penghargaan sebagai manga yang paling laris di dunia.

Kepopuleran dari One Piece kemudian memancing minat Netflix untuk membuat sebuah proyek live-action. Pengumuman pertama proyek ini sendiri terjadi pada Januari 2020 kemarin. Dalam pengumuman tersebut Oda menyebutkan jika One Piece akan dibuat dalam versi live-action dan tayang di Netflix. Meskipun begitu, sebenarnya Oda sempat menyampaikan proyek kerja sama ini pada 2017 sebelum benar-benar diumumkan secara resmi pada 2020 kemarin.

Kapan One Piece Tayang

Sampai sekarang, masih belum diketahui kapan series live-action One Piece tayang. Para fans sendiri masih menantikan kabar resmi terkait hal ini dari pihak Netflix. Sempat beredar kabar jika seriesnya akan rilis pada 2022 sebelum kemudian diundur menjadi 2023. Dan berdasarkan poster resmi yang sudah dirilis memang One Piece rencananya akan dirilis pada tahun ini. Namun, untuk jadwal pastinya sendiri masih belum diketahui. Meskipun begitu, kembali, rumor beredar jika live-action One Piece akan tayang pada musim panas mendatang atau tepatnya pada Agustus mendatang.

Alur Cerita One Piece

Alur cerita One Piece berfokus pada sosok Monkey D. Luffy yang hidup di “Era Keemasan Bajak Laut.” Luffy adalah salah satu bajak laut yang berjuang dan memiliki mimpi untuk menemukan sebuah harta karun bernama One Piece. Dengan menemukan harta karun tersebut, maka Luffy akan berhasil menjadi sosok raja bajak laut seperti halnya Gol D. Roger yang mampu melakukan hal ini sebelumnya.

Namun, petualangan mencari harta karun One Piece tentunya tidak mudah dan dia tidak bisa melakukannya sendiri. Karena itulah, dia kemudian bertemu dengan berbagai karakter lain yang kemudian dia rekrut menjadi ‘Nakama’ atau kru dari kelompok bajak laut Topi Jerami. Alur cerita ini juga yang kemudian akan diadaptasi dalam series live-action One Piece nantinya.

Diketahui jika series live-action One Piece akan memiliki 10 episode untuk penayangan musim perdana ini. Dan alur cerita yang akan diadaptasi adalah East Blue Saga, alur cerita awal di manganya. Dalam ceritanya sendiri kita melihat bagaimana petulangan Luffy di awal kemunculannya sebagai bajak laut. Kita juga akan melihat Luffy merekrut kru awal bajak laut Topi Jerami seperti Nami, Sanji, Zoro, dan Usopp.

Siapa Yang Mengerjakan Proyek One Piece

Pihak studio yang mengerjakan proyek live-action One Piece diketahui adalah studio yang sama yang mengerjakan live-action Cowboy Bebop yaitu Tomorrow Studios. Selain proyek live-action Cowboy Bebop, Tomorrow Studios juga diketahui mengerjakan proyeklainnya seperti Hannda dan Snowpiercer. Sedangkan, Steven Maeda menjadi sosok showrunner dari live-action One Piece.

Dia diketahui sudah banyak mengerjakan proyek TV series seperti The X-Files, Lie to Me, Lost, dan sebagainya. Seriesnya juga menghadirkan berbagai nama-nama besar yang biasa mengerjakan series untuk menulis live-action One Piece. Contohnya adalah Matt Owens, Jason Cho, Diego Guiterrez, dan sebagainya. Untuk episode perdana sendiri, Steven Maeda mempercayakan Marc Jobst untuk menjadi sutradaranya.

Marc diketahui adalah sosok di balik layar dari The Punisher, Daredevil, dan The Witcher. Namun, dari semua pihak di balik layar sosok Eiichiro Oda tetap menjadi sosok penting dalam proses produksinya. Diketahui, Oda tetap memegang kendali terkait proses ini di mana semua hal yang muncul merupakan hasil diskusi dan juga persetujuan dari Eiichiro Oda.

Lokasi Proses Produksi

Seperti disebutkan di atas, proses produksi dan pengambilan gambar One Piece sempat terhenti dan menjadi kendala besar akibat pandemi global. Proses produksinya sendiri diketahui sudah dimulai sejak musim panas 2020 kemarin. Namun, sempat ada beberapa kali penundaan sebelum kemudian proses produksinya selesai di tahun 2022 kemarin. Lokasi pengambilan gambarnya sendiri dilakukan di Cape Town, Afrika Selatan.

Yang luar biasa dari proyek adaptasi live-action ini adalah bagaimana Netflix rela menggelontorkan dana yang sangat besar untuk proses produksinya. Mereka rela mengeluarkan dana puluhan hingga ratusan juta dollar – untuk sekali episode – untuk menghadirkan adegan dengan serealistis mungkin. Bahkan, mereka membangun kapal-kapal dengan ukuran sebenarnya.

Contohnya mereka membangun kapal dari Going Marry dan juga kapal restoran Baratie bahkan kapal dari kelompok bajak laut Alvida. Menurut informasi yang ada juga diketahui bahwa akan ada adegan di bawah air yang dihadirkan dalam adaptasi live-action One Piece.

Para Pemain di Live-Action One Piece

Detail penting dari live-action One Piece terakhir adalah para cast yang akan berperan di seriesnya. Lalu, siapa saja mereka? Para cast yang berperan di series live-action One Piece memang ada sebagian yang sudah sering muncul di berbagai series, namun ada juga yang namanya mungkin baru terdengar. Beberapa tahun sebelumnya sempat muncul informasi bocoran tentang Netflix yang mencari cast untuk mengisi berbagai karakter utama. Contohnya:

  • Luffy – 17 tahun, Hispanik/Latin
  • Zoro – 18 tahun, Asia
  • Nami – 19 tahun, Etnis mana pun
  • Usopp – 17 tahun, Kulit Hitam
  • Sanji – 19 tahun, Etnis mana pun
  • Garp – 55-79 tahun, Etnis mana pun
  • Koby – 16 tahun, Etnis mana pun

Kemudian, pada 2021 kemarin pihak Netflix akhirnya mengumumkan para cast yang akan memerankan karakter tersebut. Mereka adalah:

  • Iñaki Godoy sebagai Monkey D. Luffy
  • Mackenyu sebagai Roronoa Zoro
  • Emily Rudd sebagai Nami
  • Jacob Gibson sebagai Usopp

Namun, seiring dengan perkembangan waktu Netflix kemudian menambahkan berbagai cast lainnya untuk mengisi peran lainnya. Contohnya:

  • Morgan Davies sebagai Koby
  • Ilia Isorelys Paulino sebagai Alvida
  • Aidan Scott sebagai Helmeppo
  • Jeff Ward sebagai Buggy
  • McKinley Belcher III sebagai Arlong
  • Vincent Regan sebagai Monkey D. Garp
  • Peter Gadiot sebagai Shanks
  • Sven Ruygrok sebagai Cabaji
  • Langley Kirkwood sebagai Captain Morgan
  • Celeste Loots sebagai Kaya
  • Craig Fairbrass sebagai Zeff
  • Steven Ward sebagai Mihawk
  • Chioma Umeala sebagai Nojiko
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.