Dalam industri manga dan anime, Eiichiro Oda adalah salah satu mangaka yang mungkin paling banyak diidolakan oleh para otaku di seluruh dunia. Alasannya sudah cukup jelas, karena dia adalah mangaka legendaris yang telah berhasil memperkenalkan Monkey D. Luffy dan kru bajak laut Straw Hat lainnya melalui cerita epik One Piece. Dalam penampilan terbarunya sebagai juri Tezuka Manga Awards ke-105, Eiichiro Oda baru saja memberikan pesan membangun kepada para mangaka generasi baru jika ingin karyanya bertahan.

Sebagai seorang mangaka yang telah sukses berkarier selama puluhan tahun, tidak mengherankan jika Oda menjadi salah satu veteran yang dihormati di industri manga dan anime. Rilis perdana pada tahun 1997, One Piece yang ditulis dan digambar langsung oleh Oda merupakan salah satu mahakarya dari Jepang yang telah mendunia. Sejauh ini selain manga, One Piece juga telah diadaptasi menjadi media populer lainnya, seperti anime, video game, dan bahkan teater panggung. Sekarang Netflix bahkan tengah memproduksi serial live action One Piece yang rencananya akan segera ‘berlayar’ tahun ini.

Berdasarkan laporan terbaru yang tersebar di Reddit, Eiichiro Oda yang menjadi juri Tezuka Manga Awards ke-105 tidak ragu memberikan pesan yang sangat berharga kepada para mangaka baru. Di mana pada dasarnya dia memuji para mangaka generasi baru yang telah berhasil menulis cerita manga-nya sendiri. Namun di sisi lain dia juga ingin semua mangaka muda tetap memerhatikan setiap gambar dan penjelasan masing-masing manga agar para pembaca lebih tertarik lagi untuk mengikuti keseluruhan alur ceritanya.

“Senang rasanya ada banyak mangaka muda yang menjanjikan saat ini. Kesan saya secara keseluruhan adalah bahwa ada banyak judul di mana mereka memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang ingin mereka tulis, dan itu merupakan aspek yang sangat positif. Namun, saya juga percaya bahwa akan lebih bermanfaat jika mereka dapat fokus pada pembuatan ilustrasi yang mudah dimengerti dengan menyertakan penjelasan yang diperlukan agar para pembaca merasa dilibatkan. Saya ingin mereka melakukan yang terbaik tanpa melupakan apa yang sebenarnya ingin mereka gambar,” ungkap Oda.

Dari pesan berharga ini cukup jelas bahwa Eiichiro Oda punya kepedulian yang sangat besar kepada para mangaka muda yang cepat atau lambat akan menggantikannya di industri manga. Dengan cerita bagus dan gambar yang mudah dimengerti, Oda yakin bahwa ke depannya akan ada lebih banyak lagi manga yang populer seperti One Piece. Saat waktunya tiba nanti, bukan tidak mungkin mangaka generasi baru akan benar-benar menjalankan saran Oda yang sepak terjangnya sudah tidak perlu kita ragukan lagi.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.