SWORD akhirnya resmi diperkenalkan di MCU melalui seri WandaVision episode 4, menggantikan organisasi SHIELD sebagai pelindung dunia. Kelompok SWORD sendiri pertama kali “muncul” di post-credit scene Spider-Man: Far From Home, yang mana diperlihatkan bahwa sosok Nick Fury yang menemani Peter Parker adalah Talos. Sedangkan Nick yang asli sedang berada di sebuah kapal luar angkasa yang besar.

SWORD juga diyakini akan terlibat di seri WandaVision jauh sebelum promonya muncul – berdasarkan foto bocoran yang beredar. Petunjuk mengenai SWORD sendiri sebenarnya sudah muncul di beberapa episode awal. Hal itu membuat penonton memunculkan banyak pertanyaan mengenai peran mereka di serinya. Dalam seriesnya, diperlihatkan bahwa SWORD saat ini sedang menyelidiki apa yang terjadi di Westview, yang merupakan dunia ciptaan dari Wanda Maximoff. Berikut adalah berbagai hal yang perlu diketahui mengenai SWORD.

Dibangun Oleh Maria Rambeau

Disebutkan di episode 4 kemarin bahwa SWORD didirikan oleh sahabat dari Carol Danvers – yang juga adalah ibu dari Monica – yaitu Maria Rambeau.  Masih belum diketahui kapan dia mendirikan organisasinya, namun yang pasti organisasi ini didirikan setelah peristiwa di film Captain Marvel. Yang menarik adalah fakta ini seolah menjadikan Maria sama seperti Peggy Carter di organisasi SHIELD.

Kenh14.vn

Peggy sendiri adalah salah satu pendiri dari organisasi SHIELD setelah dia berpisah dari Steve Roger di akhir Captain America: The First Avenger. Sepertinya, kedua organisasi ini dibentuk secara off-screen oleh orang-orang yang sangat berpengaruh di kehidupan para pahlawan MCU.

SWORD Berfokus Pada Ancaman Luar Angkasa

Berdasarkan apa yang diperlihatkan di Far From Home dan apa yang diketahui di komiknya, SWORD merupakan organisasi yang berfokus pada ancaman ekstraterestrial atau hal-hal yang ada di luar bumi. Berbeda dengan SHIELD yang berfokus pada ancaman besar yang ada di bumi, meskipun mereka juga tentu akan terlibat ketika situasi memang dibutuhkan.

Cinemascomics.com

Namun, sering kali musuh dari SHIELD adalah manusia atau organisasi jahat, seperti HYDRA. SWORD, di sisi lain, diciptakan karena pihak Amerika sadar bahwa makhluk luar angkasa bisa saja memberikan ancaman besar terhadap bumi. Mengingat Maria Rambeau adalah pendirinya, rasanya itu semua memang masuk akal. Dia adalah teman dari Carol Danvers, dan dia juga sudah mengalami bagaimana berbahayanya ancaman alien, seperti ketika pasukan Kree muncul untuk bertarung melawan Skrull.

Di seri WandaVision, perjalanan waktu juga menjadi hal yang diawasi oleh organisasi ini, selain melatih para astoronot, dan mengirim mereka ke luar angkasa. Namun, hal itu sempat terganggu dengan munculnya Decimaction Thanos, meskipun kemudian situasi sudah kembali seperti semula.

SWORD Lebih Modern

Dalam episode 4, Tyler Hayward mengatakan kepada monica bahwa pasca Decimation, SWORD sudah mulai bergeser untuk mengalihkan perhatian mereka terhadap perkembangan teknologi nano, robotik, kecerdasan buatan, dan juga “senjata hidup” atau sentient weapon. Monica sempat menjelaskan bahwa SWORD bukan tentang menciptakan sesuatu, namun Hayward menimpali dengan mengatakan bahwa semuanya sudah berubah semenjak Monica menghilang.

Screenrant.com

Berbicara mengenai robot dan kecerdasan buatan, SHIELD dulu pernah melakukan hal yang sama. Mereka mengembangkan LMD (Life-Model Decoys) dan juga AIDA, demi melindungi bumi dan agen mereka. Namun, setelah apa yang terjadi pada Ultron, SHIELD menghentikan semua proyek tersebut. Sepertinya SWORD memiliki protokol berbeda mengenai konsep pengembangan ini.

SHIELD dan SWORD Memiliki Tujuan Yang Sama

Ellemagz.com

Organisasi SHIELD dan SWORD harus diakui memiliki cara operasi yang sangat berbeda, namun mereka memiliki tujuan besar atau tujuan utama yang sama. Keduanya sama-sama merupakan agensi pemerintah yang penuh dengan data-data intelejen penting dan juga penuh dengan sumber daya, semata-mata demi melindungi perdamaian dan juga menjaga bumi agar tetap aman.

SWORD dan SHIELD Memiliki Akses Terhadap Teknologi Mutakhir

Seperti disebutkan di atas, kedua agensi ini banyak mengembangkan sesuatu demi membantu mereka dalam menjalankan misi. Tentunya persenjataan dan sumber daya mereka tidak bisa yang biasa-biasa saja.  Semuanya harus serba maju dan modern, mulai dari sistem pertahanan ataupun peralatan yang digunakan saat menjalankan misi. SHIELD selalu diperlihatkan sebagai agensi pemerintah yang sangat luar biasa.

Screenrant.com

Namun, dibandingkan SWORD, tentunya SHIELD satu tingkat dibawahnya. Setidaknya mereka memiliki dua markas, satu berada di bumi dan satu lagi ada di luar angkasa, di dalam sebuah kapal besar. Berbicara mengenai kapal luar angkasa, tentunya tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi yang digunakan SWORD sangatlah maju. Juga mengingat tugas mereka adalah menahan serangan luar angkasa, rasanya memang masuk akal jika kemudian SWORD memiliki teknologi yang sangat jauh berbeda dibandingkan SHIELD.

SWORD Menjalin Aliansi Dengan Semua Makhluk

Ketika Hayward mengatakan kepada Monica bahwa di luar angkasa masih ada banyak ancaman yang mengintai, Monica kemudian mengingatkan Hayward bahwa mereka memiliki banyak sekutu di luar sana. Kalimat tersebut memberikan petunjuk bahwa SWORD menjalin kerja sama atau sekutu bukan hanya dengan manusia saja, tapi juga dengan ras lainnya yang ada di alam raya.

Aminoapps.com

SWORD bukan hanya mencari potensi musuh berbahaya, mereka juga menyadari bahwa ada banyak juga ras yang baik dan mau bekerja sama. Maria mempelajari hal itu dari apa yang dia alami saat kecil, saat dia melihat apa yang terjadi kepada Skrull, Kree, dan Carol Danvers. Masih kita nantikan potensi apa yang akan dibuka oleh SWORD di masa yang akan datang.

Featured image:

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.