Episode perdana dari series terbaru Marvel Studios untuk MCU Phase 5, Secret Invasion, perkenalkan organisasi baru yaitu SABER. Namun, apa sebenarnya SABER dan apa tujuan terbentuknya organisasi tersebut? Setelah sekian lama dinantikan oleh para fans, akhirnya series Secret Invasion resmi rilis sejak 21 Juni kemarin. Ini menjadi series perdana di Phase 5 MCU setelah dibuka dengan film Quantumania.

Seperti yang Geeks ketahui, MCU sudah memperkenalkan berbagai organisasi besar seperti SHIELD atau bahkan SWORD. Berbagai organisasi tersebut bahkan memiliki peranan besar di MCU, seperti organisasi SHIELD yang bertanggung jawab membentuk Avengers. Di series Secret Invasion kita diperkenalkan dengan organisasi baru yaitu SABER. Namun, apa sebenarnya SABER dan apa tujuan terbentuknya organisasi tersebut di MCU?

Apa Itu SABER

Dalam film Spider-Man: No Way Home, diketahui jika Nick Fury tidak berada di bumi. Dia berada di sebuah stasiun luar angkasa bersama para Skrull lainnya. Dan episode perdana dari Secret Invasion mengonfirmasi hal tersebut. Nick ternyata sudah tidak berada di bumi pasca Decimation Thanos. Dia berada di sebuah stasiun luar angkasa yang bernama SABER.

saber mcu

Yang menarik adalah SABER sendiri merupakan sebuah organisasi yang baru di Marvel Universe. Pasalnya, di komiknya sendiri tidak ada organisasi SABER. Artinya, SABER merupakan sebuah organisasi orisinal yang memang sengaja diciptakan untuk muncul di MCU. Dan sebelum trailer The Marvels rilis, di berbagai film MCU sebelumnya tidak ada referensi yang merujuk pada organisasi SABER.

Karena itulah, sulit untuk mengetahui kapan organisasi ini terbentuk. Yang pasti, ketika Thanos melakukan Decimation dia masih berada di bumi. Bahkan, saat pemakaman Tony Stark pun Nick masih hadir dalam acara tersebut. Artinya, ada kemungkinan SABER terbentuk pasca kematian Tony Stark. Lalu, apa sebenarnya SABER? Untuk saat ini, memang belum diketahui banyak tentang SABER. Namun, pada intinya, SABER adalah nama dari stasiun luar angkasa yang mana Nick Fury adalah pemimpinnya.

Tujuan SABER Di MCU

Lalu, apa tujuan terbentuknya SABER? Meskipun SABER adalah organisaasi baru dan orisinal di MCU, tetapi fungsinya sendiri kemungkinan sama seperti organisasi SWORD di komiknya. SWORD merupakan organisasi yang melindungi bumi dari berbagai ancaman luar angkasa dan hal ini juga yang SABER lakukan, melindungi bumi dari ancaman luar angkasa.

saber mcu

Seperti yang Geeks ketahui, bumi sempat beberapa kali mendapatkan ancaman dari luar angkasa. Hal inilah yang mungkin membuat Nick Fury kemudian melakukan inisiasi pembentukan SABER. Di trailer The Marvels sendiri kita melihat bagaimana Monica Rambeau menjadi salah satu astronot SABER yang melakukan investigasi tentang peristiwa abnormal yang terjadi di luar angkasa.

Selain menjadi pengganti dari organisasi SWORD, sebagian fans juga banyak berteori jika SABER kemungkinan adalah organisasi lain yang masih bagian dari SWORD. Dengan kata lain, SABER adalah “kepanjangan tangan” dari SWORD dengan fungsi dan misi yang sama, yaitu melindungi bumi dari serangan luar angkasa. Teori ini lebih masuk akal, karena tentunya akan sia-sia jika SABER jadi pengganti SWORD setelah diperkenalkan di WandaVision.

Peranan SABER Dalam Secret Invasion

Episode perdana dari Secret Invasion memang belum menjelaskan banyak mengenai SABER dan peranan mereka dalam cerita Secret Invasion. Seperti yang disebutkan di atas, jika SABER memiliki tugas untuk melindungi bumi dari serangan luar angkasa. Dan ini juga yang bisa jadi adalah peranan dari SABER yaitu mencegah invasi para Skrull. Di episode perdana kemarin diperlihatkan bagaimana Nick Fury turun dari stasiun luar angkasa tersebut menuju bumi.

Tujuan dari Nick Fury tersebut adalah mencegah invasi Skrull. SABER bisa jadi merupakan langkah besar yang memang sudah Nick Fury persiapkan sejak lama. Dalam film Captain Marvel kita melihat bagaimana Nick Fury sudah menjalin kerja sama dengan para Skrull, seperti Talos. Nick Fury mungkin awalnya sengaja dibentuk untuk mencegah kemunculan serangan susulan dari pasukan Kree.

saber mcu

Tapi, Nick Fury pun bisa jadi menaruh curiga besar jika para Skrull lainnya mungkin akan melakukan serangan yang sama seperti Kree. Dengan motivasi tersebut akhirnya Nick Fury merancang sebuah stasiun luar angkasa khusus demi mencegah hal tersebut terjadi. Dan prediksi Nick Fury bisa jadi terbukti benar seperti yang kita lihat di series Secret Invasion ini.

Nick yang belum berhasil menemukan rumah baru bagi bangsa Skrull justru harus berhadapan dengan para Skrull yang marah dan tidak sabar untuk segera mendapatkan rumah baru. SABER berusaha untuk mencegah rencana besar para Skrull tersebut untuk menginvasi bumi. Apakah mereka akan mampu melakukannya? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.