The Good Bad Mother adalah drama Korea (drakor) terbaru Netflix bergenre komedi keluarga yang sangat disukai oleh penonton mancanegara. Salah satu alasannya karena drakor yang dibintangi oleh aktor Lee Do-hyun ini mempunyai cerita yang menyentuh dan menghadirkan emosi yang kuat. Di mana premis utamanya bercerita tentang seorang ibu yang berusaha memperbaiki hubungan dengan anaknya yang tiba-tiba kembali muda. Nah karena drakornya baru saja tamat, jika kalian mencari tayangan lain yang punya nuansa serupa, berikut ini adalah tujuh rekomendasi drakor yang mirip The Good Bad Mother!

Still 17 (2018)

drakor mirip the good bad mother

Still 17 adalah drakor bergenre komedi romantis yang berfokus pada kisah seorang pemain biola berbakat bernama Woo-jin (Yang Se-jong). Di mana trauma mendalam membuatnya sering menutup diri dari orang lain. Semuanya mulai berubah setelah dia bertemu seorang wanita bernama Seo-ri (Shin Hye-sun) yang berusia 30 tahun, tetapi masih merasa 17 tahun karena sempat mengalami koma selama 13 tahun. Alasan Still 17 mirip dengan drakor The Good Bad Mother adalah karena sama-sama menghadirkan premis kesempatan kedua serta lead aktris yang bingung dengan usianya. Apalagi dalam drakor ini Lee Do-hyun juga terlibat sebagai pemeran pendukung.

SKY Castle (2018)

drakor mirip the good bad mother

Meskipun punya cerita yang lebih kelam, tetapi drakor SKY Castle bisa dibilang cukup mirip juga dengan The Good Bad Mother. Alasannya karena punya premis yang sama-sama menceritakan ibu yang sangat keras kepada anaknya sehingga hubungan mereka rusak. SKY Castle sendiri pada dasarnya bercerita tentang beberapa keluarga kaya yang sangat berobsesi menyekolahkan anak-anaknya di sekolah terbaik. Dalam prosesnya banyak di antara keluarga yang tinggal di pemukiman elite Sky Castle tersebut sampai rela menyewa tenaga pengajar mahal bernama Jo-young (Kim Seo-Hyung) yang sangat tegas sekaligus berbahaya, tetapi mirisnya mereka lupa dengan perasaan anak-anaknya.

When The Camellia Blooms (2019)

Jika dibandingkan dengan The Good Bad Mother yang punya unsur fantasi, When The Camellia Blooms memang punya cerita yang lebih sederhana. Di mana seorang ibu tunggal bernama Dong-baek (Gong Hyo-jin) harus pindah ke kota kecil untuk membesarkan anaknya sambil membuka bar. Banyak dari warga sekitar yang justru menggunjing dan menuduhnya melakukan hal yang tidak dilakukannya. Kehidupannya bertambah rumit ketika seorang polisi bujangan bernama Yong-sik (Kang Ha-neul) menyukainya. Drakor ini terasa mirip dengan The Good Bad Mother, karena sama-sama bercerita tentang perjuangan ibu tunggal yang kesulitan menjaga hubungan dengan anaknya.

Hi Bye, Mama! (2020)

drakor mirip the good bad mother

Drakor Hi Bye, Mama! dimulai dengan kisah tragis Yu-ri (Kim Tae-hee) yang harus meninggal setelah melahirkan anaknya. Sempat menjadi hantu gentayangan selama bertahun-tahun, Yu Ri akhirnya bisa menjadi manusia lagi tetapi hanya dalam waktu 49 hari. Kesempatan ini langsung Yu-ri manfaatkan untuk bisa lebih dekat dengan anak yang ditinggalkannya. Selain sama-sama punya cerita yang menyentuh dan emosi yang kuat, drakor ini mirip dengan The Good Bad Mother karena punya premis tentang kesempatan kedua yang bertujuan untuk memperbaiki hubungan antara ibu dan anak. Bedanya yang mendapatkan keajaiban di drakor ini adalah ibunya bukan anaknya.

18 Again (2020)

drakor mirip the good bad mother

Sama-sama dibintangi oleh Le Do-hyun, 18 Again ternyata sangat mirip dengan drakor The Good Bad Mother. Kemiripannya bisa kita rasakan dari nuansa hubungan seorang ayah yang ingin memperbaiki hubungan dengan keluarganya. Do-hyun sendiri berperan sebagai versi muda Dae-young, seorang pria berusia 37 tahun yang secara ajaib kembali menjadi dirinya yang masin berusia 18 tahun. Meskipun istri dan anak-anaknya tidak mengenal wujud masa lalunya ini dan menganggapnya telah kabur, tetapi faktanya Dae-young tetap berusaha menjaga keluarganya dari kejauhan. Sampai akhirnya mereka sadar bahwa selama ini Da-young selalu ada ketika dibutuhkan.

One The Woman (2021)

Bergenre komedi romantis, cerita One The Woman berfokus pada kehidupan seorang jaksa korup bernama Yeon-joo (Lee Hanee). Suatu hari dia tiba-tiba bangun dengan tubuh seorang menantu dari CEO yang sangat kaya bernama Kang Mi-na. Pada titik inilah dia memanfaatkan tubuh barunya untuk menguak rahasia keluarga yang cukup mengejutkannya. Pada saat yang bersamaan dia juga mulai menemukan cinta sekaligus alasan untuk memperjuangkannya. Drakor One The Woman mirip dengan The Good Bad Mother karena sama-sama mempunyai premis tentang kesempatan kedua, krisis identitas, dan juga keluarga yang berantakan.

Under The Queen’s Umbrella (2022)

drakor mirip the good bad mother

Bercerita tentang Ratu Hwa-ryeong (Kim Hye-soo) yang harus mengorbankan keluarganya sendiri demi keselamatan anaknya, Under The Queen’s Umbrella punya premis yang cukup mirip dengan The Good Bad Mother. Plot drakor bergenre sejarah ini lebih berfokus pada konflik antara istri-istri dan anak-anak raja yang saling memperebutkan kekuasaan. Konflik tersebut diperparah karena anak Hwa-ryeong sakit-sakitan, sehingga pangeran lain berlomba-lomba mengambil alih takhta. Hal inilah yang lantas mengancam nasib Hwa-ryeong sebagai seorang ratu. Kemiripan lain drakor ini The Good Bad Mother ada pada kisah ibu yang sangat protektif kepada anaknya.

Jika kalian merindukan The Good Bad Mother dan mencari rekomendasi lain yang punya nuansa hampir mirip, tujuh drakor di atas adalah pilihan yang tepat. Masing-masing drakor sudah pasti menghadirkan cerita yang menyentuh melalui tema tentang pemulihan hubungan, cinta, dan arti kebahagiaan yang sesungguhnya. Dengan deretan karakter dan alur cerita yang menarik, semua drakor alternatif ini juga pada dasarnya mengajak penonton untuk terlibat dalam perjalanan emosional yang tak terlupakan.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.