Secret Invasion adalah series live action pertama yang akan tayang pada tahun ini sebagai bagian dari Fase 5 Marvel Cinematic Universe. Seriesnya sendiri dimeriahkan oleh sejumlah karakter veteran MCU, khususnya Nick Fury dari Samuel L. Jackson yang akan berjuang mengungkap konspirasi sekelompok alien Skrull yang bisa berubah bentuk untuk menyamar sebagai warga Bumi. Meskipun ceritanya mengambil inspirasi dari peristiwa Marvel Comics berjudul sama, ternyata setidaknya ada lima perbedaan premis yang membuat series Secret Invasion di MCU dan versi komik berlainan. Simak di bawah ini!

Awal Mula Secret Invasion

Perbedaan antara Secret Invasion MCU dan komik yang paling menonjol adalah awal mula atau pemicu invasi Skrull di Bumi. Di komik yang ditulis Brian Michael Bendis, penyebab Secret Invasion adalah kelompok rahasia Illuminati yang sengaja pergi ke Planet Skrull di masa lalu untuk memperingatkan mereka agar tidak menyerang Bumi. Namun dalam prosesnya bangsa Skrull justru berhasil melakukan uji coba kepada mereka. Hal inilah malah yang membuat ratu Skrull Veranke makin terinspirasi untuk menguasai Bumi.

Perbedaan secret invasion mcu komik

Sedangkan di MCU semuanya bermula karena sebagian kelompok Skrull merasa dikhianati oleh Captain Marvel dan Nick Fury yang tidak berhasil menunaikan janjinya untuk mencarikan rumah baru bagi bangsa Skrull di galaksi. Sehingga akhirnya sebagian Skrull memberontak dan memilih Bumi sebagai rumah terbaik mereka yang lebih mudah untuk didapatkan daripada harus terus menunggu janji yang tak kunjung terpenuhi.

Kondisi Bangsa Alien Skrull

Perbedaan secret invasion mcu komik

Karena awal mulanya sudah berbeda, tidak aneh jika selanjutnya ada beberapa perbedaan lain yang terjadi di series MCU Secret Invasion dan versi komik. Kondisi Skrull menjadi poin penting mengapa alur kisah MCU dan komik berlainan. Jika di komiknya Skrull datang sebagai bangsa alien yang besar di mana pemerintahannya sangat mendukung semua aspek invasi di Bumi, di seriesnya justru invasi datang dari kelompok Skrull yang sudah terpecah belah antara pemberontak dan sekutu Nick seperti Talos (Ben Mendelsohn). Alasannya mungkin karena kondisi inilah yang paling memungkinkan untuk dihadirkan dalam tayangan series yang segala sesuatunya tidak sekaya komik.

Cara Skrull Menyusup

Perbedaan secret invasion mcu komik

Karena jumlah serta sumber daya Skrull di series MCU dan komik berbeda, hal inilah yang kemudian menimbulkan perbedaan cara yang dilakukan oleh kelompok Skrull untuk menyusup di dua kisah Secret Invasion. Di komiknya karena mereka lebih terorganisir, kuat, dan didukung dengan banyak teknologi canggih, pada akhirnya Skrull mampu menculik sejumlah superhero dan menyamar sebagai mereka untuk waktu yang cukup lama. Misalnya Veranke yang berhasil menyusup sebagai Spider-Woman bahkan sebelum peristiwa Secret Invasion. Berbeda dengan versi MCU yang lebih banyak menyusup ke pemerintahan dan agen rahasia yang tidak sekuat para superhero secara personal.

Para Karakter Penting

Perbedaan selanjutnya antara Secret InvasionĀ versi MCU dan komik dapat kita lihat dari para karakter pentingnya. Jika di komiknya ada banyak Skrull populer yang terlibat dalam invasi Bumi, termasuk Queen Veranke, Super-Skrulls, dan sejumlah jenderal Skrull tangguh lainnya, di MCU justru yang muncul hanya karakter yang relatif lebih kecil daripada Skrull di komik.

Perbedaan secret invasion mcu komik

Karakter original MCU bernama Gravik dari Kingsley Ben-Adir akan menjadi pemimpin kelompok pemberontak Skrull di series Secret Invasion. Sedangkan karakter G’iah dari Emilia Clarke akan menjadi anak Talos yang penuh dengan dilema. Avengers juga tidak akan terlibat di series Secret Invasion, sebagai gantinya Nick akan menjadi satu-satunya harapan yang bisa mengungkap konspirasi dan invasi Skrull di Bumi.

Dampak Secret Invasion

Terakhir yang akan menjadi perbedaan dari Secret Invasion di komik dan MCU adalah dampak perisitiwanya. Di ending Secret InvasionĀ versi komik, kita diperlihatkan pada kemunculan alter ego Green Goblin‘ Norman Osborn sebagai pahlawan Bumi yang terlihat berhasil menyelamatkan dunia dari invasi Skrull. Hal ini lantas membuka jalan bagi Norman untuk bertindak layaknya superhero bersama tim super Dark Avengers yang menggantikan posisi Avengers secara paksa. Karena di semesta utama MCU belum ada Norman Osborn, tampaknya dampak Secret Invasion akan sangat berbeda dari komik. Di mana Nick mungkin akan dianggap sebagai pahlawan atau justru malah menjadi musuh masyarakat.

Itulah lima perbedaan Secret Invasion versi komik dan MCU yang paling terasa sejauh ini. Saat seriesnya tayang di saluran streaming Disney+ nanti, bukan tidak mungkin kita akan menemukan lebih banyak perbedaan lain dari kedua versinya. Di mana semuanya hanya akan terungkap saat Secret Invasion tayang perdana pada tanggal 21 Juni besok. Seriesnya sendiri akan mempunyai total enam episode yang tayang setiap hari Rabu hanya di Disney+. Jika kalian suka tayangan mata-mata, Secret Invasion adalah salah satunya. So, jangan sampai ketinggalan ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.