Setelah menyaksikan My Liberation Notes selama berminggu-minggu di Netflix, penggemar akhirnya bisa melihat kesimpulan dari drakornya. Dari awal sampai sekarang, para penggemar setia drakor ini pasti bisa merasakan betapa lelahnya para protagonis dalam menjalani kehidupan. Dari mulai merasakan sulitnya pekerjaan sampai masalah percintaan, semuanya telah mereka alami tanpa terkecuali. Syukurnya, dengan episode final yang tayang pada hari Minggu kemarin, akhirnya Gi-jeong, Chang-hee, Mi-jeong, dan Gu menemukan endingnya masing-masing. Seperti apa arti sebenarnya dari ending perjalanan kisah tiga bersaudara dan orang asing ini? Mari kita bahas lebih lanjut, Geeks.

Menemukan Arti Kebebasan 

Pada awal episode 16, akhirnya para anggota klub Pembebasan bisa berkumpul kembali setelah sekian lama klub mereka bubar. Dalam reuni tersebut Mi-Jeong dan kawan-kawan membicarakan bahwa ada seorang penerbit yang tertarik untuk mengangkat kisah mereka. Mi-Jeong, Ki-Woo, Soo-young, dan Ji-Hye sama-sama sepakat untuk menggunakan nama samaran di buku mereka yang akan datang. Selain itu, mereka juga sempat membahas apa arti kebebasan yang sebenarnya. Meskipun belum bebas sepenuhnya, tetapi mereka sepakat untuk sama-sama bersyukur karena bisa bertahan sampai sejauh ini.

Adegan berikutnya, seperti biasa, Gu kembali menemui Mi-jeong yang kali ini saudah sangat dia cintai. Gu sendiri sudah tidak malu lagi mengungkapkan perasaannya, serta membahas masa lalunya. Di sisi lain, Mi-jeong juga merasa bahwa hubungan mereka telah banyak sekali mengubah hidup mereka. Mi-jeong akhirnya bisa merasakan seperti apa rasanya jika seseorang benar-benar mencintainya, begitu juga dengan Gu.

Kakak kedua Mi-jeong, Chang-hee, juga tampaknya telah menemukan kebebasannya sendiri. Di mana dia berhasil melunasi semua hutang-hutannya. Dan akhirnya bertemu kembali dengan sahabat sekaligus mantan kekasihnya, Hyeon-ah, yang kini telah mendapatkan pekerjaan. Pada akhirnya Chang-hee sadar bahwa dia juga bisa bahagia seperti orang lain, meskipun dia memilih jalan yang berbeda dengan tidak bekerja di sebuah perusahaan. Sayangnya, penggemar belum bisa menyaksikan reuninya dengan Gu yang sudah dia anggap seperti kakaknya.

BACA JUGA: Para Aktor Korea yang Gabung ke MCU!

Di sisi lain, kakak pertama, Gi-jeong, sepertinya telah berhasil menyelesaikan kesalahpahaman dengan kekasihnya. Tae-hoon juga menjelaskan secara jujur terkait apa yang dia rasakan tentang rumor kehamilan Gi-jeong. Di sisi lain, Gi-jeong juga jujur bahwa dia sebenarnya tidak ingin menjadi beban bagi Tae-hoon. Meskipun mereka sempat membahas apa yang terjadi jika mereka dua putus, tetapi tampaknya mereka memilih untuk tetap bersama.

Open Ending My Liberation Notes Bagi Penggemar

Kejelasan ending dari keempat karakter protagonis My Liberation Notes sebenarnya hanya berakhir seperti yang kita bahas di atas. Sedangkan adegan lima belas menit terakhirnya justru memberi kesempatan kepada para penggemar untuk menerjemahkannya sendiri. Setelah Gu menelepon Hyeon dengan mengungkapkan semua kekesalannya, kita bisa melihat dia seperti ingin pergi ke suatu tempat. Gu membawa banyak uang dari lemarinya dan sempat membeli sebotol minuman keras dalam perjalanan. Namun, dia kemudian memilih untuk meninggalkan minuman tersebut dan melanjutkan perjalanannya.

Adegan selanjutnya tiba-tiba berpindah kepada Mi-jeong yang mengatakan bahwa kehidupannya terbagi menjadi dua bagian. Yang pertama adalah sebelum Gu datang dan yang kedua adalah setelahnya. Tanpa penjelasan lain, My Liberation Notes pun berakhir dengan senyuman Mi-jeong dan Gu. Pada titik inilah para penggemar mendapatkan open ending yang bisa mereka sesuaikan dengan harapan masing-masing. Yang jelas melihat Gu yang meninggalkan minuman kerasnya, itu artinya dia akhirnya telah memutuskan untuk benar-benar terlepas dari kecanduan alkoholnya.

Sedangkan uang yang dia bawa mungkin untuk melunasi semua hutang Hyeon agar akhirnya dia bisa mengajukan diri untuk resign dari pekerjaannya sebagai manager club di Seoul. Jika ingin, penggemar selanjutnya bisa saja menerjemahkan bahwa akhirnya GU berhasil lepas dari kehidupan lamanya yang berbahaya, dan kemudian menghampiri Mi-jeong untuk menikah dengannya. Dengan sisa uang yang dia miliki, Gu bisa membeli rumah lamanya di Sanpo dan hidup bahagia bersama Mi-jeong.

Itulah penjelasan tentang ending drakor My Liberation Notes. Meskipun tampak menggantung dengan open ending, yang jelas saat ini mereka telah bahagia atas kehidupan yang mereka jalani, dan mengerti apa artinya kebebasan. Dan dengan ending yang seperti ini juga, setidaknya penggemar bisa mengakhiri kisah My Liberation Notes yang selama ini telah mereka tonton dengan asumsi pribadinya, yang tentu saja happy ending. Kalau menurut asumsi kalian, ending My Liberation Notes berakhir seperti apa, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.