Beberapa karakter dalam certia One Piece diperlihatkan sebagai pengkhianat besar yang banyak merugikan dan membawa petaka bagi banyak orang. Pengkhianatan menjadi salah satu tema yang muncul dalam cerita karya Eiichiro Oda yaitu One Piece. Selain menghadirkan cerita tentang  petualangan Luffy menuju Laugh Tale, terdapat beberapa juga poin-poin cerita lainnya yang dihadirkan di mana salah satunya adalah pengkhianatan.

Sedari awal ceritanya dimulai sampai arc terbaru saat ini, sudah banyak cerita pengkhianatan yang terjadi. Cerita pengkhianatan tersebut jelas banyak merugikan orang lain, bahkan ada yang nyawanya hampir melayang. Para pengkhianat tersebut tidak peduli dengan nasib korbannya asalkan tujuan mereka tercapai. Berikut adalah para karakter yang merupakan pengkhianat besar.

Scrathmen Apoo

Saat pertama kali diperkenalkan di arc Sabaody, sebenarnya Apoo dianggap sebagai salah satu bajak laut muda berpotensi seperti para Worst Generation lainnya. Namun, seiring berjalannya cerita Oda mulai memperlihatkan bagaimana sosok Apoo sebenarnya. Dia ternyata merupakan seorang pengkhianat besar yang sudah banyak mengkhianati banyak orang.

Contohnya, dalam arc Wano kemarin diperlihatkan bagaimana Apoo berhasil mengkhianati kelompok Eustass Kid dan juga Basil Hawkins dengan mengajak kerja sama untuk mengalahkan Shanks. Namun, yang terjadi justru mereka dihabisi oleh Kaido. Dalam momen pertempuran di Onigashima, Apoo juga berhasil mengkhianati sosok X Drake. Efeknya, Drake harus kalah telak dari para agen CP0.

CP9

Dalam cerita di arc Water Seven pihak angkatan laut menduga jika Iceburg memiliki cetak biru dari salah satu Senjata Kuno yaitu Pluton. Untuk memastikan hal tersebut, pihak World Government kemudian mengirimkan sebuah kelompok kecil untuk melakukan penyusupan. Kelompok yang ditugaskan tersebut ternyata adalah CP9 yang merupakan bagian dari kelompok Cipher Pol.

Mereka juga mendapatkan informasi jika Nico Robin berada di pulau tersebut bersama dengan kru Topi Jerami. CP9 kemudian menculik Robin dan mereka pun megungkapkan identitas aslinya. Iceburg dan para karyawan Galley La Company pun terkejut dengan fakta tersebut. Mereka tidak menduga jika orang-orang yang sudah mereka anggap keluarga ternyata adalah agen pemerintah.

Kurozumi Kanjuro

Pengkhianatan yang dilakukan oleh Kanjuro bisa dibilang menjadi salah satu pengkhianatan besar dalam cerita One Piece. Pasalnya, Kanjuro sudah dianggap sebagai keluarga dan bagian dari Red Scabbards. Namun, ternyata selama ini dia tega mengkhianati rekan-rekannya. Hal ini dikarenakan karena Kanjuro sendiri sebenarnya adalah bagian dari keluarga Kurozumi yang berkhianat kepada klan Kozuki.

Kanjuro diketahui menyamar selama 20 tahun lebih untuk menjadi bawahan Kozuki Oden dan menjadi salah satu Red Scabbards. Kanjuro adalah penghubung antara Red Scabbards serta Oden kepada Orochi dan Kaido. Dia selalu memberikan informasi atau memberikan berbagai bocoran apa pun kepada Orochi dan Kaido. Ironisnya, Kanjuro harus tewas di tangan Kiku yang merupakan rekannya sendiri dalam pertempuran Onigashima.

Blackbeard

Karakter lain yang merupakan pengkhianat besar dalam cerita One Piece adalah Blackbeard. Marshall D. Teach alias Blackbeard sempat menjadi kru dari kelompok Whitebeard selama lebih dari dua dekade. Sampai suatu ketika dia mengetahui bahwa rekannya, Thatch, berhasil mendapatkan buah iblis. Thatch ternyata menemukan buah iblis Yami Yami no Mi, yang menjadi incaran Blackbeard.

Mengetahui hal tersebut akhirnya Blackbeard pun membunuh Thatch dan mencuri buah iblis tersebut. Blackbeard kemudian kabur dengan buah iblis curiannya dan menjadi musuh serta incaran bagi kelompok Whitebeard. Tetapi, ternyata dia terlalu kuat. Sekarang Blackbeard berhasil membuat kelompok bajak lautnya sendiri dan menjadi salah satu Yonko.

York

Pengkhianatan yang dilakukan York adalah pengkhianatan terbaru yang dihadirkan dalam cerita One Piece. Di arc Egghead ini diketahui jika Vegapunk berhasil membuat satelit dari dirinya yang mewakili setiap emosi atau sifatnya. Yang menarik adalah salah satu dari satelit tersebut kemudian justru melakukan pengkhianatan besar. Sosok pengkhianat tersebut ternyata adalah York.

 

York merupakan salah satu satelit dari Vegapunk. Dalam ceritanya kemarin, diperlihatkan jika York sengaja melakukan sabotase yang merugikan satelit dan juga para karakter lain.  Dia bahkan menculik Vegapunk yang asli dan mengurungnya bersama dengan agen Cipher Pol lain. Diketahui jika York ternyata memiliki ambisi untuk menjadi naga langit dan dia bekerja sama dengan World Government untuk menghabisi Vegapunk.

Para karakter pengkhianat besar ini sengaja melakukan aksinya untuk memuluskan berbagai rencana mereka atau mewujudkan impian mereka. Mereka tidak peduli dengan nasib dari orang-orang yang jadi korban rencana mereka. Pengkhianatan sepertinya akan selalu menjadi tema cerita yang tidak lepas dari One Piece.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.