Sebagai film teranyar DC Universe yang bercerita tentang peristiwa multiverse, The Flash banyak menghadirkan cameo pada berbagai titik di filmnya. Sebagian besar penampilan cameonya sendiri diperlihatkan menjelang ending The Flash yang secara tidak langsung menghubungannya dengan sejumlah tayangan DC terdahulu. Meskipun jumlahnya sudah cukup banyak untuk sebuah film solo superhero, tetapi menurut produser The Flash’ Barbara Muschietti ternyata semua cameo tersebut masih belum termasuk yang dihapus.

Sebelumnya sutradara Andy Muschietti sudah sempat membocorkan sendiri bahwa film The Flash memang akan menampilkan banyak cameo menarik. Termasuk Superman gondrong versi Nicolas Cage yang 25 tahun lalu hampir mendapatkan film solonya sendiri berjudul Superman Lives, sebelum akhirnya proyeknya dibatalkan oleh Warner Bros. Belum lagi beberapa rumor yang sempat menyatakan kemunculan para superhero veteran DC di filmnya. Namun dari semua cameo yang dimaksudkan untuk muncul di The Flash, ternyata setidaknya ada empat cameo yang dihapus karena sudah terlalu banyak.

Baru-baru ini produser Barbara Mushietti mengungkapkan kepada Variety bahwa tim kreatif The Flash sebenarnya “memiliki lebih banyak karakter cameo,” yang ingin mereka masukkan ke dalam peritiwa multiverse di filmnya. Namun pada akhirnya, mereka terpaksa “harus memilih,” mana yang benar-benar harus dimunculkan di versi finalnya. Ada pun empat cameo yang dihapus dari versi final The Flash adalah Wonder Woman dari Lynda Carter, Jor-El dari Marlon Brando, Penguin dari Burgess Meredith, dan Joker dan Cesar Romero.

Bagi yang belum tahu Lynda Carter sendiri adalah pemeran Diana Prince di series Wonder Woman tahun 1975. Kemudian Marlon Brando sempat berperan sebagai ayah Superman‘ Jor-El di film Superman: The Movie pada tahun 1978. Sedangkan Burgess Meredith dan Cesar Romero adalah pemeran villain Penguin dan Joker di series populer Batman yang dibintangi oleh Adam West pada tahun 1960-an.

Berdasarkan pengungkapan empat cameo yang dihapus dari film The Flash ini kita bisa menyimpulkan bahwa sampai hari ini DC masih menghargai atau setidaknya mengenang para aktor veterannya. Alasan untuk tidak memunculkan empat karakter ini sebenarnya cukup masuk akal juga karena memang cameo di film The Flash sudah cukup padat. Mungkin suatu hari nanti kita bisa melihat mereka di film DC lainnya ya, Geeks. Saat ini film The Flash sendiri masih bisa kalian saksikan di seluruh bioskop tanah air.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.