Alan Wake adalah game populer bergenre action-adventure dari Remedy Entertainment yang rilis perdana pada tahun 2010 silam. Sekarang setelah tiga belas tahun berlalu Remedy bakal kembali merilis sekuel berjudul Alan Wake II, di mana entitas kegelapan akan kembali muncul untuk menghantui dunia nyata. Pertama kali diumumkan pada tahun 2021, tanggal rilis resmi game Alan Wake II baru saja terungkap melalui PlayStation Showcase, lengkap dengan trailer sinematik gameplay yang membuat bulu kuduk berdiri.

Sebagai pengingat, terakhir kali kita melihat karakter protagonis Alan Wake adalah di ending game pertamanya ketika dia diculik oleh entitas kegelapan yang disebut Dark Presence. Dengan maksud untuk melanjutkan ending yang menggantung tersebut, Remedy akhirnya akan kembali menceritakan petualangan Alan di Dark Place sebagai penulis novel yang berusaha kabur dari Dark Presence dan para anteknya. Upaya Alan ini bisa kita lihat di awal trailer Alan Wake II, di mana dia sadar bahwa dirinya telah terjebak selama tiga belas tahun tanpa ada satu orang pun yang menyadari keberadaannya.

Kabar baiknya, di game Alan Wake II ini seorang agen FBI bernama Sara Anderson ternyata tengah menjalankan misi untuk mencari Alan. Berdasarkan apa yang terlihat di trailernya, tampaknya Sara juga akan menjadi playable character kedua selain Alan, di mana dia mulai merasakan kehadiran Dark Presence dan harus berhadapan dengan para monster Taken. Di ending trailer, akhirnya pertemuan antara Sara dan Alan ditutup dengan pengungkapan tanggal rilis Alan Wake II yang akan jatuh pada 17 Oktober 2023.

Menurut Remedy, game Alan Wake II sendiri hanya akan mereka rilis secara eksklusif dalam bentuk digital. Salah satu alasannya karena mereka merasa bahwa saat ini banyak pemain yang sudah beralih pada game digital daripada harus membeli game fisik. Selain itu Remedy juga sengaja mengambil keputusan ini agar harga gamenya bisa lebih terjangkau oleh para penggemar Alan Wake di seluruh dunia.

Bagi sebagian penggemar tanah air, mungkin keputusan Remedy untuk merilis Alan Wake II hanya dalam bentuk digital akan akan memicu kontroversi. Karena itu artinya para pemain harus mengunduh gamenya terlebih dahulu sebelum bisa memainkannya. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Terlepas dari keputusan yang tidak biasa ini, yang jelas dengan tanggal rilis pada 17 Oktober nanti game Alan Wake II akan langsung tersedia di konsol game PlayStation 5, Xbox Series X|S, dan PC via Epic Games Store.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.