Akhir-akhir ini, Illuminati Marvel menjadi salah satu pembahasan yang santer dibicarakan oleh penggemar. Hal itu dikarenakan rumor yang beredar mengklaim bahwa Illuminati kemungkinan besar akan muncul di Marvel Cinematic Universe melalui film Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Secara umum, Illuminati sendiri merujuk pada perkumpulan rahasia, yang terdiri dari berbagai individu kuat dan berkuasa, yang diam-diam mengendalikan jalannya dunia.

Dengan konsep dasar Illuminati tersebut, perkumpulan ini akhirnya diangkat di Marvel Universe dengan para anggota yang terdiri dari para superhero berpengaruh yang umumnya adalah orang-orang super genius. Bagaimana sebenarnya tim ini dibentuk, dan seperti apa awal mula sampai akhirnya bisa muncul secara tiba-tiba di MCU? Sebelum membahas teori tentang bagaimana cara Illuminati muncul di MCU, mari kita bahas terlebih dahulu seperti apa sejarah singkat dari kelompok rahasia ini di Marvel Comics.

Bertahun-tahun Mengintai Marvel Universe

Illuminati di Marvel Universe pertama kali diceritakan oleh Brian Michael Bendis melalui komiknya yang berjudul New Avengers #7 (2005). Meskipun baru terungkap pada tahun 2000-an, di komiknya sendiri telah dijelaskan bahwa Illuminati telah bergerak secara diam-diam untuk mengintai Marvel Universe sejak awal tahun 70-an, tepatnya setelah kejadian “Kree Skrull War” di komik Avengers (1971-1972). Tony Stark alias Iron Man adalah orang yang bertanggung jawab dalam mendirikan kelompok super ini.

Percaya bahwa keberadaan Bumi sangat terancam oleh invasi dan ancaman dari luar, Tony mengajak para pemimpin dari kelompok manusia super untuk membentuk Illuminati. Adapun yang menerima panggilan dari Tony di antaranya adalah Professor Charles Xavier alias Professor X dari X-Men, Black Bolt dari Inhumans, Reed Richards dari Fantastic Four, Raja Atlantis Namor, dan Sorcerer Supreme Doctor Strange. Meskipun awalnya sempat diundang, tetapi Raja Wakanda T’Challa alias Black Panther menolak untuk datang karena proposal dari tujuan Illuminati dianggap tidak sejalan dengan nilai-nilai superhero.

Selama bertahun-tahun, Illuminati berhasil secara diam-diam terlibat dalam berbagai kisah di Marvel Comics, dari mulai Civil War Marvel, Secret Invasion, kisah yang melibatkan Infinity Gems / Infinity Stones di komik Avengers: Illuminati, Avengers vs. X-Men, sampai akhirnya di komik New Avengers Vol. 3 yang menceritakan “masalah multiverse”, di mana akhirnya Black Panther mulai bergabung bersama superhero lain termasuk Beast, Medusa, Hank Pym, dan Captain Britain.

Mengetahui bawah perang antar Multiverse bisa pecah kapan saja, Illuminati berusaha untuk mencegahnya dengan menghancurkan universe lain menggunakan berbagai senjata pamungkas, seperti satelit Sol’s Hammer buatan Iron Man, buku keramat yang tidak disebutkan namanya milik Doctor Strange, dan senjata Black Swan yang dikembangkan oleh Black Panther dan Mister Fantastic. Meskipun awalnya sempat ditentang oleh Captain America, tetapi pada akhirnya Illuminati menghapus pikiran Cap tentang Illuminati, dan akhirnya berhasil menghentikan perang Multiverse.

Terbentuknya Illuminati di MCU

Dengan sejarah Illuminati yang cukup panjang di Marvel Universe, sangat mungkin bahwa di film Doctor Strange 2 nanti asal-usul dari kelompok rahasia ini akan kurang lebih sama, yang berbeda mungkin fokus dari tujuannya. Karena filmnya nanti akan membahas masalah Multiverse Marvel, kemungkinan besar yang muncul di Doctor Strange 2 nanti adalah Illuminati yang memang mengawasi multiverse langsung daripada hanya sekadar menjaga universenya masing-masing.

Sejauh ini berdasarkan apa yang sudah terlihat di trailernya, varian Professor X dari Patrick Stewart adalah anggota pertama yang menampakan diri. Rumor lain menyebutkan bahwa ada kemungkinan anggota lainnya akan segera menyusul di filmnya nanti dengan diperankan oleh para aktor lama, termasuk varian Mister Fantastic dari Ioan Gruffudd atau John Krasinski, Black Panther Killmonger dari Michael B. Jordan, Black Bolt dari Anson Mount, dan Supreme Strange dari Benedict Cumberbatch sendiri. Tidak ketinggalan juga Superior Iron Man yang rumornya akan diperankan oleh mega bintang Tom Cruise.

Ada banyak sekali kemungkinan bagaimana cara Illuminati terbentuk di MCU. Dan teori yang paling menarik adalah bagaimana Superior Iron Man, yang di komiknya diceritakan sebagai versi jahat Iron Man, membentuk kelompok rahasia Illuminati untuk mengawasi multiverse. Walaupun mungkin versi di MCU-nya nanti tidak sejahat di Marvel Comics, Superior Iron Man mungkin akan digambarkan sebagai karakter yang lebih menyebalkan dibanding versi utama yang diperankan Robert Downey Jr.

Jika dia berhasil menyelamatkan Bumi dan universenya dari Thanos, menggunakan proyek Ultron yang mirip seperti di film Age of Ultron, mungkin dia akan menjadi sosok penting yang membentuk Illuminati di MCU. Seperti yang bisa dilihat di trailer Doctor Strange 2, ada banyak Ultron Sentry yang mirip seperti armor Superior Iron Man, dengan warna dasar silver kebiru-biruan. Illuminati MCU mungkin dibentuk tidak lama setelah multiverse pecah setelah kejadian di serial Loki, di mana Superior Iron Man mengajak superhero tangguh lain di Multiverse untuk bersama-sama menjaga kestabilan Multiverse Marvel.

Itulah mengapa di trailernya, Doctor Strange utama terlihat ditangkap dan dibawa ke sebuah markas yang kemungkinan milik Illuminati. Mungkin Strange dianggap telah mengancam kestabilan multiverse setelah dirinya mengarungi multiverse bersama Wanda Maximoff alias Scarlet Witch dan America Chavez di filmnya nanti. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Sama seperti versi komiknya, di filmnya nanti Illuminati mungkin tidak akan memerankan peran baik atau jahat, tetapi yang jelas mereka sangat kuat dan berkuasa. Kita buktikan saja kebenarannya, saat film Doctor Strange 2 dirilis pada 4 Mei 2022.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.