Marvel Studios baru saja merilis trailer resmi untuk serial Secret Invasion yang akan tayang pada bulan Juni nanti di saluran streaming Disney+. Trailer ini secara tidak langsung telah memberikan sedikit gambaran tentang apa yang akan terjadi di serialnya, di mana Nick Fury harus bertempur melawan bangsa alien skrull jahat yang diam-diam mencoba menguasai Bumi. Menariknya trailer terbaru ini juga telah mengungkap identitas asli dari karakter yang diperankan oleh aktris Emilia Clarke di Secret Invasion nanti, yang ternyata adalah seorang skrull bernama G’iah. Apakah dia jahat? Mari kita bahas, Geeks.

Anak Talos di MCU

Emilia Clarke tampaknya akan memainkan peran yang cukup penting di serial Secret Invasion nanti. Hal tersebut terbukti dari pengungkapan karakternya yang ternyata bernama G’iah, anak skrull Talos yang pertama kali diceritakan di film Captain Marvel. Talos sendiri adalah mantan komandan pasukan skrull dalam perang galaksi melawan bangsa Kree. Ketika planetnya yang disebut Skrullos hancur, G’iah bersama Talos dan ibunya Soren terpaksa mengungsi ke luar angkasa sampai diselamatkan oleh Mar-Vell dan ditempatkan di Bumi, di mana kisah ini pertama kali diceritakan di film Captain Marvel.

Sayangnya ketika Mar-Vell dibunuh oleh Kree, G’iah dan Talos harus hidup terpisah selama enam tahun demi menghindari agen Kree yang mencari sisa-sisa skrull. Untungnya Carol Danvers alias Captain Marvel berhasil mempersatukan mereka dan berusaha mengalahkan armada Kree yang tiba di Bumi. Setelah Kree dikalahkan, G’iah yang ikut serta dalam acara makan malam di rumah Maria Rambeau sempat menjalin persahabatan dengan Monica Rambeau. Sebelum akhirnya G’iah dan semua pengungsi Skrull yang tersisa memutuskan untuk mencari rumah baru di galaksi dengan ditemani oleh Captain Marvel.

Kemunculan karakter G’iah dewasa dari Emilia Clarke di Secret Invasion telah mengungkapkan bahwa sekarang karakternya telah kembali lagi ke Bumi dan terlibat dalam intrik serta propaganda pada petualangan Nick Fury selanjutnya. Sebagai seorang skrull yang bisa berubah bentuk, di serialnya nanti G’iah sepertinya akan bertindak sebagai lone wolf yang mempunyai misi misterius. Yang jelas alasan G’iah kembali ke Bumi juga sepertinya memang ada hubungannya dengan pertempuran antara Nick dan kelompok skrull jahat yang kali ini dipimpin oleh Gravik.

Adakah Sosok G’iah di Komik?

Di Marvel Comics sendiri memang ada sosok skrull bernama G’iah yang melakukan debutnya di komik Meet the Skrulls (2019), tetapi sepertinya dia bukan karakter yang sama dengan yang diperankan oleh Emilia Clarke di serial Secret Invasion. G’iah di komik adalah seorang agen skrull yang mendapatkan tugas untuk menyamar sebagai keluarga manusia bersama suaminya Klrr dan tiga putrinya demi mempersiapkan invasi bangsa Skrull selanjutnya.

Dalam perjalanannya, mereka justru harus berurusan dengan organisasi rahasia bernama Project Blossom yang berhasil membunuh Klrr setelah penyamaran mereka sebagai Pepper Pots dan Tony Stark terbongkar. Singkat cerita saat Project Blossom bubar, G’iah dan ketiga putrinya terpaksa berkeliling dan mencari tempat untuk bersembunyi dari musuh mereka. Pada saat yang bersamaan mereka juga memutuskan untuk membalas dendam atas kematian Klrr dan mengumpulkan informasi tentang anggota Project Blossom yang tersisa.

Setelah menemukan fakta bahwa ada satu agen Project Blossom yang ternyata seorang kree, G’iah langsung mengikuti agen tersebut dan berhasil masuk ke dalam rumahnya. Saat G’iah hendak membunuhnya, ternyata terungkap bahwa agen kree tersebut mempunyai keluarga juga. Karena pada dasarnya G’iah dan anak-anaknya adalah skrull baik, pada akhirnya dia terpaksa mengurungkan niatnya untuk membalaskan dendam suaminya. Berdasarkan kisah ini mungkin MCU juga ingin menghadirkan G’iah di Secret Invasion dengan dilema yang kurang lebih sama seperti versi komiknya.

Peran G’iah di Secret Invasion

Sebelumnya Emilia Clarke sendiri sempat menjelaskan bahwa karakternya di serial Secret Invasion adalah “sosok yang merasa cukup kesulitan saat ingin berbuat baik.” Jika dihubungkan dengan deskripsi karakternya sebagai G’iah, dilema tersebut sepertinya muncul karena dia mempunyai hubungan dengan kelompok skrull jahat, serta di sisi lain dia juga menyimpan kebencian terhadap Nick yang telah gagal memenuhi janjinya untuk menemukan rumah baru bagi bangsa skrull. Dari gambaran ini bisa kita simpulkan bahwa G’iah sebenarnya adalah skrull baik, sama seperti ayahnya Talos.

Walaupun begitu, karena posisinya yang cukup dekat dengan kelompok skrull jahat yang dipimpin oleh Gravik, sepertinya dia terpaksa harus mengambil banyak keputusan sulit yang malah membuatnya bersebrangan dengan Nick dan bahkan ayahnya sendiri. Namun tidak menutup kemungkinan juga menjelang akhir serialnya nanti G’iah akan kembali pada jalan yang benar dengan berbalik melawan skrull jahat. Sesuai dengan rumor yang beredar penyamaran G’iah sebagai manusia mungkin memang akan menggunakan identitas Abigail Brand, tetapi tidak ada hubungannya dengan versi komik yang dekat dengan para mutant.

Sekian pembahasan tentang sosok skrull G’iah yang diperankan oleh aktris Emilia Clarke di Secret Invasion mendatang. Melihat cukup populernya Clarke di mata penggemar, cukup jelas bahwa G’iah akan punyai peran yang besar di serialnya nanti. Mungkin kemunculannya dimaksudkan sebagai penengah antara kelompok skrull jahat yang dipimpin Gravik dan skrull baik yang diwakili oleh ayahnya Talos. Siapa kira-kira yang akan menang dalam pertempuran penuh intriik ini? Jawabannya hanya akan terungkap saat serial Secret Invasion tayang perdana pada 21 Juni nanti, hanya di Disney+.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.